Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
taste.com

Seruni.id – Nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang pernah menyisakan nasi dalam jumlah yang tak sedikit. Nah, kalau saat ini ada nasi sisa di rumah, jangan buru-buru dibuang, ya. Ingat. Masih banyak di luar sana yang gak bisa makan. Apa kamu gak kasihan? Daripada mubazir, lebih baik diolah menjadi cemilan yang lezat dengan resep di bawah ini.

1. Olahan Kerupuk

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
fimela.com

Olahan nasi sisa jadi kerupuk? Pasti bisa dong. Namun, tahapan untuk membuatnya lumayan panjang, tetapi sebenarnya tergolong mudah. Kerupuk dari nasi sisa ini hanya dibuat dari tiga bahan dasar saja. Yakni nasi putih, tapioka, dan bawang putih.

Bahan-bahan:

• 1 mangkuk nasi sisa
• 1 mangkuk tepung tapioka
• 5 siung bawang putih (dihaluskan)
• 1 sendok teh ketumbar
• Garam dan air (secukupnya)

Cara membuat:

• Pertama-tama, rendam nasi putih selama dua jam dan kemudian ditiriskan. Proses dengan blender hingga halus. Tambahkan sedikit air jika pemrosesan terasa berat.
• Matikan blender sebentar, kemudian masukkan bahan-bahan lainnya. Proses lagi hingga tercampur rata, kemudian pindahkan ke dalam wadah.
• Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kalis. Jika belum kalis, tambahkan kembali tapioka.
• Olesi tangan dengan minyak atau tepung agar tidak lengket. Kemudian, bentuk adonan hingga menjadi silinder.
• Panaskan air, rebus adonan hingga mengambang. Setelah mengambang sekitar 5 menit, angkat dan tiriskan.
• Simpan adonan di dalam lemari es semalaman agar padat, agar tidak hancur ketika dipotong.
• Potong tipis-tipis, kemudian tatan di nampan lebar. Jemur kerupuk di bawah sinar mataharii minimal 2 hari.
• Setelah itu, goreng secukupnya di dalam minyak panas yang banyak sampai mengembang. Sebaiknya gunakan api kecil saat menggorengnya, ya.

2. Rice Balls

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
cookidoo.co.uk

Rice balls atau bola nasi ini bisa kamu olah untuk cemilan bersama keluarga. Meskipun berbahan nasi sisa, tapi rasanya tetap lezat, ya. Karena perpaduan antara wortel, nasi, dan keju mozarellanya akan mengugah seleramu.

Bahan-bahan:

• 2 piring nasi
• 1 batang wortel (parut)
• 1 batang daun bawang (iris halus)
• 1/2 bawang bombay (cincang)
• 1 siung bawang merah (cincang kasar)
• 1 siung bawang putih (cincang kasar)
• Keju mozarella, kornet, dan sosis (secukupnya)

Bahan pencelup:

• 2 butir telur ayam (kocok lepas)
• Tepung panko (secukupnya)
• Tepung bumbu (secukupnya)
• Garam dan merica (secukupnya)
• 3 sendok makan tepung tapioka
• Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

• Tumis bawang mombay, bawang putih, dan bawang merah hingga layu dan tercium harum.
• Masukkan sayuran dan bahan pelengkap, kemudian aduk rata. Bumbui dengan garam, merica, jangan lupa koreksi rasa.
• Tambahkan air secukupnya, beri tepung tapioka yang sudah dilartukan dengan air. Masukkan nasi dan aduk rata.
• Ketika nasi sudah dingin, bentuk nasi lalu pipihkan. Isi dengan potongan keju, kemudian bentuk bulat.
• Selanjutnya, gulingkan bola nasi ke dalam kocokan telur, lalu ke tepung tapioka.
• Jika sudah, simpan bola nasi di dalam freezer kira-kira selama 20 menit. Goreng bola nasi dalam minyak panas, sajikan dengan saus tomat dan saus sambal.

3. Stik Ikan Nasi

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
dapurkobe.co.id

Ingin cemilan yang renyah untuk menemanimu bersantai? Kamu bisa membuat stik ikan dari nasi sisa. Emangnya bisa, ya? Bisa dong, yuk lihat resep stik nasi sisa di bawah ini.

Bahan-bahan:

• 150 gram fillet ikan
• 2 Sendok makan nasi pulen
• Kadlu bubuk (secukupnya)
• Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

• Haluskan fillet ikan terlebih dulu, kemudian tambahan nasi dan kaldu bubuk sambil diuleni.
• Ambil sedikit adonan dan bentuk memanjang. Kemudian goreng dengan minyak panas.

4. Cireng Nasi

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
dapurkobe.co.id

Kamu juga bisa membuat cireng nasi sisa yang lezat banget. Apalagi, jika dikmati dengan cocolan saus sambal, pasti akan terasa sangat nikmat. Untuk kamu yang ingin mencoba membuatnya di rumah, pakai resep berikut ini, ya.

Bahan-bahan:

• 1 piring nasi
• Tepung kanji (secukupnya)
• Daun bawang secukupnya (iris)
• 1 bungkus kaldu bubuk
• 1 siung bawang putih
• 100 ml air
• Garam secukupnya

Cara membuat:

• Campurkan nasi dan air. Blender hingga halus.
• Tambahkan daun bawang, kaldu bubuk, garam, bawang putih dan tepung kanji sambil diuleni hingga menjadi adonan yang mudah dibentuk.
• Siapkan wadah berisi tepung kanji.
• Ambil adonan secukupnya, bentuk sesuai selera kemudian celupkan kedalam tepung kanji agar tidak lengket.
• Goreng hingga matang.

5. Kue Lumpur

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
selerasa.com

Jika biasanya kue lumpur terbuat dari kentang atau labu, sekarang kamu bisa membuatnya dengan berbahan nasi sisa. Kamu juga bisa menambah variasinya dengan menambahkan topping serutan kelapa muda atau menambahkan pasta pandan pada adonan kue lumpur. Berikut ini resepnya.

Bahan-bahan:

• 250 ml santan
• 100 gram nasi putih
• 10 sendok makan tepung terigu
• 6 sendok makan gula pasir
• 2 sendok makan margarin cair
• 1 butir telur ayam
• 1 sendok makan tepung kanji
• 1 sendok teh garam
• 1/2 sendok teh vanili bubuk

Cara membuat:

• Blender nasi hingga halus, kemudian masukkan tepung terigu, garam, gula, vanili, telur, dan santan. Proses sampai halus dan benar-benar merata.
• Tuang adonan ke dalam wadah besar. Masukkan margarin cair dan aduk rata.
• Panaskan terlebih dahulu cetakan kue lumpur di atas api kecil. Oles permukaannya dengan margarin, kemudian tuang adonan kue ke dalam cetakan.
• Begitu kue sudah setengah matang, tambahkan topping di atasnya jika suka (opsional). Tutup kembali dan tunggu hingga kue lumpur benar-benar matang.
• Setelah matang, keluarkan lumpur dari cetakan. Tunggu sampai hangat, kemudian sajikan.

6. Sempol Nasi

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
pinterest.at

Yuk olah nasi sisa yang ada di rumah jadi sempol. Ini merupakan jajanan pinggir jalan yang cukup digemari banyak orang. Cara mengolahnya cukup mudah, loh.

Bahan-bahan:

• 200 gram fillet ikan kukus
• 100 gram nasi putih
• 4 sendok makan tepung kanji
• 2 sendok makan tepung terigu
• 2 sendok makan air
• 2 liter air (untuk merebus)
• 1 butir telur ayam
• Lada bubuk (secukupnya)
• Garam (secukupnya)
• Tusuk sate (secukupnya)

Cara membuat:

• Haluskan ikan kukus dengan blender atau ulegan, kemudian masukkan nasi. Haluskan kembali dan aduk hingga rata.
• Tambahkan sedikit air, masukkan tepung kanji dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni. Setelah itu bumbui dengan garam dan lada bubuk. Kalau masih terlalu lembek, tambahkan tepung lagi hingga kalis.
• Bentuk adonan lonjong-lonjong, kemudian rebus di dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan airnya.
• Kocok lepas telur, kemudian celupkan sempol yang sudah ditusuk ke dalamnya.
• Panaskan minyak goreng. Goreng sempol hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu angkat dan sajikan dengan saus sambal, saus tomat, atau mayones.

7. Pempek Nasi

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
sajiansedap.grid.id

Nasi yang tidak habis di dalam magicom juga bisa disulap jadi pempek, lho. Tinggal direndam dan dihaluskan, lalu campur dengan bahan-bahan lain. Rasanya tak jauh beda dari pempek dos, kok.

Bahan-bahan:

• Fillet ikan 100 gram
• Nasi putih 200 gram
• Tepung terigu 100 gram
• Tepung sagu 200 gram
• Air 200 mL
• Minyak goreng 50 mL
• Telur 1 butir
• Kaldu bubuk secukupnya
• Garam secukupnya
• Minyak untuk menggoreng

Bahan cuko:

• Cabai merah 15 buah
• Bawang putih 3 siung
• Gula merah 150 gram (haluskan)
• Ebi 2 sdm (sangrai)
• Asam jawa 2 sdm
• Air 750 mL
• Garam secukupnya

Cara membuat:

• Fillet ikan dihaluskan.
• Campur fillet ikan yang telah dihaluskan dengan nasi dan air. Blender hingga halus.
• Masukkan campuran fillet ikan dan nasi ke dalam wajan. Tambahkan kaldu, garam, dan terigu. Masak dengan api sedang sambil diaduk.
• Tambahkan minyak goreng sambil diaduk hingga menjadi hangat. Masukkan telur, aduk rata.
• Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang mudah dibentuk.
• Bentuk adonan menjadi lonjong atau sesuai selera.
• Rebus adonan pempek yang telah dibentuk dalam air mendidih hingga mengapung, angkat, dan tiriskan.
• Goreng hingga matang.
• Untuk membuat cuko, haluskan bawang putih, cabai merah, dan ebi. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, gula merah, garam, dan asam dalam 750 mL air. Rebus air hingga mendidih.
• Sajikan pempek nasi bersama dengan siraman cuko.

8. Puding Nasi

Agar Tak Terbuang, Olah Nasi Sisa Jadi 8 Camilan Lezat
lifestyle.okezone.com

Ingin makanan yang manis dan hangat? Atau kamu suka dengan makanan penutup yang sehat dan ekonomis? Cobain deh bikin resep puding nasi dengan menggunakan nasi bekasmu! Ini nih cara buatnya!

Bahan-bahan:

• 350 gram nasi putih
• 350 gram susu putih
• 75 gram gula putih
• 1 sendok makan butter
• 100 gram kismis
• ½ sendok teh vanilla extract
• 1 lemon, kulitnya saja diparut
• 1 stik kayumanis

Cara membuat:

• Campurkan nasi dengan susu, gula, butter, vanilla, dan kayumanis.
• Masak semuanya selama 25 menit hingga semua cairannya sudah teresap oleh nasi.
• Tambahkan kulit lemon dan kismis, aduk rata.
• Puding nasi pun siap dihidangkan di kala galau dan kedinginan.

Baca Juga: Bahaya Menyimpan Nasi Terlalu Lama di Suhu Ruangan

Nasi sisa tak perlu harus dibuang atau dijadikan nasi goreng saja. Kamu pun bisa berkreasi dengan nasi sisamu dan merubahnya menjadi suatu hidangan yang enak dan nikmat. Semoga resep di atas bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.