Bahaya, Jangan Meletakkan Handphone di Tempat ini!

  • Bagikan
Bahaya, Jangan Meletakkan Handphone di Tempat ini!
viva.co.id

Seruni.id – Kadang kala, kita sering kali meletakkan handphone sembarangan, misalnya di samping kita saat tertidur. Padahal, kita tahu tempat tersebut berbahaya untuk tubuh kita. Mulai dari radiasi hingga risiko meledak. Pastinya kamu pernah mendengar kan kasus smartphone yang meledak?

Baterai smartphone umumnya berjenis lithium-ion. Baterai jenis ini sangat rawan terbakar apabila terpapar suhu tinggi. Contohnya, korsleting atau ada kesalahan saat mengisi daya. Penyebab baterai handphone meledak lainnya adalah, karena terlalu panas. Nah, agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya perhatikanlah tempat kamu menaruhnya. Pastikan kamu menghindari tempat-tempat berikut ini, ya.

1. Saku Celana

Bahaya, Jangan Meletakkan Handphone di Tempat ini!
bolastylo.bolasport.com

Saat kita bepergian dan tidak membawa tas kecil, saku celana menjadi salah satu tempat untuk meletakkan handphone. Meski praktis, tapi ternyata sangat tidak disarankan, ya. Mengapa demikian? Sebab, smartphone yang masih dalam kondisi aktif, kemudian disimpan di dalam saku, dapat meningkatkan radiasi berkali-kali lipat.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, radiasi elektromagnetik telepon dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Parahnya, jika kebiasaan ini tidak dihentikan segera, akan menyebabkan tumbuhnya tumos dan menurunkan kesuburan pada pria. Jadi, bagaimana solusianya? Kamu bisa memasukkannya ke dalam tas atau aktifkan mode pesawat sebelum menyimpannya.

2. Bawah Bantal

Bahaya, Jangan Meletakkan Handphone di Tempat ini!
liputan6.com

Di antara kalian, pasti sering deh meletakkan handphone di bawah bantal. Alasannya sih agar tidak jauh-jauh mencarinya saat ada panggilan masuk. Atau agar alarm terdengar jelas. Namun, kebiasaan ini harus kamu hentikan segera, ya. Sebab, radiasi elektronagnetik yang ada di smartphone bisa membuatmu pusing dan sakit kepala.

Selain itu, meletakkan handphone di bawah bantal hanya akan membuatnya rentan terhadap panas. Apalagi, kalau menyimpannya sambil mengisi daya. Seperti yang sudah Seruni beri tahu di atas, sudah banyak kasus handphone meledak atau terbakar lantaran disimpan di bawah bantal. Bukan hanya itu, cahaya dari layar ponsel juga bisa menganggu waktu tidur, loh. Jadi, sebaiknya hindarilah handphone saat hendak tidur, ya.

3. Kamar Mandi

Bahaya, Jangan Meletakkan Handphone di Tempat ini!
liputan6.com

Smartphone membuat sebagian orang sulit lepas darinya. Mulai dari bangun tidur, sampai tidur lagi, bahkan saat di kamar mandi pun handphone selalu digenggam. Selain tidak baik bagi kesehatan, membawa ponsel ke kamar mandi hanya akan menyebabkan bakteri-bakteri yang ada di kamar mandi menempel pada ponsel. Selain itu, bakteri salmonela dan clostridium difficile dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan.

4. Area yang Terlalu Dingin

Bahaya, Jangan Meletakkan Handphone di Tempat ini!
hipwee.com

Suhu ekstrem di bawah nol derajat ternyata berpengaruh terhadap ponsel. Ketika lama disimpan di suhu dingin dan di bawa kembali ke suhu normal, perubahan ini akan membawa kerusakan pada detail internal perangkatmu.

Meski bahayanya nggak menyerangmu secara langsung, tapi siapa sih yang pengen ponselnya jadi rusak karena keteledoran? Ketika liburan ke negara dengan cuaca super dingin, sebaiknya gunakan kantong ponsel agar suhunya tetap stabil.

5. Area yang Terlalu Panas

Bahaya, Jangan Meletakkan Handphone di Tempat ini!
hipwee.com

Sudah sering terjadi, kasus ponsel meledak karena overheat. Suhu yang terlalu panas bereaksi pada katoda dan anoda dalam timbal di dalam mesin ponsel. Ketika katoda dan anoda tidak seimbang, dalam jangka waktu tertentu bisa menaikkan suhu dan merubah ponsel jadi bahan ledak. Jauhkan ponselmu dari perapian, oven, dan jangan dijemur di pantai.

6. Dekat dengan Wajah

Bahaya, Jangan Meletakkan Handphone di Tempat ini!
wolipop.detik.com

Ketika sedang menerima panggilan telepon, biasanya ponsel akan diletakkan di telinga. Tentu saja, ponsel akan menempel di wajah. Namun, ternyata itu tidak baik untuk kesehatan kulitmu, loh.

Karena cahaya yang dihasilkan oleh ponsel bisa menyebabkan kulitmu keriput dan kerusakan di bagian pipi, dagu, dan dekat lehermu. Perlahan-lahan akan muncul pigmen hitam di area tersebut. Sebaiknya, gunakan earphone atau loudspeaker saja, ya, agar lebih aman untuk kulit.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Dampak Buruk Menggunkan Casing HP

Jadi, itulah enam tempat yang dilarang untuk meletakkan handphone. Ketika sudah mengetahui tempat mana yang dilarang, maka mulai sekarang selalu perhatikan lagi di mana kamu menyimpannya, ya. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan
seruni.id