5 Cara Make Up, Mulai Dari yang Pemula Hingga Ala Korea

  • Bagikan
google.com

Seruni.id – Penampilan yang cantik dan menawan didukung oleh banyak hal, salah satunya adalah dengan menggunakan make up. Apalagi, di zaman sekarang ini, make up rasanya menjadi hal wajib yang harus dilakukan wanita. Bahkan, banyak dari mereka yang merasa kurang percaya diri saat tidak menggunakan make up. Tetapi masih banyak loh dari mereka yang belum bisa mengaplikasikan make up di wajahnya. Nah, gak usah khawatir, karena Seruni akan membagikan cara make up pemula hingga ala Korea, loh. Pastinya akan membuatmu semakin cantik dan percaya diri. Gak percaya? Ayo simak di bawah ini.

1. Cara Make Up Pemula

google.com

Tak sedikit wanita yang jarang sekali menggunakan make up, banyak faktor yang membuat mereka tidak berani bersolek. Salah satunya adalah tidak tahu cara make up yang benar. Dan ada pula yang berhias tidak sesuai dengan usianya sehingga menimbulkan kesan ‘tua’. Maka dari itu, simak ulasan di bawah ini mengenai cara make up bagi pemula.

Pelembab

Sebelum menggunakan make up secara keseluruhan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaplikasikan pelembab pada wajah secara merata. Sebab, pelembab ini sangat penting untuk menahan bahan make up lainnya yang akan dioleskan ke wajah. Selain itu, penggunaan pelembab juga bermanfaat agar foundation yang akan digunakan bisa menempel dengan baik di wajah. Nah, yang lebih luar biasanya lagi, make up pun akan bisa bertahan lebih lama, loh. Dan setelah menggunakan pelembab ini, alangkah lebih baik diaman terlebih dahulu ya, kurang lebih 30 detik sampai 1 menit.

Alas Bedak (Foundation)

Setelah mengaplikasikan pelembab, barulah selanjutkan mengaplikasikan alas bedak, atau lebih dikenal dengan foundation. Pilihlah foundation yang sesuai dengan warna kulit wajahmu hingga leher. Para beauty vlogger kini lebih banyak menyarankan untuk menggunakan foundation yang mirip dengan warna lehermu. Hal ini agar foundation bisa merata hingga bagian leher agar tidak berbeda antara warna kulit wajah dengan leher.

Pilihlah foundation yang cair dan oleskan pada wajahmu menggunakan spons atau beauty blender agar merata dengan baik. Dan ingat, gunakanlah foundation yang ringan atau tidak terlaly bedan, agar nantinya lebih mudah untuk di blend dan cepat merata di wajah.

Gunakan Bedak

Nah, agar foundation tidak mudah luntur, kamu harus menggunakan bedak untuk meratakan kembali base make up yang pertama di pakai. Untuk bedaknya sendiri, pilihlah bedak yang warnanya sesuai dengan kulit wajah. Bedak terdiri dari dua macam, ada yang padat dan ada pula bedak tabur yang cocok untuk kulit berminyak. Pakailah bedak secara tipis agar hasil riasanmu tidak terkesan berat.

Tips agar bedak dapat menempel dengan sempurna, lakukan dengan cara menepuk-nepuk spons pada kulit wajah, hindari penggunaan bedak dengan cara menyapu. Selain menggunakan spons dengan bedak bisa digunakan dengan kuas karena ini dapat memberi hasil bedak yang lebih ringan.

Blush On

Jika sudah mengaplikasikan tiga make up di atas, selanjutnya jangan lupa ya untuk menggunakan blush on. Manfaat blush on ini adalah agar wajahmu terlihat lebih berseri dan segar. Blush on sendiri memiliki warna yang beraneka ragam, mulai dari pink, peach, coral, orange, dan lainnya. Pemakaian blush on juga harus disesuaikan dengan warna kulit wajah.

Cara menggunakan blush ini pun sangat mudah, kamu hanya tinggal menyapukan secara diagonal dari pipi hingga tulang pipi atau dekat telinga. Gunakanlah blush on secara tipis agar terlihat merona alami. Namun, bagi kamu yang tidak bisa menggunakan blush on yang berbentuk powder, kamu bisa menggunakan blush on cream, loh.

Gunakan Pensil Alis

Pakai blush on sudah, rasanya kurang lengkap deh jika make up tidak menggunakan pensil alis. Nah, diketahui, sebagian wanita sangat mengutamakan alis daripada hal lainnya, loh. Sebab, menurut mereka alis adalah bagian penting dalam merias wajah, karena alis adalah salah satu bagian terpenting dalam membingkai wajah.

Cara mudah dalam membingkai alis ini adalah dengan menggunakan pensil alis, gambarlah alis mengikuti alis asli kamu, namun jika kamu sudah mahir kamu bisa membentuk garis alis kamu sesuai dengan yang kamu inginkan. Tapi, sebelum kamu menggunakan pensil alis, sisirlah alismu terlebih dahulu, lalu arsir mengikuti bentuk dan arah tumbuh alis dan setelah itu sisirlah kembali agar merata dan tidak ada yang menggumpal.

Gunakan Eyeshadow dengan Warna Natural

Bagi kamu yang masih pemula dan hal ber-make up, dan takut untuk menggunakan ayeshadow. Gunakan lah eyeshadow secara tipis dengan menggunakan warna natural seperti coklat muda, krem, peach atau pink di seluruh kelopak mata. Bagi kamu yang baru belajar make up, menggunakan satu warna pun sudah cukup asal meratakannya dengan baik dan tidak terlalu tebal. Pilihlah warna eyeshadow satu atau dua tone lebih tua dari warna kulit kamu.

Maskara

Bulu mata dipercaya dapat membuat wajah kamu terlihat lebih mempesona. Namun, sebelum menggunakan maskara, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menjepitnya, ya. Lalu, baru deh aplikasikan maskara dengan gerakan zig zag agar hasilnya lebih lentik dan tidak ada maskara yang menggumpal. Gunakan pada bulu mata atas dan bawah. Dengan kamu menggunakan maskara, serbuk-serbuk bekas bedak dan eyeshadow yang menempel di bulu mata akan hilang dan membuat bulu mata kamu lebih hitam dan lentik.

Lipstik Berwarna Natural

Langkah terakhir untuk melengkapi penampilan kamu adalah penggunaan lipstick, lipstick menjadi salah satu produk kecantikan yang paling banyak dibeli oleh wanita, karena lipstick sendiri memiliki banyak varian. Setiap wanita tentu ingin mengoleksi warna-warna yang mereka sukai. Bagi kamu yang pemula, gunakanlah lipstick dengan model klasik atau model stick karena kamu dapat dengan mudah memulaskannya. Pilihlah warna lipstick yang natural untuk menambah kesan cantik kamu seperti warna peach, merah muda, nude. Lipstick ini mampu membuat wajah kamu semakin berseri, segar, dan tidak pucat.

2. Cara Make Up Sederhana

idntimes.com

Wanita merasa bahwa make up adalah hal yang mereka butuhkan untuk menunjang penampilan. Namun, ada pun sebaliknya, sebagian wanita juga merasa make up bukan lah hal penting dikarenakan beragam alasan. Seperti terlihat menor, ribert, tampak lebih tua atau karena sering di rumah menjadikan mereka tidak membutuhkannya. Hal ini sering kali dirasakan oleh para pemula, karena belum mengetahui cara make up yang benar dan akhirnya menyerah begitu saja. Tapi dengan mengikuti cara make up sederhana berikut ini, kamu tidak perlu lagi takut terlihat menor pun tua, loh.

Mencuci Wajah

Bersihkanlah wajahmu terlebih dahulu dengan menggunakan sabun pembersih. Atau bisa dengan menggunakan susu pembersih dan toner agar kotoran yang menempel pada wajah menghilang sehingga nantinya tidak akan menimbulkan jerawat atau muka menjadi kusam karena kulit kotor yang tertimbun make up.

Gunakan Pelembab

Setelah selesi membersihkan wajah, selanjutnya gunakanlah pelembaba atau moisturizer dengan menyesuaikan jenis kulit kamu. Barulah setelah itu, lapiskan pelembab menggunakan foundation atau alas bedak dengan menyesuaikan warna kulit. Karena pemilihan foundation yang salah akan membuat warna kulit terlihat lebih kusam. Tutupi noda bekas jerawat, flek hitam, serta bagian yang cenderung lebih gelap dari warna kulit dengan menggunakan concelear. Untuk kamu yang tidak mau ribet, sebenarnya menggunakan BB cream saja sudah cukup.

Menggambar Alis

Langkah selanjutnya yaitu menggambar alis, salah satu part dalam ber-make up yang tidak boleh kamu lupakan. Gambarlah alis dengan mengikuti bentuk alismu. Buatlah bingkai terlebih dahulu kemudian isi bagian dalam. Jangan mengasir terlalu tebal, asirlah tipis-tipis dan gunakan sikat alis untuk meratakannya. Buatlah gradasi pada bagian pangkal alis untuk menciptakan riasan alis natural.

Penggunaan Riasan Mata

Menggunakan eyeliner juga tidak boleh ketinggalan nih, bagi kamu yang belum bisa menggunakannya, Seruni akan kasih tahu bagaimana cara yang baik dan benar. Yaitu dengan menarik mata ke belakang kemudian buat bingkai menggunakan eyeliner. Untuk menggunakan maskara, maka carilah maskara waterproof dan jepit bulu mata terlebih dahulu sebelum menggunakan maskara. Kemudian, barulah sapukan eyeshadow dengan warna soft seperti nude dan caramel.

Blush On

Untuk kulit putih pilihlah warna pink atau peach untuk mengaplikasikan blush pada area pipi. Sedangkan pada kulit sawo matang sebaiknya memakai warna dusty rose. Agar wajah tampak lebih bercahaya sapukan juga bronzer di area dahi, pipi, dan hidung.

Lipstick dengan Warna Soft

Rasanya kurang fresh bila bibir belum terpoles lipstik. Jadi agar bibirmu tampak natural dan fresh, pilihlah warna soft atau nude. Oleskan di area dalam kemudian ratakan ke area luar untuk memberikan kesan smooth.

3. Cara Make Up Ala Korea

stylo.grid.id

Cara make up Korea saati ini sedang menjadi trend dikalangan anak muda. Penampilan artis Korea yang fresh namun tidak berlebihan dengan make up yang sangat khas ini membuat banyak orang ingin mencobanya. Salah satu ciri khas make up Korea adalah natural dan tidak berlebihan. Make up ini pun sangat cocok diaplikasikan pada wajah Asia. Karena pengaplikasiannya ringan, tipe make up seperti ini pun banyak disukai orang dan cocok digunakan sehari-hari. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak di bawah ini.

Gunakan Moisturizer

Sebelum merias wajah dengan tampilan ala Korea, sebaiknya lakukan perawatan wajah terlebih dahulu, ya. Biasanya, selain memakai pelembab, orang Korea juga rajin mengaplikasikan toner dan serum sebelum ber-make up agar kulit wajah tetap terjaga kesehatannya. Gunakan mouisturizer yang sesuai dengan tipe wajahmu agar makeup bisa terlihat sempurna saat diaplikasikan. Kulit yang glowing dan tampak sehat menjadi salah satu trik cara makeup ala korea.

Mengaplikasikan BB Cream atau BB Cushion

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan BB Cream ke seluruh bagian wajah. BB Cream ini merupakan pilihan base makeup yang paling tepat untuk natural look karena ringan dan dapat memberikan coverage yang baik. Kamu bisa mengaplikasikan BB Cream ke seluruh wajah, area mata, dan leher, lalu meratakannya dengan beauty sponge atau blender. Selain BB Cream, kamu juga bisa menggunakan BB Cushion.

Cushion sebenarnya sama seperti foundation namun ditempatkan pada wadah seperti bedak dengan spons yang mampu mengeluarkan cairan foundation. Cushion bisa dipilih karena lebih ringan dan didesain untuk look yang dewy atau glowing. Berbeda dengan makeup ala Amerika, dandanan Korea tampak lebih halus dan natural sehingga jarang menampilkan shading yang tebal. Oleh sebab itu hindari contouring.

Mengaplikasikan Concealer

Jika kamu merasa noda hitam di wajahmu belum tertutup dengan BB Cream, jangan ragu untuk menggunakan concealer. Cara mengaplikasikannya mudah kok, kamu bisa mengoleskan concealer pada sponge dan kemudian menepuk-nepukkannya secara halus pada daerah wajah yang diinginkan. Dengan cara ini concealermu bisa blend dengan baik dan memberikan coverage yang sempurna.

Set Make Up dengan Bedak

Apabila keseluruhan kulit wajahmu telah tercover dengan sempurna, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menggunakan bedak. Untuk menggunakan bedak, pilihlah loose powder. Sebab, untuk natural lokk, loose powder ini sangat direkomendasikan karena memiliki tekstur yang ringan. Selain itu, bedak tabur juga dapat membuat makeupmu jauh lebih tahan lama.

Aplikasikan bedak ke seluruh area wajah kecuali pipi untuk memberikan hasil dewy finish yang fresh. Setelah itu lalu bubuhkan highlighter bubuk pada tulang pipi, dagu dan area sekitar bawah mata. Untuk meraih efek dewy, semprotkan facial mist setelah seluruh makeup selesai diaplikasikan lalu biarkan meresap secara natural.

Alis yang Natural

Selanjutnya beralih ke daerah mata, salah yang menjadi cirri khas make up Korea adalah terletak pada alis matanya. Alis Korea terkenal dengan bentuknya yang lurus dan warna natural. Kamu bisa merapikan bulu alis dengan brush. Lalu, gunakan pensil alis untuk menggambar dan mengisi alis. Pastikan untuk menggunakan pensil alis yang warnanya tidak pekat. Selain itu ketika menggambar alis, pastikan kamu mengikuti garis natural alismu agar hasilnya bisa terlihat natural. Setelah selesai, kamu bisa menyikat kembali alis dengan brush untuk meratakan pensil alis.

Gunakan Eyeshadow dengan Warna Natural

Untuk membuat tampilan mata lebih terlihat segar. Maka selanjutnya kamu harus mengaplikasikan eyeshadow, namun dengan warna yang natural. Kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow dengan jari dan ratakan eyeshadow pada bagian kelopak, bawah mata, dan bagian ujung mata. Untuk bagian ujung mata, aplikasikan eyeshadow dari arah luar ke dalam.

Jangan Lupa Gunakan Eyeliner

Jangan lupa juga untuk aplikasikan eyeliner pada garis mata, ya. Eyeliner ala Korea juga berbeda karena dibuat tidak berlebihan. Cukup aplikasikan eyeliner tipis di dekat garis mata kelopak. Caranya, buat garis eyeliner tipis sedekat mungkin dengan akar bulu mata. Daripada memakai warna hitam kamu bisa menggunakan eyeliner pensil berwarna cokelat agar warnanya terlihat lebih natural. Eyeliner tidak perlu dibuat cat eye ya.

Maskara

Selain alis, bulu mata juga perlu mendapat perhatian saat sedang menerapkan cara make up ala korea lho. Cara make up ala korea pada area ini adalah jepit bulu mata dengan curler lalu aplikasikan mascara setelahnya.

Blush On

Make up Korea sangat anti dengan Heavy Contouring karena dianggap dapat membuat wajah terlihat tua. Oleh sebab itu, dibandingkan blush on pink, cara make up ala Korea lebih menggunakan blush on berwarna orange atau peach. Penggunaan blush on warna ini bisa memberi tampilan kulit wajah yang tampak lebih segar.

Aplikasikan Lip Tint

Langkah terakhir cara makeup ala Korea adalah mengaplikasikan lip tint sebagai perona bibir. Penggunaan lipstik pada makeup korea tampak berbeda karena membuat warnanya menjadi gradasi. Gunakan dua warna lipstik yaitu warna kulit dan warna terang. Basuhkan warna kulit di pinggiran bibir lalu warna terang ke bagian dalam bibir.

4. Cara Make Up Ala India

medium.com

Demam serial drama bollywood merambah ke dunia kecantikan. Akhirnya, make up ala India pun menjadi salah satu alternatif tampil cantik layaknya wanita-wanita India. Bagaimana tidak, artis tersebut selalu dilihat oleh pemirsa (masyarakat) melalui layar kaca memiliki tampilan yang begitu cantik, mewah dan penuh pesona. Artis-artis india selalu tampak cantik dan cantiknya terlihat alami. Tentu semuanya tak lepas dari yang namanya make up.

Seni merias atau make up artis merupakan ritual budaya yang memiliki kekhasan tersendiri. Coba kamu perhatikan, kebiasaan makeup orang Asia akan berbeda dengan tata rias orang barat. Hal tersebut juga menjadi dasar perbedaan trend makeup. Oke untuk itu langsung saja berikut hal yang musti kamu lakukan untuk tampil cantik dengan make up ala india yang mudah dan simple.

Bersihkan Wajah

Langkah awal yang harus dilakukan dalam proses ber-make up yaitu membersihkan wajah. Selanjutnya barulah berikan pelembab untuk menutrisi kulit wajah kamu. Buat wajah kamu dalam keadaan siap dengan menggunakan make up primer agar riasanmu mampu bertahan lama.

Aplikasikan Foundation

Aplikasikan foundation ke seluruh bagian wajamu secara merata. Untuk bagian wajah yang terlihat lelah, seperti di bawah mata dan hidung, gunakanlah lebih banyak foundation. Jika perlu, supaya lebih maksimal kamu juga dapat menambahnya dengan concealer untuk menutupi kantung mata atau untuk menutupi bekas jerawat.

Gunakan Blush On

Gunakanlah blush on berwarna merah terang pada bagian tulang pipi kamu. Warna ini memberikan kesan merona dan glamor, serta sebagai penyeimbang riasan mata.

Gunakan Eyeshadow

Sebelum kamu mengaplikasikan eyeshadow pastikan kamu menggunakan eyeshadow based (pelapis dasar eyeshadow) agar hasil polesan eyeshadow mu tidak pecah dan warna eyeshadow terlihat lebih melekat. Kamu dapat memulai dengan warna yang lebih terang pada bagian pelipis. Kemudian gunakan warna coklat di sisi lainnya. Pada bagian tengah campurkan dua warna ini dengan eyeshadow warna emas untuk memberikan kesan glamor.

Pakai Eyeliner

Kamu dapat menggunakan matte black liquid eyeliner. Eyeliner cair dapat dengan mudah menyatu dengan pigmen kulit, sehingga sorot mata kamu akan telihat tajam secara natural. Gunakan pensil eyeliner untuk membentuk sayap pada bagian ujung eyeliner kamu. Aplikasikan maskara pada bagian bawah bulu mata sebagai sentuhan akhir.

Ciri dari make up ala Inda adalah menonjolkan riasan mata. Hal ini akan makin maksimal dengan pengaplikasikan eyeliner warna nude atau putih pada bawah mata. Untuk memberikan kesan dramatis, kamu juga dapat memberikan polesan maskara pada bulu mata di bagian bawah.

Gunakan Lipstik

Lipstik merupakan sentuhan terakhir untuk makeup ala artis india. Pemilihan lipstik menjadi faktor paling penting dalam hasil akhir make up kamu. Pilihlah bold matte red lipstick. Lipstik ini mampu memberikan penampilan yang berkarakter dan warna merah membuat riasan kamu terlihat lebih glamor bak artis India.

5. Cara Make Up Ala Princess Jasmine

google.com

Kamu adalah salah satu penggemar Princess Jasmine? Ada kabar baik nih untuk kamu. Kini kamu sudah bisa berdandan layaknya sang putri, loh. Pastinya dengan cara yang mudah banget. Berikut caranya.

Foundation and Contouring

Pertama-tama, jangan lupa untuk menggunakan foundation terlebih dahulu, ya. Pastikan foundation yang akan kamu gunakan sesuai dengan warna kulit. Lalu, gunakan teknik contouring untuk memperjelas struktur tulang wajahmu. Jangan lupa lakukan contouring pada tulang pipi dan hidung dengan shimmery bronzer.

Eyeshadow

Menggunakan eyeshadow berwarna putih di bagian ujung dalam mata dan bagian bawah alis kamu akan membuat mata kamu tampak lebih besar, ciri khas putri Disney. Lalu tambahkan eyeshadow warna coklat dan ungu untuk menciptakan efek smokey eye.

Eyeliner

Gunakan eyeliner warna hitam pada bagian bawah garis mata kamu, lalu gunakan juga untuk membuat winged cat eye pada bagian atas garis mata Anda.

Glitter

Tambahkan sedikit glitter pada kelopak mata atas dan ujung bawah mata kamu agar tampak lebih bercahaya.

Bulu Mata

Sebelum mengaplikasikan maskara, sebaiknya gunakan penjepit bulu mata untuk membuat bulu mata kamu lentik, tambahkan maskara, lalu gunakan bulu mata pasangan yang tebal dan panjang, agar mata kamu tampak besar seperti mata Jasmine.

Alis

Gunakan pensil alis coklat untuk membentuk dan merapikan alis kamu.

Blush

Jangan lupa tambahkan blush on pink ala princess pada tulang pipi Anda.

Lipstik

Gunakan warna merah maroon pada garis bibir kamu, lalu warna nude pada bagian dalam bibir kamu. Nah, setelah itu, kamu tinggal menyesuaikan tatanan rambut serta kostum agar tampak semakin mirip dengan Princess Jasmine.

Itulah beberapa cara make up yang bisa kamu terapkan. Kini, dengan make up, wajah cerah dan natural akan siap menyertai kamu dalam aktivitas sehari-sehari. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id