10 Tips Memilih Ransel untuk Traveling yang Bagus dan Awet

  • Bagikan
10 Tips Memilih Ransel untuk Traveling yang Bagus dan Awet
bp-guide.id

Seruni.id – Ransel untuk traveling menjadi barang penting yang harus dibawa. Apalagi ransel termasuk item yang efesien dan praktis untuk kamu yang tak suka repot. Bentuknya yang compact akan memudahkan kamu untuk meletakkannya di kabin pesawat atau kereta. Nah, buat kamu yang dalam waktu dekat berencana melakukan perjalanan, berikut ada beberapa tips saat mimilih ransel untuk traveling.

10 Tips Memilih Ransel untuk Traveling yang Bagus dan Awet
nova.grid.id

 

1. Bahan Tahan Air

Pilihlah ransel untuk traveling yang memiliki bahan tahan air alias waterproof. Sehingga ketika di tengah perjalanan turun gerimis, maka tidak semuanya basah. Sebagian besar ransel traveling, biasanya dilengkapi dengan penutup yang dapat digunakan untuk menutupinya jika terjadi hujan lebat. Selain itu, pastikan bahannya tidak lama-lama basah sehingga menjadi apek. Cari bahan yang tebal tapi ringan contohnya serat nilon. Kamu bisa mencoba menuangkan secangkir air di atasnya untuk uji coba.

 

2. Pastikan Ukuran Ransel Nyaman dan Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih ransel untuk traveling, kebanyakan orang lebih dulu menentukan ukuran ransel daripada memilih ransel berdasarkan ukuran tubuh. Padahal, pemilihan ransel harus disesuaikan dengan ukuran tubuh serta kebutuhan, loh. Jika kita memiliki tubuh yang kecil, tentu akan kurang coock ketika memakai ransel berukuran besar. Begitupun sebaliknya. Jadi, sesuaikan dengan gaya travelingmu, karena setiap orang memiliki barang bawaan yang berbeda. Ada yang cukup hanya dengan satu ransel, ada juga yang membutuhkan lebih. Jangan sampai kenyamananmu menjadi terganggu karena salah memilih ukuran, ya.

 

3. Pilih Warna yang Mudah Terlihat

Warna menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih ransel untuk traveling. Pilihlah warna yang mudah terlihat, seperti kuning, hijau tosca, merah, atau orange. Mengapa demikian? Sebab, pemilihan warna yang mudah terlihat ini bertujuan agar lebih mudah ditemukan saat terjadi sesuatu. Hindari memilih ransel untuk traveling dengan warna yang mendekati warna alam, seperti hijau tua, cokelat, hitam, dan sejenisnya.

 

4. Resleting yang Dapat Dikunci

Di mana pun kita berada, keamaan harus selalu diutamakan. Terlebih ketika hendak melakukan traveling. Sebelum kamu membeli ransel untuk traveling, pastikan setiap kompartemen memiliki dua resleting, sehingga kamu dapat menguncinya bersama-sama. Saat membeli kunci, pastikan paketnya mengatakan bahwa itu adalah kunci ramah TSA. Kunci ini memiliki katup pelepas khusus yang memungkinkan TSA membuka kunci tanpa merusaknya.

 

5. Bahan yang Ringan dan Kuat

Kalau kamu ingin membeli ransel untuk traveling, sebaiknya hindari memilih bahan yang mudah robek dan mudah menyerap air, ya. Hal ini bisa kamu ketahui dengan cara merasakan permukaannya. Pilihlah bahan dengan serat yang rapat dan licin, karena bahan seperti ini cukup untuk menahan percikan air yang jatuh mengenai ranselmu. Dengan bahan yang ringan, akan membuat kamu tidak terlalu merasa lelah ketika harus menggendongnya seharian.

 

6. Sabuk Pinggul yang Empuk

Ransel traveling biasanya dilengkapi dengan sabuk pinggul. Sabtuk tersebut berfungsi untuk membuatmu lebih nyaman saat menggendongnya. Namun, karena sebagian besar beban yang kamu bawa akan menekan pinggul, jadi pastikan ransel tersebut memiliki sabuk pinggul yang empuk dan nyaman, ya. Sabuk akan membantu memberikan dukungan dan mendistribusikan beban lebih merata di punggungmu, sehingga mengurangi ketegangan. Sabuk pinggul juga harus dapat disesuaikan sehingga kamu dapat mengencangkannya.

 

7. Perhatikan Jumlah Kantong yang Ada

Pilihlah ransel untuk traveling dengan jumlah kantong yang cukup. Sehingga akan mempermudah dalam penyekatan masing-masing barang yang kamu bawa berdasarkan jenisnya. Misalnya, baju yang kamu letakkan terpisah dengan perlengkapan p3k, sehingga kamu tak kesulitan saat mencarinya.

 

8. Tali Bahu yang Empuk

Selain tali pinggul, tali bahu juga harus dipehatikan, ya. Pastikan kamu memilih ransel untuk traveling dengan tali bahu yang empuk. Ini akan membuat bebanmu terbawa lebih nyaman. Dengan bantalan yang empuk, akan mengurangi tekanan pada bahu dan juga membantu mengurangi tekanan pada punggung bawah.

 

9. Bentuk Ransel

Umumnya, ransel untuk traveling didesain dengan bentuk lonjong berdiameter yang nyari sama dari atas sampai bawah. Namun, kini sudah cukup banyak ransel dengan bentuk melengkung, sehingga akan memberikan ruang antara punggung dengan ransel. Ruang ini berfungsi sebagai sirkulasi udara yang membuat punggung Anda bisa bernafas dengan cukup. Bentuk ransel biasanya akan mempengaruhi cara memasukkan barang ke dalamnya. Bentuk ransel lonjong cenderung lebih mudah, namun ketika Anda harus packing menggunakan tas berbentuk melengkung maka Anda harus beradaptasi terlebih dahulu.

 

10. Harga yang Sesuai

Selain tips di atas, harga juga memegang peranan penting, loh. Ada istilah yang menyebutkan, bahwa ada harga ada kualits, tinggal bagaimana kita menempatkan nominal rupiah untuk mendapatkan ransel yang seimbang antara kualitas, harga, dan kebutuhan.

Baca Juga: 

Demikianlah beberapa tips memilih ransel untuk traveling. Semoga tips ini membantu, ya.

  • Bagikan