50 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Guru Nasional

  • Bagikan
50 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Guru Nasional yang Menyentuh Hati

┬ádan Seruni.id – Hari Guru Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November. Biasanya setiap sekolah akan merayakannya, sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa.

50 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Guru Nasional yang Menyentuh Hati

Sebab, mereka telah dan masih akan terus mencerdaskan anak bangsa, sehingga sudah sepatutnya diapresiasi satu tanggal yang khusus didedikasikan bagi mereka.

Sejarah Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional berkaitan erat dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang diawali oleh terbentuknya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. PGHB dibentuk unutk memperjuangkan nasib para anggotanya dengan latar pendidikan yang berbeda-beda. Seiring dengan berkembangnya organisasi guru, kemudian lambat laun munculah organisasi-organisasi guru lainnya.

Kemudian, pada tahun 1932, PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Saat itu, Indonesia masih dikuasai oleh Jepang, sehingga segala bentuk organisasi dilarang, sekolah ditutup, dan PGI pun terpaksa berhenti. Namun, titik terang mulai terlihat saat Indonesia berhasil menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pasca kemerdekaan, para tenaga pendidik Indonesia kemudian melahirkan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Kongres tersebut dihadiri oleh para guru serta pegawai pendidikan, hingga terbentuklah PGRI. Kemudian, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan hari lahir PGRI yakni 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahun.

Ucapan Selamat Hari Guru 2020

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperingati Hari Guru Nasional. Di antaranya adalah dengan menyampaikan ungkapan terbaik untuk para guru tercinta melalui kata-kata ucapan. Tanpa adanya guru, kita bukanlah siapa-siapa, dan mungkin kita tak bisa apa-apa. Untukmu yang ingin memberikan ucapan untuk guru, berikut ini Seruni telah merangkumnya.

Ucapan Hari Guru yang Bijak

1. “Selamat Hari Guru Nasional. Tetap dan selalu mendidik putra-putri Indonesia guna mencerdaskan kehidupan banga. Terima kasih guruku.”

2. “Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa.” – Ki Hajar Dewantara

3. “Setiap orang adalah guru. Setiap rumah adalah sekolah. Selamat Hari Guru Nasional.”

4. “Orang hebat bisa menghasilkan beberapa karya bermutu. Tapi, guru yang bermutu dapat menghasilkan ribuan orang hebat. Selamat Hari Guru.”

5. “Jangan pernah lelah menjadi pelita bagi negeri ini. Jadilah selalu patriot pahlawan bangsa. Terima kasih kepada seluruh guru di Indonesia atas jasamu yang mulia. Selamat Hari Guru Nasional.”

6. “Karena guru, kini banyak lahir generasi yang cerdas.”

7. “Selamat Hari Guru Nasional, kepada guru-guru di seluruh Indonesia. Tak henti kami mendoakan, mengisahkan, dan membanggakanmu.”

8. “Guruku, engkaulah Bapak dan Ibu kedua bagi kami, menjadi orangtua tatkala kami nakal, menjadi sahabat tatkala kami kebingungan, menjadi pelita saat kami kegelapan. Selamat Hari Guru Nasional Indonesia.”

9. “Selamat Hari Guru, aku bangga pernah menjadi murid dan siswamu.”

10. “Seorang guru menggandeng tangan, membuka pikiran, menyentuh hati, membentuk masa depan.” – Henry Adams

Kata-kata untuk Hari Guru yang Menyentuh Hati

11. “Jangan pernah lupa betapa pentingnya pekerjaanmu. Para pemuda bangsa Indonesia sedang mencarimu untuk bimbingan, pendidikan, serta pengajaran. Terima kasih atas semua kerja kerasmu. Selamat Hari Guru Nasional.”

12. “Engkau laksana lilin yang selalu menerangi setiap kegelapan, semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan. Selamat Hari Guru.”

13. “Guruku, engkau bagaikan penerang bagi kami. Bukan hanya cahaya lilin, tapi semua cahaya yang berhasil menyinari kegelapan dalam hidup kami. Cahaya itu tidak akan pernah redup, bahkan akan selalu hidup di dalam hati kami. Bagiku, engkau adalah keabadian dan cahaya itu akan selalu ada dalam setiap langkah menggapai asa.”

14. “Bukan harta yang harus diberikan untuk menghormati guru, bukan benda yang harus kita berikan agar hatinya senang. Namun, sikap dan penghormatan kita kepadanya yang bisa membuatnya senang.”

15. “Kau memberi asa, lalu kupatahkan. Kemudian, kau memberi kebahagiaan, namun aku menghiraukannya. Sebegitu besarkah kasihmu padaku? Aku baru sadar ketika aku mulai besar.”

16. “Tanpa banyak kata, tanpa banyak meminta, guru sejati mendedikasikan dirinya sepenuh hati untuk membimbing generasi muda lebih berguna.”

17. “Tak perlu dikenang, tak perlu dipuji, dan tak perlu dikagumi. Sebab, engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa.”

18. “Kepada seseorang yang telah meluangkan waktu untuk mendengarkan kekhawatiran saya, membimbing saya sepenuh hati menuju pengetahuan, dan meyakinkan saya di jalan hidup saya. Selamat Hari Guru Nasional.”

19. “Guru mengilhamiku untuk menemukan tujuan hidupku, dan membuatmu mampu menyadarinya.”

20. “Semata-mata untuk pengabdian. Tanpa tanda Jasa, tentu berlimpah Pahala. tempatmu adalah yang terindah. Selamat Hari Guru Nasional.”

Kata-kata Indah Hari Guru

21. “Tak ada pemberi yang lebih setiap, tiap akar ilmu yang dimiliki. Pelita maupun lampu segala bagi manusia sebelum menjadi samar.”

22. “Hampir setiap ilmu kau berikan untukku. Sungguh engkau adalah sosok pelita bagi kehidupan muridmu.”

23. “Hanya ucapan terima kasih yang dapat kuberikan atas jasa dan kerja keras Ibu dan Bapak guru. Semoga di hari guru ini, Bapak dan Ibu guru mendapatkan banyak keberkahan.”

24. “Mengajar berarti menyentuh kehidupan siswa-siswimu selamanya.”

25. “Orangtua kami memang telah memberikan kehidupan. Namun, Bapak dan Ibugurulah yang mengajarkan kami menjalani hidup.”

26. “Guru yang baik adalah guru yang tidak akan langsung memberikan jawaban. Namun, mereka akan memotivasi siswa untuk menemukan jawab sendiri.”

27. “Terima kasih karena telah menjadi guru yang tidak kenal lelah membimbing kami ke jalan hidup yang benar dan lebih baik.”

28. “Mungkin di mata orang lain, profesimu memang hanyalah seorang guru. Tapi, bagiku, engkau adalah pahlawan untuk kehidupanku selanjutnya.”

29. “Sosok terindah yang memberikan segala kasih sayangnya, setelah Ayah dan Ibu.”

30. “Selain Tuhan dan kedua orangtuaku, ternyata ada sosok yang selalu setia dan tulus terhadap diriku. Siapa lagi jika bukan engkau, wahai guruku tercinta. Hampi setiap ilmu kau berikan untukku. Sungguh kaulah sosok pelita dalam kehidupanku.”

Ucapan Selamat Hari Guru Singkat

31. “Selamat hari guru. Teruslah menjadi inspirasi bagi kami.”

32. “Guru yang tidak lelah memotivasi siswanya adalah guru yang terbaik.”

33. “Dalam satu waktu, guru mampu mengubah dunia.”

34. “Terima kasih atas semua benih ilmu dan kebijaksanaan yang telah engkau tanamkan kepadaku.”

35. “Guruku, terima kasih karena telah menjadi mentor teladan bagi siswa-siswimu.”

36. “Tidak ada satu pun yang dapat menggantikan sosok guru yang hebat.”

37. “Meski banyak guru di balik kesuksesan kami, tapi jasamu tidak akan pernah terlupakan.”

38. “Selamat hari guru. Pengetahuan yang telah engkau berikan tidak akan pernah ternilai.”

39. “Jika tidak ada engaku, kami tidak akan memiliki pengetahuan seperti saat ini. Kau ibaratkan pahlawan bagi kami.”

40. “Surat cinta ini kamu persembahan bagi Bapak dan Ibu guru tersayang.”

Ucapan Selamat Hari Guru yang Berkesan

41. “Selamat Hari Guru, terima kasih sudah mendampingi kami tumbuh.”

42. “Ibarat api, guru adalah penerang dan pembakar semangat belajar kami.”

43. “Meski engkau mendapatkan julukan pahlawan tanpa tanda jasa. Dan tanpa adanya jasamu, kami bukanlah siapa-siapa.”

44. “Kenangan mungkin bisa terhapus, tapi ilmu darimu akan terus melekat tak tergerus waktu.”

45. “Engkau bagaikan kompas penunjuk arah, engkau telah menuntun kami menyambut masa depan yang cerah.”

46. “Mengjar kami mungkin bukan hal mudah, tapi kau terus melakukannya tanpa pantang menyerah.”

47. “Selain orangtua, kini aku tahu sosok lain yang mendampingiku dengan tulus. Ialah guruku.”

48. “Investasi terbaik yang orangtuaku lakukan adalah mengirimku ke sekolah. Bertemu engkau yang tulu membimbing, membekali ilmu.”

49. “Pelajaran bisa berupa teori. Dan bentuk ilmu terbaik berwujud guru yang mengajar dengan hati.”

50. “Ilmu dari guru akan mengiringi langkahmu sampai kapan pun. Terima kasih pahlawan tanpa tanda jasa.”

Baca Juga: Akhlaq Siswa Terhadap Guru

Itulah kumpulan kata-kata Selamat Hari Guru Nasional. Lalu, kamu ingin memberikan ucapan seperti apa nih? Jika sudah menentukan, kamu bisa memberikan surat atau ucapan tersebut kepada mengajar atau gurumu. Nah, kalimat-kalimat berupa ucapan yang menyentuh hati bisa kamu jadikan referensi.

Setelah mendapatkan ucapan yang cocok, tulislah pada kertas atau media terbaik. Dengan adanya teknologi, kamu bisa mendesain ucapan dengan animasi atau foto guru sebagai latar belakang. Berkreasilah dan berikan yang terbaik untuk para pahlawan tanpa tanda jasa.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id