Cara Facial di Rumah dengan Buah-buahan Agar Tampak Awet Muda

  • Bagikan
Cara Facial di Rumah dengan Buah-buahan Agar Tampak Awet Muda

Seruni.id – Padatnya aktivitas sehari-hari kerap membuat kita tak sempat melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Sehingga membuat kulit tampak kusam dan tak terawat. Padahal, sebenarnya kamu bisa loh melakukan facial di rumah. Dan perawatan wajah di rumah ini bisa dilakuan untuk semua jenis kulit, termasuk kamu yang memiliki masalah pada jerawat.

Cara Facial di Rumah dengan Buah-buahan Agar Tampak Awet Muda

Khusus untuk kulit yang berjerawat, Seruni menyarankan untuk melakukan facial di rumah dengan menggunakan buah-buahan. Seperti yang kita tahu, bahwa buah-buahan memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya sangat bermanfaat untuk kulit, sehingga kulitmu tampak bercahaya dan terhidrasi.

Buah juga merupakan bahan skincare alami yang menawarkan banyak kebaikan pada kulit, termasuk cara agar awet muda. Jika kamu ingin melakukan perawatan wajah di rumah dengan menggunakan buah, berikut caranya:

1. Mulailah dengan Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah hal utama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan facial di rumah. Mencuci muka bertujuan untuk membersikan seluruh minyak dan kotoran yang menempel. Kalau sebelumnya kamu menggunakan make up, maka sebaiknya bersihkan wajahmu dengan sabun pembersih make up, ya. Karena biasanya sisa make up tidak dapat diangkat hanya dengan mencuci muka saja.

Setelah itu, mulailah mencuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat yang masih suam-suam kuku. Pastikan kamu tidak menggunakan air panas, karena hanya akan merusak pembuluh darah di area wajah. Sedangkan, memakai air dingin dapat membuka pori-pori wajah. Selanjutnya, tuangkan sabun pembersih wajah secukupnya saja ke telapak tangan. Lalu, gunakan ke permukaan wajah sambil memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah, agar seluruh miyak dan kotoran dapat terangkat sempurna.

Langkah tersebut bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit serta meningkatkan aliran darah sehingga pori-pori wajah dapat terbuka dan dibersihkan. Dan terakhir bilas wajah menggunakan air hangat. Lalu, keringkan wajah dengan handuk berbahan lembut.

2. Siapkan Buah yang Akan Digunakan

Kalau kamu sudah membersihkan wajahmu dengan sempurna, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahannya. Apa saja sih bahan yang diperlukan? Hanya dua bahan saja kok, yakni buah stroberi dan satu sendok teh gula. Kamu perlu mencampurkan kedua bahan tersebut ke dalam satu wadah, kemudian haluskan.

Jika sudah, lakukan eksfolisi secara menyeluruh untuk menyingkirkan semua sel kulit mati dan kotoran yang mungkin menempel pada pori-pori. Mengapa harus memilih buah stroberi? Karena buah dengan rasa asam dan manis ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membersihkan wjah, sedangkan gula membantu penglupasan kulit dengan baik. Kabar bahagianya, buah ini juga bisa menunda proses penuaan, loh.

3. Lakukan Steaming Wajah

Cara facial di rumah yang berikut ini tidak hanya dapat mengeluarkan kotoran yang tersisa saja, loh. Namun, juga membuka pori-pori agar kebaikan dari proses masking berikutnya terserap secara menyeluruh. Untuk langkah ini, ambilah semangkuk air panas dan tambahkan 2-3 sendok teh lemon ke dalamnya. Gunakan handuk untuk menutupi kepalamu dan biarkan uap mengenai wajah selama 10 menit.

4. Lanjutkan dengan Masker Wajah

Setelah proses uap selesai, kemudian lanjut dengan menggunakan masker wajah. Nah, masker yang hendak digunakan sebaiknya terbuat dari bahan alami juga, ya. Di sini Seruni menyarankan kamu untuk memilih buah pisang dan madu untuk dijadikan masker. Mulailah dengan menghaluskan satu buah pisang dan campurkan dengan dua sendok teh madu, serta satu sendok teh jus jeruk.

Jika sudah, oleskan masker buah tersebut pada wajahmu dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Cuci bersih dengan air dingin. Pisang sangat bagus untuk melembapkan kulit dan bila dicampur dengan madu, kamu bisa membayangkan betapa terhidrasi kulitmu Jus jeruk, di sisi lain, adalah sumber vitamin C yang membantu kamu mendapatkan kilau glowing alami.

5. Terakhir, Gunakan Toner dan Pelmbap Wajah

Setelah melakukan serangkaian cara facial di rumah, sampailah pada tahap akhir perawatan wajah. Kamu bisa mengusapkan kapas yang sudah dibasahi toner wajah ke seluruh wajah. Toner dapat membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran di wajah, mengunci pori-pori wajah, serta menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Jika sudah menggunakan toner, kamu dapat mengoleskan pelembap ke wajah dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Selain melembapkan, pelembap dapat membantu menutrisi kulit, menghidrasi kulit, hingga mencegah kulit dari kerusakan. Agar kulit wajah benar-benar terawat, pastikan kamu menggunakan toner dan pelembap wajah sesuai dengan jenis kulit.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil

Hal yang Perlu Kamu Tahu Saat Melakukan Facial di Rumah

Meski cara tersebut aman dan mudah, kamu tetap harus memerhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Setelah melakuan facial, usahakan untuk tidak menggunakan make up. Biarkan wajahmu ‘bernapas’ selama beberapa saat.
  • Agar hasil memuaskan, lakukanlah facial di rumah seminggu sekali.
  • Ciptakan ruangan yang tenang dan kondusif. Cara ini efektif untuk meredakan stress dan memaskimalkan proses facial di rumah layaknya facial wajah di klinik kecantikan.
  • Jika kamu mengalami efek samping tertentu saat melakukan facial di rumah, sebaiknya segera bilas dan bersihkan wajahmu. Hal ini terutama apabila kamu menggunakan produk perawatan kulit wajah dari bahan-bahan alami.
  • Bagikan
seruni.id