Memiliki Warna yang Cantik, Ini 10 Manfaat Bunga Telang

Memiliki Warna yang Cantik, Ini 10 Manfaat Bunga Telang
beritagar.id

Seruni.id – Dikenal dengan nama latin Clitoria Ternatea, bunga telang yang merupakan tanaman merambat ini, tumbuh di sebagian besar wilayah Asia. Dengan kelopak berwarna biru gelap dan bagian dasarnya berwarna putih, ternyata tersimpan beragam manfaat yang luar biasa.

Memiliki Warna yang Cantik, Ini 10 Manfaat Bunga Telang
carousell.com

Apakah bunga telang bisa dimakan? Jawabannya bisa. Karena biasanya bunga yang satu ini, kerap dijadikan sebagai pewarna makanan, atau dikeringkan menjadi minuman. Sebab, di dalamnya mengandung berbagai senyawa yang baik bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaat bunga telang ungu? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Mengatasi Gangguan Kecemasan

Bagi kamu yang sedang mengalami kecemasan, bunga telang bisa menjadi solusinya, loh. Ini dibuktikan melalui penelitian yang dirilis dari jurnal Ancient Science of Life, tentang pamanfaatan teh bunga telang dan yoga terhadap gangguan kecemasan. Menurut penelitian tersebut, terdapat 30 penderita yang mengalami kecemasan kemudian dibagi menjadi tiga kelompok.

Untuk kelompok A, mereka diberikan akar bunga telng yang dicampurkan dengan susu selama satu bulan. Kelompok B, menggunakan teknik yoga sebagai metode pengobatan alternatif. Sedangkan untuk peserta kelompok C, mereka diberikan keduanya.

Hasilnya pun menunjukkan, bahwa kelompok C memperlihatkan perkembangan yang cukup signifikan dalam proses penyembuhan dibandingan kelompok A dan B. Meskipun hasil dari penelitian tersebut cukup menjanjikan, namun masih diperukan uji coba lainnya, seperti melihat bagaimana cara kerja bunga tersebut terhadap gangguan kecemasan.

2. Mengatasi Penyakit Kulit

Kamu memiliki masalah kulit seperti bisul atau jerawat? Bunga telang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut, loh. Untuk mengobati bisul, bunga tersebut harus ditumbuk terlebih dahulu dengan campuran gula jawa. Komposisinya disesuaikan dengan jumlah ramuan yang kamu butuhkan. Setelah ditumbuk, bisa langsung dibalur ke kulit yang bermasalah.

Sedangkan untuk masalah jerawat, kamu bisa memanfaatkanya mulai dari bagian akar, daun, hingga bunganya. Caranya sama seperti mengatasi bisul, yakni ditumbuk menjadi satu, lalu balurkan ke area kulit yang berjerawat. Usahakan lakukan cara ini rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menyamarkan Garis Halus

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, bunga telang juga bisa digunakan untuk menyamarkan garis-garis halus atau kerutan pada kulit wajah. Cara pemanfaatannya hanya dengan menyeduh bunga tersebut menjadi secangkir teh. Jika dikonsumsi secara rutin, maka garis-garis halus pun akan memudar. Selain itu, iritasi kulit pun bisa teratasi.

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Buang air kecil yang tidak lancar, bukan hanya menganggu, tapi juga memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Ini bisa diatasi dengan beragam cara, salah satunya dengan memanfaatkan kembang telang. Rebuslah sekitar 0,3 gram akar bunga telang, dengan empat gelas air, dan tunggu sampai mendidih. Setelah menguap setengahnya, barulah disarang ke dalam gelas dan bisa langsung diminum. Untuk mendapatkan khasiatnya, disarankan mengonsumsi sebanyak dua kali.

5. Sebagai Detoksifikasi Tubuh

Menghilangkan racun dari dalam tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi teh yang dibuat dari bunga telang. Caranya, ambil beberapa kuncup bunga telang biru lalu seduh dengan air panas. Tambahkan madu agar lebih enak dan minum airnya.

6. Melancarkan Haid

Ramuan herbal berbahan kembangtelang ini bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional, seperti menlancarkan haid. Minuman ini juga sangat baik untuk membersihkan darah kotor.

7. Menghitamkan Rambut

Ingin memiliki rambut yang hitam dan berkilau? Kini kamu bisa memanfaatkan kembang telang, loh. Selain menghitamkan rambut, bunga yang satu ini juga bisa menguatkan rambutmu. Caranya, gunakan tumbukan bagian bunga tersebut untuk dijadikan sebagai shampoo.

8. Sebagai Obat Tetes Mata

Sebuah studi menyebutkan, bahwa sejak zaman dahulu kembang telang telah digunakan sebagai obat tetes mata. Jadi, ketika matamu memerah, kamu bisa mengobatinya hanya dengan menggunakan ramuan ini. Lantas, bagaimana cara mengolah bunga telang untuk obat tetes mata? Yaitu rebus sekitar lima bunga telang di dalam 50 ml air. Setelah itu, rebus hingga airnya berubah warna menjadi biru pekat. Dimkan di suhu normal, barulah bisa digunakan.

9. Menyehatkan Jantung

Pakar kesehatan menyebutkan, kembang telang memiliki kandungan yang dapat menyehatkan jantung dengan cara menekan kolesterol serta kadar lemak di dalam darah. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, beberapa penelitian menyarankan, untuk mengonsumsi bula telang dengan kombinasi tanaman herbal vigna mungo.

10. Mencegah Diabetes

Manfaat bunga telang yang terakhir adalah dapat mencegah kita dari risiko terserang dibetes. Hal ini disebabkan, kandungan yang dimiliki bunga telang mampu menyerap glukosa, sehingga gula darah menjadi stabil. Jika bosan dengan olahan teh, kamu bisa juga kok mengolahnya menjadi berbagai hidangan lezat.

Baca Juga: Sejarah dan Filosofi di Balik Indahnya Bunga Mawar Merah

Nah, itu dia 10 manfaat kesehatan dari bunga telang, kembang liar nan cantik yang kerap menjadi tanaman hias rumah. Apakah kamu berminat untuk menanamnya di rumah dan merasakan beragam manfaatnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.