6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Program Dietmu!

  • Bagikan
6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Program Dietmu!
30second.com

Seruni.id – Camilan rendah kalori adalah pilihan tepat bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Namun, sayangnya orang-orang sering kali tergiur dengan camilan lezat yang mengandung kadar kalori tinggi sehingga menurunkan konsistensi dalam mempertahankan berat badan tetap ideal.

Ternyata ada loh camilan rendah kalori yang lezat dan bisa kamu jadikan sebagai menu untuk menemani program diet atau menjaga berat badan agar tidak naik. Apalagi jika dikombinasikan dengan aktivitas fisik yang baik, maka berat badan pun akan terjaga serta mengurangi risiko terserang penyakit. Camilan apa saja sih yang rendah kalori dan cocok untuk program diet? Berikut rangkumannya.

1. Apel dan Susu

6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Program Dietmu!
mymilk.com

Dalam satu buah apel berukuran sedang, hanya terdapat 92 kalori, bahkan lebih rendah dari kalori 100 gram beras. Kandungan air dan serat dalam satu buah apel cukup tinggi, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama walaupun mengonsumsi kalori yang sedikit. Kamu juga bisa menggabungkan apel dan susu tana lemak untuk camilan diet yang lezat dan mengenyangkan. Buah-buahan memang sangat cocok dikonsumsi saat diet, apalagi dengan susu tanpa lemak yang juga rendah kalori.

2. Buah Berry

6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Program Dietmu!
jenis.net

Ingin mengonsumsi camilan rendah kalori dan lemak? Kamu bisa mencoba makan berbagai jenis buah berry, seperti blueberry, raspberry, dan stroberi. Rata-rata buah berry hanya mengandung 58-60 kalori per 100 gramnya. Jadi, dapat dipastikan kalau buah berry bisa menjadi camilan rendah kalori dan aman untuk program dietmu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang beragam, yang paling populer yaitu dapat berfungsi sebagai sumber vitamin K.

Blueberry juga dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dalam darah, mengurangi risiko serangan jantung, dan meningkatkan fungsi arteri. Sementara itu, raspberry sering dipilih sebagai camilan sehat dan berfungsi sebagai sumber serat yang baik. Storberi juga menjadi jenis buah berry yang populer dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Stroberi menjadi salah satu sumber vitamin C dan baik untuk kesehatan jantung. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi smoothies.

3. Agar-agar

6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Program Dietmu!
kompas.com

Selain rasanya yang enak, ternyata agar-agar termasuk ke dalam camilan rendah kalori, loh. Sebab, di dalam agar-agar hanya mengandung 26,1 kalori per 100 gramnya. Camilan ini diperoleh dengan cara mengekstraksi rumput laut tau mikroalga.

Zat yang dieskstraksi berupa karagenan pada rumput laut merah dan alginat pada rumput laut cokelat yang berfungsi sebagai gelling-agent pada agar-agar. Selain itu, terdapat pula serat yang tinggi dan baik untuk sistem pencernaan. Hal ini akan membuat proses pencernaan berlangsung lama, sehingga dapat memperpanjang rasa kenyang, khususnya untuk kamu yang sedang melakukan program diet.

4. Nata De Coco

6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Program Dietmu!
klikdokter.com

Selain agar-agar, nata de coco juga termasuk camilan rendah kalori, loh. Hal ini karena komponen penyusun utamanya berupa air yang diikat oleh serat-serat selulosa dan sejatinya tidak bisa diserap oleh tubuh. Namun, tetap aman dikonsumsi.

Ketika kamu mengonsumsinya, yang masuk ke dalam tubuh hanyalah air, sedangkan seratnya dikeluarkan oleh tubuh, karena tubuh kita tidak memiliki enzim untuk memecah komponen selulosa. Perlu diingat bahwa hal ini bisa terjadi, jika kamu mengonsumsi nata de coco tanpa tambahan gula atau perasa. Kalau ditambah gula, tentu kalorinya akan meningkat.

5. Ubi Manis

6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Program Dietmu!
idntimes.com

Camilan rendah kalori yang berikutnya adalah ubi manis. Ubi dikenal sebagai makanan yang kaya akan karbohidrat dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dipanggang atau direbus sesuai dengan selera. Disebut sebagai camilan rendah kalori karena dalam 100 gramnya hanya mengandung sekitar 85 kalori saja.

Selain itu, ubi manis mengandung 24 gram karbohidrat, 4 gram serat, dan 2 gram protein. Camilan sehat yang satu ini juga mengandung vitamin B6, C, D, zat besi, magnesium, dan potasium. Untuk itu kamu bisa menikmati ubi manis di tengah jam makan malam atau seusai berolahraga agar bisa kembali mengisi tenaga yang terkuras.

6. Pisang Bakar

6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Program Dietmu!
popbela.com

Pisang merupakan jenis buah-buahan yang cocok dijadikan sebagai camilan saat sedang melakukan program diet. Buah ini juga mengandung potasium, yaitu elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh, yang dibutuhkan demi melindungi kesehatan jantung. Pisang juga mengandung vitamin B6, loh.

Vitamin tersebut berperan penting untuk membantu produksi sel darah merah, metabolisme karbohidrat, dan lemak menjadi energi, metabolisme asam amino, melenyapkan kimia berbahaya dari hati dan ginjal, serta mnejaga kesehatan sistem saraf. Jika kamu ingin mencoba varian lainnya dari makan pisang, maka cobalah untuk membuat camilan pisang bakar. Tentunya, kalori yang terdapat dalam pisang bakar akan lebih rendah dan tidak kalah enaknya dari pisang goreng. Kamu juga bisa menambahkan madu, saus karamel, atau sirup maple sebagai topping agar rasanya semakin gurih.

Baca Juga: 5 Jenis Penyakit Akibat Melakukan Diet yang Salah

Itulah camilan rendah kalori yang bisa kamu konsumsi untuk mendukung program penurunan berat badanmu. Semoga bermanfaat dan dietmu pun berhasil!

  • Bagikan
seruni.id