Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Solo Traveling?

  • Bagikan
Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Solo Traveling?
nova.grid.id

Seruni.id – Punya rencana ingin solo traveling di tahun ini? Catat dulu yuk apa saja yang harus kamu persiapkan. Berikut Seruni telah merangkumnya untukmu.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Solo Traveling?
kumparan.com

Setelah menanti kurang lebih dua tahun, akhirnya kita bisa melakukan perjalanan domesik maupun internasional. Walaupun kita masih harus menerapkan protokol kesehatan. Kalau kamu sudah punya rencana untuk solo traveling alias traveling sendirian, tapi masih bingung menentukan apa saja yang harus dipersiapkan, jangan khawatir, berikut beberapa hal yang perlu kamu siapkan:

 

1. Persiapkan Hal Mendasar

Kalau sudah punya rencana ingin solo traveling, pastinya kamu sudah tahu kan tempat mana yang akan dikunjungi? Namun, mesti diingat, jangan sampai terlalu over-plain alias berlebihan, ya. Belajarlah untuk bisa lebih fleksibel. Sebab, bisa saja kamu akan menjumpai kesempatan bagus yang mungkin tidak terjadi dua kali di luar jadwal yang telah kamu rencanakan.

 

2. Jangan Lupa Memberi Kabar

Saat melakukan solo traveling, jangan lupa untuk rajin memberi kabar kepada orang-orang terdekatmu, ya. Jangan sampai tidak memberi kabar, sehingga membuat mereka khawatir. Hal ini juga penting sebagai bentuk antisipasi worst case scenario, dengan memberi kabar, bisa membantu orang terdekat untuk mengetahui keberadaanmu. Selain itu, kamu juga bisa mengabari staf hotel saat berangkat dan kapan kamu akan kembali ke hotel.

 

3. Keamanan Diri Harus Jadi Prioritas

Sebelum kamu melakukan solo traveling, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang kondisi destinasi yang hendak kamu kunjungi. Mana saja daerah yang rawan, dengan begitu akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, hindari melakukan hal yang ceroboh, ya.

Misalnya, dengan menghindari pergi bersama orang tidak dikenal, memperhatikan sekeliling saat kamu berjalan atau menyetir. Dan jika ada yang bertanya apakah kamu melakukan perjalanan sendirian, tak apa sedikti berbohong agar kamu tetap aman. Kamu bisa mengatakan sedang dalam perjalanan untuk bertemu pasangan, teman, atau anggota keluarga.

 

4. Membuat Rencana Darurat

Meski persiapan solo traveling sudah cukup matang, tapi tetap saja kamu tidak bisa mengetahui secara pasti apakah perjalanan tersebut akan mulus dan lancar atau sebaliknya? Misalnya saja, saat di perjalanan ada hal yang tidak kamu inginkan, seperti pencurian.

Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan hal tersebut dengan mencari tahu kantor polisi terdekat dari destinasi yang kita kunjungi. Jangan lupa untuk mengecek kesehatan sebelum berangkat dan pastikan untuk selalu membawa our covid kit; hand sanitizer, masker, dan beberapa obat-obatan yang dibutuhkan.

 

5. Miliki Asuransi Perjalanan

Memiliki asuransi perjalanan kerap kali dianggap sepele, padahal sangat berguna ketika kamu akan melakukan solo traveling. Dilansir dari Travelers, asuransi perjalanan dianggap penting karena bisa saja ada kejadian tidak terduga. Misalnya, kamu terpaksa membatalkan perjalanan dan bisa mengganti kerugian terkait dengan kesehatan, cuaca, bencana, kerugian yang disebabkan keterlambatan bagasi maupun pencurian.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Ransel untuk Traveling yang Bagus dan Awet

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan solo traveling. Semoga perjalananmu tetap aman dan selamat sampai tujuan hingga kembali pulang.

  • Bagikan