Kapankah Waktu Terbaik Melakukan Swab Test Bagi Ibu Hamil?

  • Bagikan
Kapankah Waktu Terbaik Melakukan Swab Test Bagi Ibu Hamil?

Seruni.id – Covid-19 memang bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Oleh karena, itu ada baiknya untuk segera melakukan swab test bagi ibu hamil. Sebab, mereka sangat rentan tertular virus Corona. Bahkan, berdasarkan data, sebanyak 7,1 persen pasien Covid-19 di Indonesia adalah ibu hamil.

Kapankah Waktu Terbaik Melakukan Swab Test Bagi Ibu Hamil?

Melansir dari laman Popmama, menurut dr. Merwin Tjahjadi, SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RSPI – Bintaro Jaya, wanita yang sedang mengandung dan ternyata positif Covid-19 tanpa gejala, mereka bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun, harus tetap dalam pengasawan dokter.

Sedangkan, bagi yang memiliki gejala sedang hingga berat, maka harus melakukan isolasi dan perawatan di rumah sakit. Sebab, mereka memerlukan pemantauan secara intens dari beberapa dokter spesialis, agar kondisi ibu dan janin bisa segera pulih.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk melakukan swab test bagi ibu hamil? Bagi kalian yang sedang mengandung dan ingin melakukan swab test, berikut ini Seruni telah merangkumnya berdasarkan pemaparan dr. Merwin Tjahjadi:

1. Sebaiknya Lakukan Swab Test pada Minggu ke 38-39 Kehamilan

Bagi ibu hamil yang hendak melahirkan, sebaiknya lakukanlah swab test pada minggu 38 atau paling lama di minggu ke-39 jelang melahirkan. Dengan melakukan swab test di waktu yang tepat, nantinya akan lebih mudah diketahui saat proses persalinan tiba. Karena jika kamu melakukannya terlalu cepat dan masih jauh dari waktu melahirkan, maka kamu harus melakukan tes ulang, demi memastikan apakah terinfeski Covid-19 atau tidak.

“Namun, apabila setelah 7-10 hari tes, tidak kunjung melahirkan, maka harus dilakukan tes ulang untuk memastikan apakah ibu hamil tertular virus corona atau tidak,” ujar dr. Merwin.

2. Bukan Hanya Ibu Hamil, Pendamping Persalinan Juga Harus Melakukan Swab Test

Swab test tidak hanya berlaku pada ibu hamil yang hendak melahirkan saja, tapi pendampingnya pun harus melakukan swab, ya. Sebab, melahirkan di era new normal ini tak semudah pada waktu sebelum Covid-19 menyerang, maka pastikan pendampingmu saat persalinan nanti bebas dari virus corona. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan semua pihak yang terlibat dalam proses persalinan.

3. Memilih Tempat Persalinan yang Tepat di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini pun, selain melakukan swab test pada ibu hamil, kamu juga harus pintar-pintar memilih tempat persalinan yang tepat. Agar kamu dan bayimu pun merasa aman dan nyaman. Adapaun beberapa tips yang harus kamu lakukan, yakni sebagai berikut:

  • Prosedur yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang tepat
  • Memastikan kelengkapan tim dokter multi disiplin dan subspesialisasi
  • Maternity counsellor atau bidan yang dapat dihubungi setiap saat
  • Dilengkapi dengan fasilitas untuk kehamilan berisiko (NICU)

5. Dapatkah Melahirkan dengan Proses Pervaginam di Masa Pandemi ini?

Menurut pemaparan dari dr. Merwin, bagi ibu hamil yang tidak memiliki masalah atau risiko kehamilan apapun, bisa melahirkan secara pervaginam alias normal. Akan tetapi, tetap harus mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku. Prosedur yang harus dilakukan adalah:

  • Syarat pertama untuk melahirkan secara normal adalah sudah melakukan swab test, dengan hasil negatif.
  • Lebih awal menuju ke rumah sakit jika belum melakukan swab test saat sudah terjadi kontraski.
  • Tetap menerapkan protokol kesehatan di ruang bersalin.

Baca Juga: Tujuan dan Prosedur Penting Melakukan Swab Test Corona

Nah, itulah informasi mengenai waktu yang tepat untuk melakukan swab test bagi ibu hamil dan prosedur persalinan di masa new normal. Semoga informasi ini bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id