7 Kesalahan Memasak Ayam Goreng Tepung yang Gagal Renyah

  • Bagikan
7 Kesalahan Memasak Ayam Goreng Tepung yang Gagal Renyah
blog.mayerfood.com

Seruni.id – Ayam goreng tepung jadi favorit banyak orang, terutama anak-anak. Karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah, sehingga panganan ini cocok banget disajikan dengan nasi hangat dan cocolan sambal.

7 Kesalahan Memasak Ayam Goreng Tepung yang Gagal Renyah
kompas.com

Namun sayangnya, tidak semua orang berhasil dalam membuat agam goreng tepung yang renyah. Seringnya, tepung lembek dan melempem. Ternyata, kegagalan tersebut disebabkan karena cara pengolahannya yang salah, loh. Agar tidak gagal lagi, yuk cek apa saja kesalahannya berikut ini:

1. Langsung Memasak Ayam dalam Keadaan Beku

Kesalahan dalam membuat ayam goreng tepung yang pertama, yakni langsung memasaknya saat baru dikeluarkan dari kulkas. Meski nantinya saat digoreng ayam akan mencair, tetapi cara ini salah, ya. Sebab, hanya akan membuat perendaman bumbu menjadi tidak maksimal. Tepung pun, juga tidak bsia terlapisi dengan baik. Bukan hanya itu saja, ayam yang digoreng dalam keadaan masih dingin dan membeku, akan membuat suhu minyak turun drastis, sehingga ayam tidak renyah.

2. Tidak Merendam Ayam dengan Bumbu

Selain memberikan rasa pada ayam goreng tepung, penggunaan bumbu juga penting untuk membuat ayam menjadi lebih empuk. Namun, kebanyakan orang melupakan langkah yang satu ini. Sebaiknya sebelum melumurinya dengan tepung, rendam terlebih dahulu ke dalam bumbu selama 30-60 menit. Kalau kamu melakukannya dengan benar, maka cara ini akan menghasilkan tekstur daging yang empuk dan lembut.

3. Mencelupkannya ke Dalam Telur

Tak sedikit dari kita yang mungkin masih menggunakan telur sebagai bahan celupan. Katanya sih, telur dapat membuat hasil ayam goreng tepung jadi renyah. Padahal, penggunaan telur hanya akan membuatnya melempem, loh. Lalu, larutan pencelup apa yang paling baik dan bisa membuat renyah? Jawabannya adalah air es. Bisa dengan air dingin atau air yang dicampurkan dengan es batu. Dengan menggunakan air es, akan membuat ayam goreng terpung menjadi renyah dan tahan lama, sekalipun dalam keadaan dingin.

4. Wajan yang Digunakan

Wajan yang kamu gunakan adalah kunci keberhasilan dari olahan ayam goreng tepung. Permukaan wajan yang datar, dapat membuat beberapa bagian ayam tidak terendam sempurna oleh minyak. Maka dari itu, untuk menghasilkan ayam goreng tepung yang renyah, pastikan wajan yang digunakan berbentuk cekung dan minyaknya pun harus banyak, agar terendam sempurna.

5. Tidak Mencubit-cubit

Pernah melihat ayam goreng tepung ala restoran yang terlihat keriting dan cantik? Bagian tepung yang keriting itulah yang membuatnya renyah meski dalam keadaan sudah dingin. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang sama, pastikan bagian kulit ayam yang sudah dilumuri tepung pencelup dan tepung kering, harus dicubit-cubit menggunakan jari. Untuk apa sih? Tentunya agar agam goreng terpung bisa keriting. Setelahnya, jangan biarkan ayam terlalu lama, ya.

6. Suhu Minyak yang Tidak Pas

Kesalahan berikutnya, yaitu memasukkan ayam ke dalam minyak dengan suhu yang tidak pas. Pasalnya, suhu minyak haruslah berkisar antara 150 hingga 160 derajat celcius. Kondisi ini dapat kamu atur dengan besar kecilnya api. Agar panasnya lebih pas, Seruni sarankan untuk menggunakan termometer. Jika kamu sudah memenuhi aturan ini, pastinya ayam goreng tepung buatanmu akan renyah.

7. Teknik Penirisan yang Salah

Seringnya, kita hanya meniriskan ayam begitu saja. Padahal, meniriskan ayam dengan cara yang sembarangan, akan membuatnya mudah melempem, loh. Mulai dari sekarang, lakukanlah penirisan dengan cara yang tepat, yaitu mengeringkannya dengan tisu dapur. Jika daging ayamnya tebal, kamu bisa menekan-nekan dagingnya hingga minyaknya keluar. Belum lagi untuk ayam goreng tepung panir atau ayam tepung roti yang adonan tepungnya lebih banyak menyerap minyak.

Baca Juga: Resep Ayam Panggang Oven yang Juicy ala Chef Devina Hermawan

Jadi, itulah beberapa kesalahan dalam membuat ayam goreng tepung menjadi tidak renyah. Sebaiknya, jangan ulangi kesalahan tersebut, ya. Semoga ayam tepung buatanmu lebih renyah, sehingga anggota keluarga menyukainya.

  • Bagikan
seruni.id