Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Arab dan Latin

  • Bagikan
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Arab dan Latin
wolipop.detik.com

Seruni.id – Bagaimanakah bacaan doa setelah sholat dhuha? Untuk kamu yang ingin mempelajari dan menghafal bacaan doa tersebut, berikut Seruni akan mengulasnya untukmu.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Arab dan Latin
dream.co.id

Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Sholat sunah dua rakaat ini sebaiknya dilakukan antara waktu terbitnya matahari hingga menjelang waktu dzuhur. Dhuha menjadi waktu yang tepat untuk memohon ampunan, karena di waktu tersebut segala doa akan dijabah oleh Allah SWT.

Maka dari itu, sebaiknya kita tidak beranjak lebih dulu usai melaksanakan sholat dhuha, tapi dilanjutkan dengan membaca bacaan doa setelah sholat dhuha. Berikut ini Seruni akan mengulas tentang bacaan doa setelah sholat dhuha baik dalam bahasa arab dan terjemahannya. Simak di bawah ini, ya.

 

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Pertama

Bacaan doa setelah sholat dhuha yang pertama ini, sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh An Nasa’i dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Rasulullah SAW telah sholat dhuha, kemudian beliau bersabda (dengan doa)”

‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

“Allahummaghfirli wa tub ‘alayya innaka antat tawwabur rohimu.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan maafkanlah aku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Pengampun.”

Rasulullah SAW biasanya mengucapkan bacaan doa setelah sholat dhuha tersebut sebanyak 100 kali.

 

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Paling Umum

Di dalam al Targhib wa al Tarhib karya Al Mundziri, bacaan doa setelah sholat dhuha juga bisa dibaca seperti berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal ‘ishmatta ‘ishmatuk. Allaahumma in kaanaa rizqii fissamaa-i da anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu’assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathhiru wa in kaana ba’iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika baha-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita’ibaadaksh shalihiin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya dhuha ini adalah dhuha-Mu, semua keagungan adalah keagungan-Mu, semua keindahan adalah keindahan-Mu, semua perlindungan adalah perlindungan-Mu, dan semua kekuatan adalah kekuatan-Mu.

Ya Allah, jika rezeki hamba-Mu ini ada di langit, turunkanlah, jika (tertanam) di dalam bumi, keluarkanlah, jika rezeki itu sulit diraih, mudahkanlah, jika haram, sucikanlah, dan jika masih jauh, dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu. Dan karuniakanlah kepada hamba-Mu ini (rezeki) yang telah Engkau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang salah.”

 

Doa Selesai Sholat Dhuha untuk Memohon Ampunan

Memanjatkan bacaan doa setelah sholat dhuha bukan hanya untuk dipermudahkan rezeki kita, tapi sekaligus untuk memohon ampunan. Adapun bacaan doa yang bisa dibaca untuk memohon ampunan sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ لَكَ اْلحَمْدُ، أَصْبَحْتُ عَبْدَكَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ، خَلَقْتَنِيْ وَلَمْ أَكُ شَيْئاً، اَسْتَغْفِرُكَ لِدِيْنِيْ، فَإِنَّهُ قَدْ اَرْهَقَتْنِيْ ذُنُوْبِيْ، وَ أَحَاطَتْ بِيْ، إِلاَّ أَنْ تَغْفِرَهَا، فَاغْفِرْهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Allahumma lakal hamdu, ashbahtu ‘abdaka ‘ala ahdika wa wa’dika kholaqtan wa lam aku syaia, astaghfiruka lidini fa innahu qod arhaqotni dzunubi wa ahathot bi illa taghfirha faghfirha ya arhamar rahimin.”

Artinya: “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Aku memasuki waktu pagi sebagai hamba-Mu untuk memenuhi janji-janji-Mu. Engkau menciptakan aku sementara aku bukan apa-apa. Aku memohon ampunan kepada-Mu untuk agamaku, sesungguhnya dosa-dosaku telah membebaniku dan telah meliputiku kecuali Engkau memaafkannya, maka maafkanlah wahai Dzat paling penyayang di antara para penyayang.”

 

Keutamaan Sholat Dhuha

Setelah membahas bacaan doa setelah sholat dhuha, Seruni juga ingin membahas tentang beragam keutamaannya. Apakah kamu sudah tahu apa saja keutamaannya? Kalau belum, kamu bisa menyimaknya berikut ini:

1. Sedekah Paling Mudah

Sholat dhuha disebut sebagai salah satu sedekah yang paling mudah, hal ini sebagaimana yang disabdakan Nabi Muhammad SAW:

“Bagi masing-masing ruas dari anggota tubuh di antar akaian pada pagi hari harus dikeluarkan sedekahnya.”

“Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah.”

“Mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan mengerjakan sholat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim dari Abu Dzar).

2. Membawa Kecukupan Rezeki

Keutamaan sholat dhuha yang kedua, yaitu akan selalu membawa kecukupan rezeki bagi yang rutin menjalankannya. Mengapa demikian? Berdasarkan sebuah hadis, barang siapa melaksanakan sholat dhuha empat rakaat, niscaya Allah SWT akan mencukupkan resekinya. Keutamaan tersebut menurut hadis ditegaskan sebagai berikut:

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: ‘Wahai anak adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari)’.” (HR. Daud, Ahmad, Tirmudzi).

3. Waktu yang Tepat untuk Memohon Ampunan

Barang siapa yang memohon ampunan di waktu dhuha, maka dosa-dosanya akan digugurkan. Seberapa besar doa yang akan diampun oleh Allah SWT, sesuai dengan keutamaan sholat dhuha menurut hadis. Dijelaskan, keutamaan dhuha berdasarkan hadis ini, diampuni atas dosa para umat meski sebanyak buih di lautan. Hal ini sebagaimana yang ditegaskan oleh Abu Hurairah, di mana Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi).

4. Berpahala Haji dan Umrah

Barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuha secara rutin dengan niat karena Allah, maka akan mendapatkan pahala yang setara seperti ibadah haji dan umrah. Hal ini sebagaimana yang ditegaskan oleh Anas ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mengerjakan sholat fajar (subuh) berjamaah), kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia sholat dua rakaat (dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna,” (HR. Tirmidzi, No 586).

5. Terhindar dari Keburukan

Dihindarkan dari keburukan merupakan salah satu keutamaan yang akan dirasakan oleh seorang hamba jika ia melakukan sholat dhuha secara rutin. Sebagaimana yang dijelaskan hadis berikut ini:

“Barangsiapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Baca Juga: Kumpulan Doa Setelah Sholat Fardhu, Jangan Lupa Dibaca!

Demikianlah ulasan Seruni mengenai bacaan doa setelah sholat dhuha beserta dengan keutamaannya. Semoga dengan ini, kita semakin rajin lagi untuk melaksanakan ibadah sunah.

  • Bagikan