Cara Menghemat Uang untuk Persiapan Kelahiran Bayi

  • Bagikan
Cara Menghemat Uang untuk Persiapan Kelahiran Bayi

Seruni.id – Sudah tahu cara menghemat uang yang tepat untuk persiapan kelahiran bayi? Kalau belum, yuk simak artikel berikut ini, karena Seruni akan memberikan cara menghemat uang yang tepat. Simak baik-baik, ya.

Cara Menghemat Uang untuk Persiapan Kelahiran Bayi

Bagi yang sedang menantikan kelahiran buah hati, tentunya tahu dong apa saja yang perlu dipersiapkan? Jika dihitung-hitung persiapan yang dibutuhkan terutama dalam hal keuangan, tidaklah sedikit. Tak peduli dengan apakah kamu punya asuransi atau tidak, biaya kelahiran bayi memanglah besar. Untuk itu, Seruni akan memberikan cara menghemat uang untuk persiapan kelahiran buah hati, berikut yang bisa kamu lakukan:

1. Harus Tahu Biaya Apa Saja yang Dicover oleh Asuransi

Cara menghemat uang yang pertama adalah dengan mencari tahu biaya apa saja yang ditanggung dan tidak oleh asuransi. Tapi Seruni sarankan, akan lebih baik dilakukan sebelum memutuskan untuk hamil. Jangan menganggap, bahwa segala yang berhubungan dengan persalinan akan dilindungi asuransi, tanpa tahu detailnya dari pihak asuransi.

Selain itu, kamu juga perlu mengajukkan pertanyaan yang spesifik dan jelas, apakah akan ada pembayaran yang tetap harus dilakukan atau dikurangi dengan yang ditanggung asuransi. Cari tahu juga prosedur dan tes apa saja yang ditanggung selama kehamilan, persalinan, dan untuk bayi yang baru lahir.

Hal ini tergantung pada penyedia asuransi yang kamu pilih, dan jenis pertanggungan tempatmu terdaftar, ada potensi menghemat uang untuk tagihan rumah sakit. Namun biasanya premi bulanan lebih tinggi untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Pastikan saja kamu menanyakan detail tentang program asuransi yang kamu pilih.

2. Memeriksa Tagihan Rumah Sakit

Saat persalinan nanti, bukan tidak mungkin kamu akan mendapati beberapa kesalahan pada tagihan rumah sakit. Maka dari itu, penting sekali untuk memeriksa dengan rinci tagihan tersebut. Bahkan, kalau kamu sudah memiliki asuransi dan tidak perlu membayar apa pun, kamu bisa mengajukkan aduan atas kesalahan apa pun dan meminta pihak rumah sakit memperbaikinya.

Bisa saja, tanpa kamu sadari, kamu dikenakan biaya untuk perawatan yang tidak kamu terima. Atau mungkin kamu akan menerima tagihan dua kali untuk satu perawatan atau obat yang sama. Tak menutup kemungkinan juga pihak rumah sakit salah mengkategorikanmu ke dalam pasien operasi caesar, sedangkan kamu melahirkan secara normal. Jadi, pastikan sudah memeriksanya dengan teliti, ya. Ini juga menjadi salah satu cara menghemat uang untuk persalinan, loh.

3. Lakukan Negosiasi untuk Perawatan dan Paket Persalinan

Kalau kamu tidak menggunakan asuransi, alias menanggungnya sendiri, coba cari tahu pada dokter atau rumah sakit tempatmu bersalin. Apakah ada kemungkinan harga khusus, atau potongan harga. Jangan lupa tanyakan pula apakah akan jauh lebih murah jika kamu membayar segala biaya di muka, untuk segala perawatan yang sudah bisa ditentukan harganya.

Cari tahu juga apakah ada diskon di rumah sakit tertentu yang direkomandasikan. Sebaiknya lakukanlah survey untuk biaya konsultasi dokter hingga persalinan, di beberapa tempat praktek atau rumah sakit. Namun, jangan sampai mengabaikan kualitas produk dan pelayanan mereka juga, ya.

4. Mencari Tahu Manfaat Semua Perawatan yang Kamu Terima

Cara menghemat uang untuk persalinan berikutnya adalah dengan mencari tahu manfaat dari segala perawatan yag kamu terima. Cari tahu mengapa hari itu kamu harus menjalani amniosentesis, pemeriksaan darah, atau USG. Kamu harus tahu apakah segala tes dan tindakan tersebut benar-benar perlu dan berapa biayanya. Dalam hal ini, kamu juga harus tahu tes mana yang harus rutin kamu lakukan selama masa kehamilan dan mana yang hanya tambahan dan tidak diperlukan.

5. Pilih Vitamin Sepanjang Masa Kehamilan

Nah, poin yang terakhir ini kerap kali terabaikan. Dokter atau bidan tempatmu konsultasi di masa kehamilan mungkin menuliskan resep untuk vitamin prenatal, tapi beberapa dari vitamin yang dibutuhkan itu bisa kamu beli tanpa resep. Sebagian besar tidak keberatan dengan vitamin generik yang dijual bebas. Banyak produk bagus yang bisa kamu pilih dari deretan vitamin generik ini. Kamu bisa lebih hemat, tapi ingat untuk tetap konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Tubuh Pasca Melahirkan

Itulah cara menghemat uang untuk persalinan yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya, masih ada banyak cara menghemat uang untuk persiapan kelahiran bayi. Pastikan saja seperti apa proses persalinan yang kamu inginkan, dan cari tahu berapa besar biayanya. Dengan begitu, kamu bisa bersiap dari awal untuk menabung.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id