Seruput Khasiat dalam Secangkir Teh

0
Secangkir Teh

Seruni.id – Teh tidak hanya menawarkan kenikmatan pada peminumnya. Tetapi, juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Khasiat secangkir teh pun telah dikenal sejak ratusan tahun silam.

Seiring waktu, secangkir teh dinikmati bukan hanya untuk memperoleh manfaatnya. Melainkan, telah menjadi gaya hidup masyarakat kota. Kehangatan teh mampu meleburkan rasa lelah setelah beraktivitas seharian sekaligus menghangatkan suasana saat jamuan bersama kolega bisnis, rekan kerja, maupun keluarga.

Minuman yang berasal dari daun tanaman Camellia sinensis ini, tidak hanya mampu memberikan kehangatan bagi yang meminumnya. Melainkan, juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan senyawa polyphenol dalam teh bermanfaat sebagai antioksidan alami. Senyawa ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kulit dan mencegah penuaan.

Baca juga: Ini 6 Minuman yang Bisa Atasi Diabetes

Sebenarnya, khasiat dan manfaat pada secangkir teh ini sendiri tergantung pada jenisnya. Misalnya saja, Teh Putih yang terbuat dari tunas tanaman teh. Teh ini mengandung zat antioksidan paling tinggi yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini serta merawat kulit agar tetap elastis.

Lain halnya dengan Teh Rooibos, teh herbal dari Afrika Selatan yang dibuat dari semak-semak. Teh ini banyak mengandung tennin dan flavonoid yang baik untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sehingga bisa mengatasi  gejala kurang darah.

Lalu, Teh Oolong yang berasal dari Cina, mengandung senyawa antimikroba yang bisa mencegah timbulnya karies atau gigi berlubang. Konsumsi Teh Chamomile tanpa gula setiap hari berkhasiat menurunkan risiko komplikasi diabetes, seperti peningkatan tekanan darah yang memicu kerusakan syaraf dan gangguan penglihatan.

Manfaat komplit bisa Anda temukan pada Teh Hitam. Selain ampuh meredakan stres dan menurunkan kadar kolesterol, teh dengan nama lain Teh Cuppa ini juga sangat baik untuk kekuatan tulang karena kandungan mangan dan fluoride yang tinggi.

Untuk Anda yang sedang berdiet dan ingin menjaga tubuh agar tetap langsing, Teh Hijau adalah pilihan yang tepat. Teh Hijau mengandung senyawa yang bisa meluruhkan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi setiap hari secangkir teh hijau dapat meningkatkan metabolisme makanan dalam tubuh.

Di Jepang, Teh Hijau dicampur dengan butiran beras yang sudah dipanggang sehingga menimbulkan aroma teh yang sangat khas. Teh ini disebut Genmaicha. Jenis teh yang terakhir, yaitu Teh Peppermint, berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

(Berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.