8 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

8 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Seruni.id – Hidung tersumbat merupakan sebuah kondisi yang sangat menganggu. Meski masalah kesehatan ini sangat umum dialami siapa saja. Namun, tak sedikit yang berpikir bahwa hidung tersumbat terjadi karena banyaknya cairan dalam rongga hidung.

8 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Padahal, kondisi ini terjadi karena ada pembuluh darah yang meradang pada area sinus. Alhasil, cairan pun jadi sulit keluar. Nah, untuk mengatasi masalah ini, Seruni punya beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan nih. Seperti apa, ya?

1. Madu

Bukan rahasia lagi, kalau madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sifatnya yang antimikroba, membuat cairan dengan rasa manis ini dapat membantu sistem imun tubuh lebih efisien melawan peradangan akibat hidung tersumbat ataupun pilek. Caranya bisa dnegan meminumnya secara langsung dengan takaran satu sendok makan pada pagi dan malam hari. Bagi kamu yang tidak terlalu suka madu, kamu bisa melarutkannya ke dalam minuman hangat seperti teh atau air lemon.

2. Menghirup Uap Air Panas

Ketika hidung tersumbat pada malam hari, tentu sangat tidak nyaman dan menganggu istirahat kita. Maka dari itu kita harus mengatasi sesegera mungkin agar tidur menjadi lebih nyaman. Cara yang paling mudah, aman, dan sering dilakukan adalah dengan menghirup uap air panas. Sebelum melakukannya pastikan kamu sudah merebus air hingga mendidih, kemudian tutup kepala dengan menggunakan handuk, lalu hirup uap dari air tersebut. Dengan melakukan metode ini, hidungmu yang tersumbat akan segera mereda.

3. Mandi Air Hangat

Cobalah mandi dengan air hangat untuk melegakan hidungmu yang tersumbat. Ketika mandi, pastikan air mengalir dari bagian atas kepala, ya. Hal ini agar pembuluh darah bagian kepala bisa lebih rileks. Dengan begitu, cairan dalam hidung pun akan keluar dengan sendirinya. Namun, sayangnya, efek ini sifatnya hanya sementara. Setelah kamu selesai mandi, kamu bisa merasakan hidung tersumbat kembali. Oleh karena itu, manfaatkan waktu mandimu untuk mengeluarkan cairan sebanyak mungkin.

4. Kompres Air Hangat

Jika merasa efek mandi air hangat hanya bertahan sementara waktu, kamu bisa mencoba cara lain, loh. Yakni dengan mengompres dahimu dengan handuk dan air hangat. Selain dapat meredakan hidung yang tersumbat, cara ini juga mampu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan akibat flu.

5. Minum Air Hangat

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu cara untuk meredakan hidung tersumbat. Meskipun air apapun mampu membantu, tapi mengonsumsi air hangat adalah cara yang efektif. Dengan selalu menjaga cairan tubuh, maka tekanan yang ada pada area sinus pun akan berkurang.

6. Gunakan Bawang Putih

Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, masih banyak yang belum tahu kalau bawang putih sangat efektif untuk mengatasi pilek. Menurut studi yang dimuat dalam Jurnal Clinical Nutrition tahun 2012, bawang putih mengandung vitamin C dan senyawa allicin, kandungan yang membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit dan mempercepat proses penyembuhan penyakitnya.

Agar bawang putih dapat bekerja lebih efektif, sebaiknya dikonsumsi secara mentah atau bisa mencampurkannya dengan makanan sehari-hari. Misalnya mencampurkan dengan sup ayam. Keduanya merupakan campuran yang tepat untuk redakan pilek, karena di dalam daging ayam juga terdapat zat bernama carnosine yang membantu kurang gejala pilek.

7. Pakai Minyak Kayu Putih

Sejak ratusan tahun lalu, minyak kayu putih dipercaya memiliki segudang manfaat yang luar biasa, terutama untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengurangi inflmasi pada bagian hidung. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes pada area hidung. Jika merasa tidak nyaman, kamu bisa meneteskannya pada air yang mendidih dan menghirup uapnya.

8. Gunakan Bantal Ekstra Saat Tidur

Hidung tersumbat terasa mengganggu terutama pada malam hari. Ini karena kelembapan udara turun secara drastis. Jika kamu kesulitan untuk tidur karena tidak bisa bernapas, tumpuklah dua bantal di bawah kepalamu. Cara ini bisa membantu mengeluarkan cairan di dalam hidung.

Baca Juga: 7 Cara Alami Agar Hidung Terlihat Mancung

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat dengan langkah yang cukup mudah. Jika metode yang telah Seruni sebutkan masih tidak bisa membantumu, maka terpaksa kamu harus minum obat. Namun, kenali terlebih dahulu penyebabnya, ya. Apakah karena flu atau alergi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.