Bijak Hadapi Pesona Great Sale

Great Sale

Seruni.id – ‘Sale, sale, and everything about sale’. Inilah saatnya berbelanja. Para shopaholic pun memiliki moto khas mereka, shop till you drop. Pihak shopping mall telah begitu cerdas membaca keinginan pasar. Mereka pun tak segan memberi diskon besar-besaran atau yang dikenal juga dengan Great Sale.

Menjelang hari raya—Idul Fitri maupun Natal dan akhir tahun, hampir semua pusat perbelanjaan memberikan diskon. Tak tanggung-tanggung, mereka pun menyediakan beragam hadiah dan undian berdasarkan jumlah pembelanjaan. Semakin banyak belanja, semakin besar pula kesempatan meraih hadiah.

Masa-masa untuk shop till you drop, biasanya, juga datang di bulan Juni dan Juli. Diskon besar-besaran selama satu bulan ini diberikan oleh seluruh pusat perbelanjaan di Jakarta. Inilah ‘Festival Jakarta Great Sale’ (FJGS). FJGS merupakan program pemerintah DKI Jakarta dalam rangka menyambut ulang tahun kota Jakarta.

Sesuai istilahnya, Great Sale, maka potongan harganya pun besar-besaran dan tidak main-main, mulai dari 10% sampai 80%. Pada bulan ‘Great Sale’, biasanya tak hanya pusat perbelanjaan yang bermurah hati kepada para konsumen, tetapi juga resto, kafe, hotel, tempat rekreasi, dan tempat hiburan.

Sale besar-besaran juga diberikan saat Midnight Sale. ‘Belanja tengah malam’ menjadi gimmick pengelola shopping mall untuk menarik perhatian sekaligus memanjakan konsumennya. Tak ayal, midnight  sale pun menjadi hobi baru para pecinta belanja. Tak hanya saat FJGS, midnight sale juga digelar di bulan-bulan lainnya. Biasanya, digelar di akhir pekan, mulai pukul 21.00—01.00.

Jika Anda berpikir, takkan ada orang yang berminat merelakan waktu tidurnya untuk berbelanja, Anda salah besar. Animo masyarakat terhadap midnight sale ternyata cukup tinggi. Pengunjung pun seringkali membludak. Lantaran, pihak shopping mall tak segan menawarkan produk-produk ternama dengan diskon fantastis. Selain diskon, mereka pun memberikan penawaran menarik lainnya, seperti buy 1 get 1 free dan program belanja berhadiah.

Demi diskon, tak peduli seberapa jauh, seberapa larut, dan seberapa pun melelahkannya, para penggila diskon takkan segan mengejarnya. Bahkan, tak sedikit yang berburu diskon hingga ke negeri tetangga, Singapura dan Malaysia, saat The Great Singapore Sale atau Malaysia Great Sale digelar.

Baca juga: 3 Kebiasaan Buruk Dalam Mengelola Keuangan Keluarga

Bijak menghadapi diskon

Tujuan kita berbelanja barang diskon, sesungguhnya, untuk mendapat barang yang memang dibutuhkan dengan harga lebih murah sehingga kita bisa lebih berhemat. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Pesona diskon bagaikan sihir yang membuat lapar mata alias kalap. Alih-alih berhemat, pengeluaran justru membengkak karena berbelanja hal lain yang tidak sesuai kebutuhan. “Mumpung diskon” menjadi alasan ampuh untuk bisa membeli semua barang yang diinginkan.

Tidaklah bijaksana jika diskon berefek buruk bagi kondisi keuangan. Untuk itu, sebelum Anda terbuai di surga diskon, Anda perlu menyiapkan strategi agar tidak tergoda. Ingatlah, be a wise buyer.

  • Buatlah daftar belanja berdasar kebutuhan Anda. Gunakan daftar ini selama berbelanja dan disiplinlah pada diri sendiri untuk tidak membeli barang di luar daftar tersebut.
  • Suvei lokasi barang yang dibutuhkan sehingga saat midnight sale Anda bisa langsung menuju ke lokasi barang yang akan dibeli. Hal ini akan mengurangi kemungkinan Anda untuk melihat dan tergoda barang
  • Tinggalkan prinsip “mumpung diskon”. Toh, tetap akan ada diskon di waktu yang lain dan, mungkin Anda memang sudah membutuhkannya di saat itu.
  • Bawalah uang cash secukupnya, sesuai dengan harga barang yang akan dibeli. Jika perlu tinggalkan kartu kredit dan kartu ATM Anda di rumah untuk menghindari godaan. Kecuali, jika Anda mengetahui dengan pasti, ada promo khusus dari kartu kredit Anda yang masih bisa digunakan saat sale.
  • Makanlah sebelum pergi berbelanja dan bawalah bekal makanan kecil dan minuman agar Anda tidak perlu jajan lagi saat di luar rumah. Anda pun bisa berhemat.
  • Janganlah pergi berbelanja saat sedang merasa sedih, marah, bingung, ataupun lapar. Kondisi tersebut cenderung membuat Anda melampiaskannya dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.
  • Pilihlah teman berbelanja yang tepat. Artinya, jangan pergi bersama teman yang “gila” belanja atau diskon karena justru akan memengaruhi Anda untuk berbelanja kompulsif. Jika perlu, berbelanjalah sendiri.
  • Selektif dalam memilih barang. Ingatlah, tujuan belanja barang diskon adalah untuk mendapatkan barang berkualitas bagus dengan harga murah. Periksa produk dengan teliti, jangan sampai Anda membeli barang yang telah cacat.

(Berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.