Akankah Pasangan Suami Istri Akan Kembali Bersama di Surga Kelak?

Suami Istri Akan Kembali Bersama di Surga
islamudina.com

Seruni.id – Apakah pasangan suami istri akan kembali bersama di surga kelak? Pertanyaan ini mungkin akan terus membayangi setiap pasangan yang telah menikah. Mereka seringkali merasa takut tidak akan bertemu keluarganya di akhirat.

Suami Istri Akan Kembali Bersama di Surga
islampos.com

Rasa takut berpisah dari pasangan dan keluarga membuat beberapa orang ingin berkumpul dengan keluarganya di surga. Selain pernyataan itu, ada pula pertanyaan yang kerap terbesit di benak istri yakni, apakah kecantikan seorang istri dikalahkan oleh bidadari surga?

Akankah Mereka Kembali Bersama?

Ternyata, pasangan suami istri akan kembali bersama di surga kelak, bahkan juga bersama anak keturuanannya. Namun dengan catatan, mereka masih beragama Islam dan mentauhidan Allah. Sebagaimana yang telah difirmankan Allah Ta’ala,

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ ۚكُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ

“Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terkait apa yang dikerjakannya.” (QS. Ath-Thur: 21)

Allah menceritakan di antara doa malaikat pemikul ‘Arsy,

رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Wahai Rabb kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al-Mu’min/Ghafir: 8)

Selain itu, disebutkan pula bahwa seorang istri akan terlihat lebih cantik  dari bidadari surga kerena ketaatan mereka ketika di dunia.

“Pendapat yang mengatakan bahwa wanita mukminah lebih cantik daripada bidadari adalah pendapat paling kuat dan terpercaya,” kata Imam Al Qurthubi. “Sebab wanita mukminah merasakan lelah dan sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menghadapi musibah dan sabar atas kemaksiatan. Adapun bidadari adalah makhluk di surga. Mereka tak pernah ditimpa musibah, tak pernah digoda maksiat yang melalaikan dari ketaatan kepada Allah, juga tak pernah menghadapi suami tak baik yang melarangnya berjilbab atau memerintahkan berdandan.”

Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.