6 Amalan Sunah saat Iduladha, Sederhana dan Bernilai Pahala

  • Bagikan
6 Amalan Sunah saat Iduladha, Sederhana dan Bernilai Pahala
liputan6.com

Seruni.id – Iduladha adalah momen yang paling istimewa bagi umat Muslim. Perayaan ini, diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah di setiap tahunnya. Hari ini juga bertepatan dengan penyembelihan hewan kurban dan ibadah berpahala lainnya. Selain ibadah tahunan, ada beberapa amalan sunah saat Iduladha yang sebaiknya dilaksanakan sebaik mungkin. Amalan sederhana ini juga bernilai pahala yang berlipat. Apa sajakah amalan tersebut?

 

1. Mengumandangkan Takbir

Setiap Muslim, disunahkan untuk mengumandangkan takbir di malam hari raya hingga malam ketiga tasryik. Amalan sunah saat Iduladha ini, bisa dilakukan di masjid, mushola, atau di rumah masing-masing.

 

2. Mandi Sebelum Salat Iduladha

Sebelum melaksanakan salat Iduladha, alangkah baiknya seorang Muslim atau Muslimah mandi terlebih dahulu. Bukan saja membuat tubuh segar, tapi mandi sebelum salat, menjadi salah satu amalan sunah saat Iduladha. Mandi bisa dilakukan menjelang waktu subuh atau saat subuh. Mandi juga bertujuan untuk menjaga kesucian anggota tubuh sebelum beribadah kepada Allah SWT.

 

3. Kenakan Pakaian Terbaik

Selain mandi, amalan sunah saat Iduladha lainnya adalah dengan memakai pakaian terbaik. Sebelum berangkat menuju masjid untuk melaksanakan salat Iduladha, pastikan kamu telah memakai pakaian terbaik milikmu. Tak harus baru, yang terpenting adalah bersih dan layak untuk dipakai.

 

4. Memakai Wewangian

Adalah sunah hukumnya memakai wewangian saat Iduladha. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam kitab Al-Majmu’ Syahrul Muhaddzab terdapat keterangan mengenai amalan sunnah ini:

“Disunnahkan pada hari raya Id membersihkan anggota badan dengan memotong rambut, memotong kuku, menghilangkan bau badan yang tidak enak, karena amalan tersebut sebagaimana dilaksanakan pada hari Jumat, dan disunnahkan juga memakai wangi-wangian.”

 

5. Jalan Kaki Menuju Masjid

Amalan sunah saat Iduladha berikutnya yaitu berjalan kaki menuju masjid atau lapangan tempat melaksanakan salat. Ada sejumlah pendapat yang mengungkapkan, jika sebaiknya jalan yang dilalui saat pergi dan pulang adalah jalan yang berbeda.

 

6. Makan Setelah Salat Iduladha

Ketika Idulfitri, kita disunahkan untuk makan terlebih dahulu. Namun, tidak saat Iduladha. Saat Iduladha, umat Muslim justru disunahkan menghindari makan sebelum pergi ke masjid dan menyantap makanan setelah pulang salat.

“Diriwayatkan dari Sahabat Buraidah RA, bahwa Nabi SAW tidak keluar pada hari raya Idul Fitri sampai beliau makan, dan pada hari raya Idul Adha sehingga beliau kembali ke rumah.”

Baca Juga: 8 Makanan Khas Iduladha dari Berbagai Daerah di Indonesia

Demikianlah beberapa amalan sunah saat Iduladha yang bisa kita lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat merayakan Iduladha bagi seluruh umat Muslim di mana pun kamu berada.

  • Bagikan