20 Manfaat Air Mawar Viva untuk Kecantikan

20 Manfaat Air Mawar Viva untuk Kecantikan

Seruni.id – Baru pertama kali mencoba air mawar Viva atau sudah pernah menggunakannya, tapi tidak tahu apa saja manfaat air mawar Viva? Untuk itu, simak ulasannya berikut ini, yuk!

20 Manfaat Air Mawar Viva untuk Kecantikan

Air mawar ini merupakan air yang berasal dari ekstrasi kelopak bunga mawar yang berguna untuk melembapkan kulit. Tak heran kalau banyak produk skin care air mawar beredar di pasaran. Salah satu brand yang terkenal dan paling banyak digunakan adalah air mawar dari Viva. Cairan yang memiliki aroma seperti bunga mawar ini kerap digunakan sebagai pembersih, penyegar, atau campuran masker. Namun, selain itu, kamu sudah tahu belum manfaat air mawar Viva lainnya? Agar semakin yakin untuk menggunakannya, yuk simak beberapa manfaat air mawar Viva berikut ini:

1. Mencerahkan Mata

Kamu punya kantung mata atau matamu tampak gelap? Tenang saja, manfaat air mawar Viva ini mampu mengatasi keduanya, loh. Terutama di bagian kelopak mata. Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup usapkan air mawar ke bagian kelopak. Lalu biarkan selama lima menit. Kemudian ulangi cara ini ketika matamu bengkak atau terdapat lingkaran hitam karena kurang istirahat. Dengan menggunakan air mawar Viva secara rutin, maka mata pun akan kembali cerah dan tidak terlihat sembab.

2. Meredekan Peradangan

Air mawar memiliki kandungan polifenoal dan flavanoid, keduanya berfungsi sebagai antioksidan dan antiradang alami. Tak heran kalau manfaat air mawar Viva dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea. Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya? Cukup usapkan kapas yang sudah diberikan air mawar pada area kulit yang meradang. Ulangi beberapa kali, hingga peradangan tampak mereda.

3. Menambah Kelembapan pada Kulit

Memiliki wajah kering sangat menganggu sekali. Bahkan, kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan air mawar Viva, penggunaan air tersebut dipercaya dapat memberikan kelembapan sepanjang hari. Sebaiknya, gunakanlah ketika selesai mandi, kemudian tuangkan secukupnya pada kapas atau semprotkan jika ditaruh dalam wadah. Jika menggunakannya untuk bagian tangan atau kaki, sebaiknya tunggulah hingga kering, barulah dilanjutkan dengan menggunakan body lotion agar kulit tetap lembap tahan lama.

4. Mencegah Munculnya Jerawat

Manfaat air mawar Viva berikutnya, yakni dapat mencegah munculnya jerawat pada wajah. Untuk menggunakannya, Seruni sarankan diaplikasikan sebelum kamu menggunakan rangkaian skin care lainnya. Sebab, air mawar nantinya akan membersihkan kulitmu. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah secara rutin, kurang lebih tiga minggu berturut-turut. Maka kamu akan merasakan manfaat air mawar Viva tersebut.

5. Mengangkat Kotoran pada Wajah

Manfaat air mawar Viva berikutnya yakni dapat mengangkat kotoran pada wajah, baik disebabkan oleh polusi udara maupun sisa kosmetik. Benda asing yang masuk ke dalam pori-pori kulit lama kelamaan dapat menimbulkan jerawat atau komedo. Namun, tenang saja, dengan air mawar Viva, masalah tersebut bisa teratasi. Apalagi, produk ini mengandung antiseptik, sehingga wajah terbebas dari bakteri penyebab masalah kulit lainnya. Sebaiknya aplikasikan air mawar ini sebelum menggunakan skin care, ya. Bisa setelah selesai beraktivitas atau malam hari menjelang tidur.

6. Mencerahkan Wajah

Wajah yang kusam biasanya terjadi karena tidak pernah eksfoliasi atau terlalu sering terpapar sinar matahari, dan kurangnya nutrisi untuk kulit. Untuk mencerahkan wajah kembali, gunakan air mawar secara rutin sebagai toner wajah. Kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya dapat mengembalikan warna kulitmu, menutrisi kulit, dan membuat wajah lebih cerah bercahaya.

7. Mencegah Penuaan Dini

Air mawar memiliki banyak manfaat untuk wajah, salah satunya dapat mencegah penuaan dini. Hal ini karena kandungan rose hip seeds di dalamnya. Di mana zat ini mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Nutrisi yang meresap ke dalam kulit, mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah, sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

8. Memberikan Efek Relaksasi

Manfaat air mawar Viva berikutnya, yakni dapat memberikan efek relaksasi atau menenangkan. Oleh karena itu, air mawar sangat cocok jika digunakan sebagai campuran air untuk berendam dengan air hangat. Kamu bisa menyampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merelaksasi tubuh ketika mandi setelah lelah beraktivitas seharian.

9. Membantu Menghilangkan Ketomber

Manfaat air mawar Viva ternyata tidak hanya untuk wajah saja, loh, tapi juga untuk masalah rambut. Salah satunya yakni dapat menghilangkan ketombe. Air mawar dikenal sebagai pengobatan untuk radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Air mawar ini dapat kamu jadikan sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

10. Berfungsi Sebagai Face Mist

Jika kamu terbiasa melakukan perawatan mud mask, sebaiknya ketahui lebih lanjut efek samping yang ditimbulkan. Apabila digunakan terlalu lama, produk masker ini dapat menyebabkan kulit kering dan menglupas. Kondisi ini bisa terjadi karena wajah berminyak yang dihasilkan kulit terserap oleh mud mask. Untuk mencegahnya, kamu bisa menyemprotkan air mawar Viva ketika menggunakan masker. Tujuannya agar kulit wajah tidak kering setelah dibilas.

11. Melembapkan Bibir

Pernah merasakan bibir kering dan pecah-pecah? Kondisi ini tentunya sangat menganggu penampiilan dan sulit untuk mengaplikasikan lipstik. Kamu harus tahu nih, manfaat air mawar Viva ternyata juga dapat mengatasi bibir kering, loh. Hal ini karena kandungan di dalam air mawar, bisa membantu mengembalikan kelembapan bibir, mengangkat sel kulit mati di bibir, dan melembutkan tekstur bibir.

12. Merawat Kuku

Biasanya kuku yang menguning akan mudah patah, bertekstur kasar, dan tidak elok dilihat. Biasanya hal ini disebabkan kerena terlalu sering menggunakan kutek. Untuk merawatnya, kamu bisa menggunakan air mawar dari Viva, jika menggunakannya secara rutin, maka kuku akan teruntrisi dan lebih lembap.

13. Sebagai Campuran Bahan Scrub

Kalau kamu memiliki kulit kering atau sensitif, mungkin akan takut untuk melakukan eksfoliasi. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan masalah kulit yang lebih parah lagi. Namun, dengan mencampurkan air mawar dari Viva ke dalam produk scrub, kamu tidak perlu khawatir. Air mawar berfungsi utnuk melembutkan produk scrub, menjadi tidak terasa kasar dan perih. Hasilnya, kelembapan kulit wajah akan terus terjaga dan terasa lebih segar, loh.

14. Menyempurnakan Riasan

Manfaat air mawar Viva lainnya juga bisa membantu untuk menyempurnakan riasan, loh. Misalnya, ketika makeupmu sudah terlihat kusam, cobalah semprotkan air mawar. Cara ini dapat membuat wajar kembali segar dan glowing seketika.

15. Pembersih Riasan

Selain dapat menyempurnakan riasan dan mengembalikan kesegaran, manfaat air mawar Viva berikutnya yakni bisa kamu gunakan sebagai makeup remover, alias pembersih makeup. Produk ini memiliki efek membersihkan yang tidak kalah dari pembersih riasan dari brand-brand ternama, loh. Air mawar cukup efektif untuk membersihkan riasan pada daerah mata waterproof tanpa menyebabkan iritasi.

16. Mengencangkan Kulit

Manfaat air mawar Viva selanjutnya adalah dapat mengencangkan kulit. Menurut sebuah laporan ilmiah, bahwa air mawar mengandung tanin. Di mana kandungan tersebut diyakini dapat memberikan efek kulit cerah serta pori-pori lebih kencang.

17. Meringankan Iritasi Kulit

Manfaat air mawar untuk wajah lainnya adalah meringankan iritasi kulit. Air mawar merupakan produk perawatan kulit yang memiliki pH 4.0-4.5. Sebuah hasil riset yang dimuat dalam Journal Current Problems in Dermatology menyarankan penggunaan produk perawatan kulit dengan rentang pH 4.0-5.0 untuk meminimalisir gejala iritasi kulit yang mungkin timbul.

18. Melembapkan Rambut

Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, ternyata air mawar juga bisa dimanfaatkan untuk melembapkan rambut, loh. Hal ini karena bahan tersebut memiliki kandungan pH yang sedikit asam dan mampu melembapkan rambut. Kamu bisa menggunakan air mawar ini untuk membilas rambut secara langsung. Adapun cara lainnya yaitu mencampurkannya dengan shampo.

19. Mengeksfoliasi Secara Lembut

Manfaat air mawar Viva bisa kamu gunakan untuk mengeksfoliasi kulit secara lembut. Air mawar tersebut mampu mengangkat sel kulit mati dengan lembut, sehingga kulit lebih cepat beregenerasi atau munculnya sel kulit baru yang lebih sehat. Alhasil, kulitmu akan tampak cerah dan muda. Gunakanlah air mawar Viva sebagai toner, dengan menggunakan kapas, usapkan secara halus pada seluruh permukaan wajah dan leher. Namun, pastikan kamu melakukannya setelah mencuci wajah hingga bersih, ya.

20. Mengurangi Sakit Kepala

Aromaterapi dari air mawar ternyata juga bermanfata untuk menghilangkan sakit kepala, loh. Caranya dengan mencium aromanya setiap kamu mengalami sakit kepala. Meski tidak langsung hidang begitu saja, tapi setidaknya sakit kepala bisa sedikit mereda.

Cara Menggunakan Air Mawar untuk Hasil yang Optimal

Ada beberapa cara dalam menggunakan air mawar untuk wajah, agar hasilnya optimal, dan terlihat. Kamu bisa menggunakan air mawar untuk mengompres wajah, dengan cara memabasahi kapas kemudian menempelkannya pada bagian wajah yang kemerahan. Air mawar juga bisa digunakan sebagai face mist, dengan cara menyemprotkan air mawar ke wajah untuk menghidrasi kulit. Menggunakan air mawar sebagai toner juga bisa membantu mengeksfoliasi kulit. Cara terakhir menggunakan air mawar adalah untuk campuran membuat masker. Air mawar bisa diteteskan pada bubuk masker atau scrub, agar formula masker lebih lembut dan tidak.

Baca Juga: Sejarah dan Filosofi di Balik Indahnya Bunga Mawar Merah

Itulah manfaat air mawar Viva yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui banyak manfaatnya, kamu bisa menggunakan produk ini dengan lebih maksimal lagi. Produk ini juga dapat kamu beli dengan harga yang relatif terjangkau. Selamat mencoba manfaat air mawar Viva.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.