5 Faktor Penyebab Terjadinya Penuaan Dini

  • Bagikan
hellosehat.com

Seruni.id – Merupakan proses yang tidak bisa dihindari, setiap sel dalam tubuh kita sudah terprogram untuk mengalami penuaan, pun fungsinya yang menurun. Namun, tentunya tidak ada perempuan yang menginginkan penuaan dini menyerang dirinya. Maka itu, kita perlu tahu apa saja faktor yang sebenarnya menjadi penyebab penuaan dini, seperti berikut ini:

Related image
radarpekalongan.co.id

Genetik

Penuaan dini juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Gen “aging” yang terbawa dalam diri seseorang, akan memungkinkan dirinya menjadi tua sebelum waktunya. Sebaliknya, ada juga seseorang yang memiliki faktor keturunan untuk terlihat awet muda.

Kebiasaan Tidak Sehat

Kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh kebiasaan hidup sehari-hari. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum kopi dan alkohol, stres, hingga kurang tidur, akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Kulit kering menjadi salah satu penanda dari faktor terjadinya penuaan dini, karena pada usia produktif kulit manusia sebenarnya masih memiliki tekstur yang baik. Namun, berbagai kebiasaan buruk justru membuat sel kulit menjadi rusak dan lebih kering, karena kulit tidak mampu menangkap dan mempertahankan air yang ada di dalam lapisan kulitnya.

Baca Juga: Bolehkah Wanita Muslimah ke Salon Kecantikan?

Kondisi Fisik

Saat tubuh sedang sakit, efeknya akan langsung terlihat pada kulit, seperti menjadi kusam dan tidak bercahaya. Dan, jika kulit tidak dirawat dengan tepat setelah mengalami sakit, kulit akan menjadi semakin bermasalah. Maka, tak heran jika penuaan dini pun menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan.

Pasalnya, perubahan akan terjadi pada kulit wajah, dan membuat rasa percaya diri semakin berkurang hari demi hari. Mulai dari kerutan di area mata, garis halus, hingga munculnya flek hitam, seakan semuanya tidak bisa dihindari lagi.

Lingkungan

Lingkungan juga bisa memberi pengaruh buruk pada kulit. Saat kamu terlalu sering berada di ruangan yang menggunakan pendingin udara, udara kotor, polusi, hingga radiasi matahari. Namun, hal yang paling memberikan pengaruh buruk adalah radiasi. Sebaiknya, gunakan krim tabir surya agar kulitmu tidak mengalami penuaan dini, ya.

Usia

Proses penuaan biasanya dimulai pada usia 20-an. Namun, kulit masih tetap mampu menyeimbangkan dan menghambat proses penuaan ini. Kulit akan berkurang kemampuannya untuk memproduksi sel-sel kulit baru, saat kamu sudah memasuki usia di atas 20 tahun.

Related image
skin.co.id

Maka, menjalani hidup dengan pola yang sehat bisa menjadi salah satu cara kamu menghambat terjadinya penuaan dini.

  • Bagikan
seruni.id