Jangan Berharap pada Orang Lain Tentang 5 Hal Ini!

  • Bagikan
Jangan Berharap pada Orang Lain Tentang 5 Hal Ini!
hipwee.com

Seruni.id – Pernahkah kamu merasa kecewa ketika berharap pada orang lain? Sering atau tidak, pasti kamu pernah merasakannya. Meskipun kamu sebenarnya sadar, bahwa berharap pada orang lain, biasanya hanya akan berujung pada kekecewaan.

Jangan Berharap pada Orang Lain Tentang 5 Hal Ini!
hipwee.com

Namun, seolah tak kapok, kamu masih terus melakukannya. Sadarlah, bahwa tidak semua bisa berjalan sesuai dengan keinginanmu dan itu adalah hal yang harus kamu terima. Dari sekian banyak kebiasaan yang membuatmu bergantung pada orang lain, sebaiknya tidak untuk lima hal ini, ya. Apa saja?

 

1. Mengerti Akan Isi Pikiranmu

Berharap pada orang lain agar bisa mengerti isi pikiranmu adalah hal yang mustahil. Jika ingin dimengerti, sebaiknya komunikasikan perasaanmu pada orang lain. Komunikasi adalah kunci utamanya. Sebab, jika kamu diam saja, tidak mungkin ada orang lain mengerti akan diamnya dirimu. Perlu kamu tahu nih, bahwa tidak ada orang yang mampu membaca pikiran, jadi jangan hanya menginginkan sesuatu dalam hati atau dengan memikirkannya.

 

2. Hasil yang Baru dari Orang dengan Kebiasaan Lama

Jangan berharap pada orang lain untuk memberikan hasil baru dengan kebiasaan lamanya. Jika diibaratkan, kamu sedang ingin mengubah sebuah sistem, tentunya kamu harus berada di dalam sistem tersebut, kan? Sama halnya ketika kamu mengandalkan orang dengan kebiasaan lama untuk mewjudukan sesuatu yang baru. Sebab, itu tidak akan pernah terjadi, karena kebiasaan bagaikan sebuah perangkap. Maka, jika kamu menginginkan pernubahan, adilah orang yang membuat satu langkah baru untuk berinovasi.

 

3. Berharap Mendapatkan Kebahagiaan

Berharap pada orang lain akan kebahagiaanmu, berarti kamu harus siap untuk kecewa. Sebab, menggantungkan kebahagiaan pada orang lain, tidak akan membuatmu benar-benar bahagia, justru membuat hidupmu dikendalikan olehnya. Perasaan atau pun kehidupanmu akan dimonitor dan diarahkan orang lain.

Kamu tak akan mendapatkan kesempatan untuk bisa bahagia sepenuhnya. Ini juga sama saja seperti kamu sedang menghancurkan dirimu sendiri. Jadi, ciptakanlah bahagiamu sendiri dan jangan bergantung pada siapapun. Dan yang terpenting dari itu adalah perluas lagi rasa syukurmu.

 

4. Jangan Berharap Semua Orang Bisa Menerima Karaktermu

Kamu tahu gak sih? Bahwa tidak semua orang cocok dengan karaktermu, begitupun sebaliknya, kamu juga belum tentu cocok dengan karakter yang dimiliki orang lain. Kamu tidak bisa menyukai semua karakter orang lain. Dan tentunya kamu akan lebih nyaman hanya dengan beberapa karakter, yang sesuai dengan kepribadianmu. Jadi, jangan menaruh hal tersebut menjadi sesuatu yang personal. Kebebasan orang lain untuk menyukai atau tidak menyukai dirimu. Kamu hanya perlu merasa nyaman dengan menjadi dirimu sendiri.

 

5. Jangan Berharap untuk Dimengerti Jika kamu Enggan Mengeri Orang Lain

Dalam hidup, ada yang namanya simbiosis mutualisme. Di mana, kita melakukan sesuatu hal yang saling menguntungkan satu sama lain. Tak terkecuali, rasa saling mengerti yang merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak. Setiap orang, memang meiliki kebutuhan untuk dimengerti, juga kewajiban untuk mengerti orang lain. Sehingga kamu tak bisa berjalan seorang diri untuk membentuk simbiosis ini. Pastikan kamu mendapatkan kebutuhan dan menjalankan kewajibanmu ya.

Baca Juga: Ini Keutamaan Berharap Hanya kepada Allah SWT

Dari sekian poin di atas, kita diharapkan untuk tidak berharap pada orang lain. Apalagi, jika berharap terlalu tinggi. Siap-siap saja kamu akan kecewa. Semoga dengan mengetahui lima hal di atas, kamu bisa lebih bijak lagi untuk memberikan porsi harapanmu pada orang lain.

  • Bagikan
seruni.id