Alasan Ilmiah Mengapa Pria Sering Lupa Tanggal Penting

  • Bagikan
Alasan Ilmiah Mengapa Pria Sering Lupa Tanggal Penting
popbela.com

Seruni.id – Mengapa pria sering lupa tanggal penting? Seperti tanggal anniversary pernikahan atau tanggal ketika pertama kali mereka bertemu dengan pasangannya. Ternyata ada alasan ilmiah di balik hal tersebut, loh.

Alasan Ilmiah Mengapa Pria Sering Lupa Tanggal Penting
popbela.com

Sebagai wanita dan seorang istri, pastinya sangat jengkel jika pasangannya lupa dengan tanggal-tanggal penting. Seperti tanggal anniversary pernikahan, tanggal ketika pertama kali pertamu, bahkan tanggal ulang tahun pasangannya. Biasanya hal ini sering kali menimbulkan pertanyaan besar bagi para wanita. Mungkin kamu akan berpikir bahwa pasanganmu sudah tidak sayang lagi atau bahkan kamu sudah tidak penting baginya.

Namun, jangan sampai hal tersebut membuat kamu jadi selalu berpikir negatif dan bersedih, ya. Sebab, ada alasan ilmiah mengapa pria sering lupa tanggal penting yang harus kamu ketahui. Sehingga, kamu tidak bisa menyamakan daya ingatmu dan pasanganmu.

Mengapa Pria Sering Lupa Tanggal Penting?

Para ilmuan dari Universitas Cambridge telah melakukan penelitian dengan melakukan serangkaian tes memori pada 4.500 orang. Dan hasilnya, ternyata para wanita secara konsisten mengungguli para pria dalam mengingat sebuah informasi. Inilah yang menjadi alasan mengapa pria sering lupa tanggal penting.

“Dengan ukuran sampel dan metode penelitian yang objektif, kemungkinan hasil ini akurat dan bisa digunakan pada semua kalangan. Bentuk memori pada cewek umumnya lebih baik dibanding cowok,” kata Dr Andrew Backwell, peneliti di University of Cambridge.

Selain itu, alasan lain mengapa pria sering lupa tanggal penting daripada wanit, bisa pula terjadi karena perbedaan hormon mereka, neurobiologis, dan lingkungan antara pria dan wanita. Kebiasaan sering lupa ini, biasanya akan terus bertambah seiring pertamabahan usia mereka.

Sebab, ketika mereka berada di usia 20 sampai 40 tahun nanti, hubungan saraf memori otak akan semakin menyusut. Hal sebaliknya justru terjadi pada wanita. Memori otak wanita justru tidak akan mengalami penyusutan. Wajar saja mereka akan selalu mengingat sekecil apapun hal yang dialaminya, meskipun sudah sangat lama. Meski demikian, kamu tidak bisa menjadikan ukuran memori otak ini sebagai tolok ukur pintar atau tidaknya seseorang, ya.

Hal yang Perlu Dilakukan Wanita

Ketika kamu sudah tahu alasan tentang mengapa pria sering lupa tanggal penting, kamu tidak perlu lagi jengkel dan mara padanya, ya. Daripada kamu selalu berpikir negatif, sedih, dan stres, lebih baik kamu lakukan saja beberapa hal ini, untuk mengingatkan mereka akan momen penting untuk kalian berdua. Apa saja?

 

1. Berikan Petunjuk-petunjuknya

Agar kamu tidak jengkel ketika pasanganmu lupa dengan tanggal penting kalian berdua, coba deh ajak pasangan untuk membicarakan topik-topik yang berhubungan dengan tanggal penting tersebut. Misalnya, untuk hari jadi pernikahan kalian berdua, tanyakan padanya apakah dia ingat kapan pertama kali kalian berdua bertemu. Jika hari tersebut adalah ulang tahunnmu, kamu bisa memberikannya kode dengan cara membahas kenangan dari ulang tahunmu sebelumnya, tentu saja hal ini dilakukan untuk memancing ingatan pasangan.

2. Minta Bantuan Teman atau Keluarga

Jika cara di atas sudah kamu lakukan, tapi si dia tetap tidak ingat, tak ada salahnya kok untuk meminta bantuan dari orang lain. Misalnya, dari sahabat atau keluarga. Mintalah mereka untuk menanyakan pasanganmu seperti, “Bukannya dekat-dekat ini kalian anniversary yang kedua, ya? Kapan, sih?”. Siapa tahu dengan ada yang mengingatkan, mereka menjadi lebih peka.

3. Ingatkan dengan Sopan

Pria sering lupa tanggal penting memang menyebalkan sekali. Mungkin akan membuat kamu merasa tidak dihargai. Padahal, bukan itu maksud pasanganmu. Ada hal yang lebih penting daripada sekadar perayaan anniversary, yakni mengingat segala hal baik yang telah ia lakukan. Misalnya, apakah selama ini dia selalu ada ketika kamu membutuhkannya, meskipun dia sendiri sedang sibuk atau kurang sehat?

Apakah selama ini dia selalu mau menderngarkan dan menjadi sandaranmu ketika lelah? Lupa akan tanggal penting bagi kalian berdua bukan berarti dia tidak menganggap kamu penting. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pria memiliki sistem berpikir yang berebeda dengan wanita. Jadi, ingatkan dia baik-baik bawha hari itu seharusnya kalian merayakan sesuatu.

Sampaikan dengan sopan dan tidak menuntut bahwa kamu menganggap momen-momen seperti ini begitu spesial, sehingga kamu akan sangat menghargai usahanya mengingat tanggal-tanggal penting tersebut di tahun depan. Dengan begitu, pasangan akan lebih mudah memahami mengapa kamu sangat mengharapkan dirinya untuk merayakan tanggal-tanggal penting tersebut.

Baca Juga: 

Jadi, kamu sudah tahu kan mengapa pria sering lupa tanggal penting? Dengan alasan tersebut, semoga kamu bisa memakluminya, sehingga tidak terjadi pertengkaran di antara kalian. Oh ya, jangan lupa lakukan ketiga cara di atas juga, ya.

  • Bagikan