8 Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Puasa

  • Bagikan
8 Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Puasa
dream.co.id

Seruni.id – Puasa adalah momen yang tepat untuk kita meraih pahala sebanyak-banyaknya. Namun, tak sedikit orang yang lebih memilih menghemat waktu puasa untuk tidur. Meski tidur selama puasa dikatakan sebagian dari ibadah, tapi ternyata ada beberapa bahaya tidur terlalu lama saat puasa, loh. Selain mengurangi nilai pahala puasa, tidur dengan waktu yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

8 Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Puasa
id.theasianparent.com

Tentunya kita tidak ingin kan hal ini terjadi? Untuk itu, agar kita bisa lebih produktif di bulan Ramadhan dan terhindar dari segala macam penyakit, berikut Seruni telah merangkum beberapa baha tidur terlalu lama saat puasa:

1. Tubuh Menjadi Lemas

Bahaya tidur terlalu lama saat puasa tentu saja bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Bukan tanpa alasan, kebiasan tidur yang terlalu lama membuat tubuh menjadi lebih pasif. Alhasil, otot dan anggota tubuh lainnya tidak dapat bekerja secara optimal, sehingga tubuh akan mudah terasa lemas. Selain itu, tidur terlalu lama juga membuat tubuh tidak dapat melakukan metabolisme dengan baik dan maksimal. Dengan kondisi tubuh yang lemas, otomatis membuat seseorang menjadi malas untuk melakukan berbagai kegiatan. Padahal, bulan Ramadhan seharusnya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat, seperti beribadah sebanyak-banyaknya.

2. Sakit Kepala

Pernah merasakan sakit kepala ketika waktu tidurmu melebihi batas? Ternyata tidur pada siang hari memang dapat memicu sakit kepala, dikarenakan hal ini mempengaruhi kerja senyawa kimia di otak yang bernama neurotransmitter seperti serotonin. Ketika kinerja zat tersebut terganggu, maka aktivitas saraf di otak otomatis akan bermasalah, sehingga jangan heran ketika bangun tidur kepala terasa sakit.

3. Daya Tahan Tubuh Menurun

Tidur memang dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang ketika seharian beraktivitas. Namun, tidak dengan tidur yang terlalu lama, ya, terlebih saat sedang berpuasa. Pasalnya, tidur terlalu lama tidak hanya membuat tubuh menjadi lemas saja, tapi juga menurunkan daya tahan tubuh. Tubuh yang tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik biasanya akan mudah terserang berbagai bibit penyakit. Jadi, kamu tak perlu heran, jika saat puasa kamu mudah terserang flu, batuk, hingga diare karena daya tahan tubuh tidak baik. Maka penting sekali untuk tetap aktiv bergerak sehingga kekebalan tubuh tetap meningkat.

4. Sakit Punggung

Mungkin kamu mengira bahwa sakit punggung hanya disebabkan karena terlalu lama berada di posisi tertentu atau terjadi setelah membawa beban berat. Padahal, sakit punggung juga bisa terjadi karena kamu tidur terlalu lama, loh. Terlebih dalam posisi sama seperti telentang. Hal ini akan membuat tulang punggung terasa kaku dan kerap menimbulkan rasa nyeri.

5. Risiko Depresi Meningkat

Bahaya tidur terlalu lama saat puasa ternyata juga bisa meningkatkan risiko depresi, loh. Berdasarkan hasil studi, ditemukan bahwa tidur dengan waktu yang berlebihan sangat berkaitan erat dengan gejala kecemasan dan depresi. Apalagi kalau kamu tidur lebih dari 10 jam, maka hal tersebut akan semakin memperburuk kondisi kesehatan mental. Tentu saja hal ini patut kamu hindari. Sekalipun rasa kantuk saat berpuasa sering kali datang, tapi sebaiknya lakukan kegiatan positif untuk mengisi waktu luang. Dengan begitu, kondisi tubuh dan kesehatan mental bisa terjaga dengan baik.

6. Kesehatan Jantung Terganggu

Bahaya tidur terlalu lama saat puasa, juga tidak baik untuk kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, bahwa tidur lebih dari delapan jam bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Bahkan, mereka yang memiliki kebiasaan tidur terlalu lama memiliki risiko terkena angina atau nyeri dada dua kali lebih tinggi. Hal ini tak lain disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung. Ungkapan senada juga disuaran oleh penelitian lain, bahwa orang yang tidur lebih dari sembilan jam memiliki risiko 34 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung.

7. Menaikkan Berat Badan

Bahaya tidur terlalu lama saat puasa yang berikutnya, yaitu dapat menaikkan berat badan. Padahal, seharusnya saat puasa, merupakan waktu terbaik untuk memperbaiki berat abdan menjadi ideal. Dengan waktu tidur yang berlebihan, kadar lemak di dalam tubuh justru meningkat. Sehingga tak heran ketika puasa berat badan justru bertambah bahkan dapat mengalami obesitas. Tubuh yang mengalami obesitas akan mudah terserang penyakit, seperti menganggu sistem kerja hati, dan organ-organ vital lainnya.

8. Menurunkan Kinerja Otak

Bahaya tidur terlalu lama saat puasa yang terakhir yakni berisiko menurunkan kinerja otak. Seseorang dengan kebiasaan tidur lebih dari sembilan jam dapat berpengaruh pada terganggunya sistem kognitif dan kinerja otak. Namun sebaliknya, jika kebutuhan tidur tercukupi selama tujuh jam, maka dapat memberikan beberapa manfaat positif bagi organ otak. Di mana kerja otak menjadi lebih baik dan sistem kognitif dapat bekerja secara optimal.

Baca Juga: 7 Tips Agar Tubuh Berenergi dan Segar Saat Bangun Tidur

Jadi, itulah beberapa bahaya tidur terlalu lama saat puasa. Jika tidak ingin hal-hal tersebut terjadi, maka sebaiknya cukupkanlah waktu tidurmu, ya. Dengan begitu, meski sedang berpuasa tubuh tetap sehat dan tidak mudah lemas. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id