7 Cara Menyamarkan Kerutan di Bawah Mata

  • Bagikan
7 Cara Menyamarkan Kerutan di Bawah Mata
orami.co.id

Seruni.id – Seiring bertambahnya usia, semakin banyak pula permasalahan kulit yang kita alami. Mulai dari muncul flek hitam, kerutan pada dahi, hingga munculnya kerutan di bawah mata. Masalah ini tentu sangat menganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir berlebihan, ya.

7 Cara Menyamarkan Kerutan di Bawah Mata
cosmopolitan.co.id

Karena masalah tersebut masih bisa diatasi, salah satunya dengan melakukan beberapa cara untuk menyamarkannya. Tapi sebelumnya, kita cari tahu dulu yuk apa penyebab kerutan di bawah mata. Adapun ulasannya sebagai berikut:

Penyebab Keriput di Bawah Mata

Pastinya kamu penasaran kan, kenapa kerutan di bawah mata dapat muncul, dan semakin jelas setiap harinya? Ternyata berikut ini loh penyebabnya:

1. Radiasi Sinar UV

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan kulit, tapi jika terlalu sering tanpa adanya perlindungan, hal ini justru membahayakan, loh. Salah satunya dapat menyebabkan kerutan di bawah mata dan memunculkan tanda-tanda penuaan lainnya.

Hal ini telah dibuktikan oleh Food and Drug Administration (FDA) yang menjelaskan bahwa, paparan sinar UV yang tidak terlindungi dapat menyebabkan munculnya kulit kasar dan keriput lebih awa, alias mengalami penuaan dini.

2. Melakukan Gerakan atau Ekspresi Berulang

Wajah memang perlu digerakan agar tidak kaku, seperti tersenyum, mengerutkan dahi, atau mengerutkan alis. Namun, ternyata melakukan gerakan tersebut secara berulang dapat memunculkan garis-garis halus di wajah, termasuk kerutan di bawah mata. Ternyata bukan hal itu saja yang menjadi penyebabnya, kebiasaan tidur juga bisa memunculkan garis halus pada wajah, loh.

Hal ini karena otot wajah yang sama terdorong ke bantal ketika tidur setiap malam. Sehingga menyebabkan kulit kehilangan kemampuannya untuk bangkit kembali ke tempat asalnya. Dalam sebuah penelitian, ditunjukkan bahwa tidur dengan wajah di bantal dapat menyebabkan munculnya kerutan di bawah mata.

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Bagi kamu yang sedang bingung bagaimana cara menghilangkan kerutan di bawah mata tersebut, berikut Seruni telah merangkum beberapa caranya:

1. Menggunakan Tabir Surya Secara Rutin

Penggunaan tabir surya alias suncscreen sering sekali disepelekan, padahal ini sangat penting, loh. Fungsi dari tabir surya ini adalah untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar UV. Jadi, untuk terhindar dari sinar UV dan juga terhindar dari munculnya kerutan di bawah mata, pastikan kamu selalu menggunakan tabir surya setiap kali hendak beraktivitas di luar rumah, ya.

2. Pastikan Posisi Tidur Tepat

Bagaimanakah posisi tidur yang baik agar tidak memunculkan kerutan di bawah mata? Jawabannya adalah telentang. Sebab, dengan tidur dalam posisi telentang, dapat menghilangkan kerutan di wajahmu. Usahakan untuk menghindari posisi tidur dengan tubuh miring atau tengkurang yang dapat membuat lipatan, kerutan, dan garis halus di area mata.

3. Hindari Polusi Udara

Polusi udara tidak hanya membahayakan jantung dan paru-paru saja, tapi juga bisa menjadi bumerang bagi kulitmu, loh. Menurut sebuah studi, masalah kulit seperti kerutan di bawah mata bisa disebabkan oleh polusi udara. Ingat, ya, kulit adalah penghalang terluar tubuh dengan berbagai polutan udara. Makanya, tak perlu heran jika kulit akan bermasalah ketika terlalu sering terpapar polusi udara.

4. Menggunakan Bahan Alami

Untuk menghilangkan kerutan di bawah mata berikutnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, yang kemudian dijadikan sebagai masker wajah. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah putih telur. Kamu cukup mencampurkannya dengan satu sendok teh air lemon dan tiga sendok teh madu. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke wajah secara merata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelahnya, jangan lupa membilasnya hingga bersih, ya.

5. Memijat Area Kulit di Bawah Mata

Melakukan pijatan atau senam wajah dapat membantu merangsang aliran darah. Ketika aliran darah pada wajah lancar, maka ini dapat membantu menghilangkan kerutan di bawah mata. Pijatan akupresur yang lembut akan membantu menstimulasi sirkulasi dan drainase limfatik untuk mengosongkan, mengendurkan, dan mengencangkan area kulit di bawah mata.

6. Eksfoliasi Lembut

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata berikutnya, yaitu dengan melakukan eksfoliasi lembut kulit kering di area mata. Dengan melakukan eksfoliasi, dapat mendorong pertumbuhan sel baru. Pastikan kamu melakukannya hanya denagn menggunakan produk khusus eksfoliasi, ya.

7. Lakukan Perawatan Kulit di Bawah Mata dengan Maksimal

Hal yang tak kalah penting sebagai salah satu cara menghilangkan keriput di bawah mata adalah dengan melakukan perawatan secara maksimal. Misalnya dengan menggunakan moisturizer, face oil, masker mata, krim mata, hingga retinol.

Dengan begitu, kelembapan kulit akan selalu terjaga dan kulit menjadi lebih sehat serta kencang. Namun, pastikan kamu memilih perawatan kulit yang dapat mengatasi penuaan, ya. Serta ikuti aturan pemakaian dan gunakan secara teratur.

Baca Juga: 6 Benda ini Bisa Mempercepat Penuaan, loh!

Demikianlah beberapa cara menghilangkan keriput di bawah mata. Semoga dapat membantu dan mengembalikan kepercayaan dirimu.

  • Bagikan
seruni.id