5 Gaya Hidup Sehat untuk Milenial Agar Tak Menjadi ‘Remaja Jompo’

  • Bagikan
5 Gaya Hidup Sehat untuk Milenial Agar Tak Menjadi 'Remaja Jompo'
kompas.com

Seruni.id – Gaya hidup sehat memungkinkan kita untuk terhindar dari masalah kesehatan. Seperti kesehatan fisik maupun mental. Nah, ada beberapa gaya hidup sehat yang patut dilakukan para milenial nih. Apa saja, ya?

5 Gaya Hidup Sehat untuk Milenial Agar Tak Menjadi 'Remaja Jompo'
health.detik.com

Belakangan ini istilah remaja jompo sering kali terdengar. Istilah tersebut kerap kali digunakan untuk menyebut anak muda yang mengalami pegal-pegal, mudah lelah, masuk angin, dan sakit punggung. Bahkan, banyak remaja yang tidak sungkan berbagi cerita dan memperlihatkan stok obat-obatan seperti koyo dan minyak angin untuk mengatasi ‘kejompoan’ mereka.

Keluhan-keluhan tersebut, muncul karena danya kondisi tertentu. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan fenomena remaja jompo, misalnya kurang aktivitas fisik, posisi duduk yang salah, darah rendah, hingga gangguan kesehatan mental. Maka dari itu, untuk meminimalisir keluhan tersebut kunci utamanya adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Lantas, gaya hidup sehat seperti apa yang harus dilakukan oleh para milenial?

 

1. Lebih Dekat dengan Alam

Ruang terbuka menjadi tempat yang sangat menyenangkan. Apalagi, saat ini banyak sekali tempat-tempat bernuansa alam dengan harga murah yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan relaksasi. Gaya hidup sehat yang satu ini, secara alami akan membantu perbaiki kualitas kesehatan tubuh baik fisik atau mental. Membiasakan diri dengan alam, juga bisa membuatmu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

 

2. Bersepeda

Gaya hidup sehat yang berikutnya yaitu melakukan olahraga, salah satunya dengan bersepeda. Olahraga yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang banyak disukai. Sebab, gerakannya tidak terlalu menguras tenaga dan bisa melepaskan stresmu. Sehingga, bersepeda menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu sembari berolahraga.

 

3. Fitnes

Saat ini, pusat kebugaran banyak tersedia di berbagai tempat hingga daerah. Di 2022, berolahraga di tempat kebugaran menjadi salah satu tren di kalangan milenial. Selain dari alat olahraga yang lengkap, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap.

 

4. Makan Sehat

Gaya hidup yang perlu diterapkan oleh para milenial berikutnya yaitu dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Jadi, sebisa mungkin untuk selalu memperhatikan apa saja nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Manfaat mengonsumsi makanan sehat itu sangat beragam, seperti dapat menjaga keseimbangan metabolisme, menjaga kesehatan fungsi organ, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memori otak, dan banyak lagi. Kamu bisa menemukan berbagai makanan sehat dan bergizi. Makanan unit termasuk dengan sayuran hijau, buah-buahan, ikan, makanan laut, daging, kacang-kacangan, dan lain-lain.

 

5. Aktivitas Kesehatan Pikiran dan Jiwa

Kesehatan mental kini menjadi perbincangan hangat, terutama di kalangan milenial. Mulai dari kalangan non selebriti hingga selebriti menggalakkan kampanye kesehatan mental. Rasa tidak percaya diri, tekanan dari public atau pengalaman buruk menjadi korban bullying adalah beberapa hal yang menyebabkan stres dan perlu dihindari. Kegiatan positif yang sering dilakukan adalah meditasi, membaca buku, perawatan tubuh, dan sebagainya. Kegiatan tersebut diyakini bisa menenangkan pikiran dan tubuh.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Diabetes untuk Para Milenial

Jadi, itulah gaya hidup sehat yang bisa diterapkan oleh para milenial agar terhindar dari istilah ‘remaja jompo’ semoga bermnafaat.

  • Bagikan