6 Cara Bijak Agar Tidak Selalu Dimanfaatkan Orang Lain

  • Bagikan
6 Cara Bijak Agar Tidak Selalu Dimanfaatkan Orang Lain
media.suara.com

Seruni.id – Sering dimanfaatkan orang lain? Yuk ikuti cara bijak berikut berikut ini untuk menghentikan mereka agar tidak memanfaatkanmu lagi, yuk!

6 Cara Bijak Agar Tidak Selalu Dimanfaatkan Orang Lain
klikdokter.com

Sebagai manusia, tentu kita berharap bisa bermanfaat untuk orang lain, terlebih dalam hal pertemanan. Namun sayangnya, karena label pertemanan tersebut, sering kali kita mengorbankan keinginan dan kebutuhan diri sendiri demi mereka. Kadang kala, kondisi tersebut hanya membuatmu selalu dimanipulasi demi kepentingan mereka.

Tindakan ini tentu saja bukan hal yang menyenangkan. Padahal, setiap dari kita, perlu belajar untuk menghargai diri sendiri dan berhenti membiarkan orang lain mengambil rasa ketidakadilan. Untuk menghentikan hal tersebut, simak caranya berikut ini, ya.

1. Berhenti untuk Selalu Berkata “Iya”

Ketika seseorang membutuhkan pertolonganmu, mungkin karena awalnya kamu merasa tidak enak, maka kamu akan mudah mengatakan “Iya”, atas apa yang mereka minta. Tidak ada yang salah ketika kamu memutuskan untuk menolong orang lain. Namun, ketika permintaan tersebut sudah jauh dari batas dan cenderung merugikanmu, maka tak ada salahnya untuk menolak. Hal merupakan bentuk penyadaran bagi mereka, bahwa waktumu sangat berharga.

2. Melakukan Penilaian Diri yang Jujur Terhadap Situasi

Jika kamu sering dimanfaatkan orang lain, mungkin saja ini karena kamu adalah golongan orang yang suka menyenangkan orang lain. Padahal, dirimu pun harus menjadi lebih baik dan memiliki batasan. Jadi, cobalah untuk menghargai jadwal dan rencana sendiri, sama seperti kamu menghargai orang lain.

Cobalah untuk mulai melakukan penilaian yang jujur terhadap situai yang membuat dirimu merasa terancam, rendah diri, atau terintimidasi. Kalau kamu sudah membuat nilai tersebut, pastikan dapat menyelesaikan setiap masalah secara terpisah daripada merasa frustrasi dengan menolak orang lain.

3. Memberi Ketegasan dan Batasan Mulai dari Titik Awal

Kamu tentu merasa jengkel kan jika selalu dimanfaatkan orang lain? Mulai saat ini, cobalah tanamkan pada dirimu, bahwa dunia akan tetap baik-baik saja ketika kamu mengatakan “Tidak” pada orang lain. Sebab, kebahagiaan orang lain, bukanlah tanggung jawabmu. Jika kamu terus menerus mengatakan “Iya” padahal dalam hatimu “Tidak”, kemungkinan kamu akan frustrasi.

Lantas, bagaimana jika diri merasa terancam? Cobalah berikan perlawan. Dengan cara memberi tahu mereka melalui sebuah ketegasan dan batasan pribadi. Terapkan cara tersebut di titik awal, bagi siapa saja yang kerap kali membutuhkanmu secara keseluruhan. Sementara titik awal akan mengidentifikasi di mana kamu berdiri sekarang.

4. Menghargai dan Mengormati Diri Sendiri

Agar tidak selalu dimanfaatkan orang lain, maka cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghargai dirimu sendiri. Sebab, kamu tidak bertanggung jawab atas tindakan orang lain. Apalagi, sampai menyalahkan diri sendiri perihal yang mereka lakukan kepadamu.

Dengan membuang rasa bersalah, langkah tersebut dapat menjadi sebuah motivasi hidup sesuai prinsipmu dan menjadi bahan evaluasi diri. Bahkan, cenderung memperlakukan mereka secara adil dan baik.

5. Tidak Lagi Menyetujui Apa yang Orang Lain Inginkan

Hal yang kerap membuatmu dimanfaatkan orang lain adalah karena kamu selalu menyetujui apa yang mereka inginkan. Mulai sekarang, cobalah untuk mengambil langkah tegas. Salah satunya dengan memperkuat keyakinan bahwa kamu pantas untuk dihargai. Usahakan agar kamu dapat membangun benteng untuk membela dirimu sendiri.

Selain itu, tidak lagi menyutujui apa saja yang diperintahkan atau yang diinginkan mereka dari diri kamu. Sebab, ketundukan yang tidak diinginkan adalah sebuah perilaku dan tindakan manipulatif berbahaya. Jadi, berhentilah membiarkan mereka memanfaatkan diri kamu lagi.

6. Mulai Menjaga Jarak

Saat kamu merasa bahwa dirimu sering dimanfaatkan orang lain, maka sudah waktunya untuk menjaga jarak dan membangun lingkaran pertemanan yang lebih baik. Carilah lingkungan yang dapat mendukungmu. Kamu bisa mencari atau menjangkau sebuah komunitas dan membangun hubungan secara khusus. Terutama mengacu pada hobi dan tujuan yang sama seperti kamu.

Baca Juga: Jangan Berharap pada Orang Lain Tentang 5 Hal Ini!

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja cara bijak untuk menghentikan orang yang selalu memanfaatkanmu? Semoga bermanfaat, ya.

  • Bagikan
seruni.id