Bolehkah Mengaplikasikan Skincare pada Area Mata?

  • Bagikan
Bolehkah Mengaplikasikan Skincare pada Area Mata?
soco.id

Seruni.id – Apakah boleh mengaplikasikan skincare apa area mata? Untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasannya sampai selesai, ya!

Bolehkah Mengaplikasikan Skincare pada Area Mata?
shiseido.co

Memakai skincare sudah menjadi kegiatan rutin para wanita. Tujuannya tak lain untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat. Biasanya skincare tidak hanya diaplikasikan pada pagi saja, tapi juga pada malam hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain rutin, pengaplikasian skincare pun harus merata.

Namun, berbicara tentang penggunaannya yang merata, apakah boleh mengaplikasikan skincare pada area mata? Mengingat area tersebut dilapisi dengan kulit yang tipis sehingga sangat riskan terjadi sesuatu pada area tersebut.

Bolehkah Mengaplikasikan Skincare pada Area Mata?

Bagi para wanita, khususnya yang menggunakan skincare. Perlu kalian ingat, bahwa area mata memiliki struktur kulit 10 kali lebih tipis dan lembut daripada kulit wajah. Maka dari itu, sangat dilarang untuk mengaplikasikan skincare pada area ini, ya. Sebab, produk yang baik untuk perawatan wajah belum tentu berdampak baik untuk kulit area mata. Tentunya kita juga sudah mengetahui, kalau mata merupakan organ yang sangat sensitif dan tidak boleh terkena benda asing sekecil apa pun.

Akibat Mengaplikasikan Skincare pada Area Mata

Jika selama ini kamu sering mengaplikasikan skincare pada area mata, kamu perlu menghentikannya sekarang juga. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kulit area mata itu sangat tipis. Apabila kelopak mata terlalu sering terkena skincare, maka kulitnya akan semakin menipis. Bahkan, pembuluh darah di sekitarnya akan semakin tampak. Tidak hanya itu, kelopak mata juga bisa iritasi atau luka karena semakin lama semakin menipis.

Kandungan Apa Saja yang Harus Dihindari Area Mata?

Sebelum menggunakan skincare, ada baiknya kamu memerhatikan kandungan di dalamnya. Sebab, ada sejumlah kandungan yang harus dihindari oleh area mata. Agar kamu lebih waspada, berikut beberapa kandungan yang dapat kamu hindari:

  • Clay mask: Hindarilah kandungan clay mask, karena hanya akan membuat area mata menjadi semakin kering dan mudah keriput.
  • Eksfoliator, AHA, BHA: Ketiga kandungan ini juga harus kamu hindari. Karena area mata yang sudah tipis bisa makin terkikis oleh kandungan yang bersifat eksfoliasi.
  • Produk dengan kandungan alkohol dan parfum: Kandungan ini dapat mengiritasi kulit di area mata dan membuatnya lebih kering.
  • Produk pelembap dengan kandungan minyak tinggi: Dapat menimbulkan munculnya milia.
  • Retinol: Kandungan ini bersifat terlalu keras untuk area mata, jika terkena mata maka bisa menyebabkan iritasi.
  • Salicylic Acid dan Benzoyl Peroxide: Biasanya kandungan ini digunakan untuk merawat wajah berjerawat. Dapat menimbulkan reaksi iritasi berbahaya apabila mengaplikasikannya pada area mata.

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Akibat Sering Gonta-ganti Skincare

Setelah membaca penjelasan di atas serta mengetahui kandungan apa saja yang tidak boleh kamu aplikasikan pada area mata, tentunya kamu jadi lebih waspada dong?

Maka dari itu, pastikan untuk merawat area mata dengan produk khusus eye treatment yang formulanya sudah terjamin aman untuk area mata. Dengan penggunaan produk khusus eye treatment, kamu juga dapat mengatasi masalah di area mata seperti keriput, mata panda, dan kantung mata, loh.

  • Bagikan
seruni.id