Urutan Memakai Make Up yang Benar untuk Para Pemula

Urutan Memakai Make Up yang Benar untuk Para Pemula
google.com

Seruni.id – Merias wajah agar terlihat cantik, harus dilakukan sesuai dengan urutannya. Namun terkadang, banyak dari kita yang bingung ketika bermakeup, misalnya harus pakai concelar atau foundation dulu nih? Inilah pertanyaan yang kerap muncul pada wanita. Nah, maka dari itu kamu harus tahu nih bagaimana urutan memakai make up yang tepat. Terutama bagi kamu yang masih pemula dalam urusan merias wajah. Berikut ini  urutan make up lengkap untuk kalian para wanita.

Urutan Memakai Make Up yang Benar untuk Para Pemula
google.com

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Langkah awal sebelum mengaplikasikan make up, yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah. Ini penting sekali dilakukan, agar wajah senantiasa bersih sebelum merias wajah. Tentunya kalian gak mau kan, ada banyak kuman yang menempel di wajah karena tertutup oleh make up? Untuk membersihkannya, kamu bisa memakai facial foam dan toner.

2. Gunakan Pelembab atau Skincare

Urutan memakai make up yang kedua setelah membersihkan wajah, yakni harus mengaplikasikan pelembab atau skincare. Ini juga menjadi tahapan yang cukup penting, loh. Sebab, kedua jenis ini akan membuat kulit menjadi lebih siap ketika di make up. Sehingga meskipun wajahmu tertutupi make up, namun kulitmu akan tetap terawat.

Memakai skincare pun harus ada tahapannya, ya. Yang pertama aplikasikan toner, lotion, eye cream, serum, dan moisturizer. Tahapan ini bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu. Nah, untuk urutan make up yang benar untuk kulit berminyak, harus memakai pelembab oil-free sehingga tidak akan membuat kulit terlihat semakin berminyak.

3. Mengaplikasikan Concelear

Setelah tahapan kedua selesai, urutan memakai make up glowing yang selanjuta adalah dengan mengaplikasikan concelear dan corrector. Aplikasikan kedua make up ini pada bagian wajah yang terlihat lebih gelap. Gunakan concelear untuk menutupi kekurangan kulitmu dan membuatnya terlihat lebih cerah.

Sebelum menggunakan concelear pada bagian bawah mata, kamu juga bisa menggunakan corrector berwanra oranye terlebih dahulu agar setelah mengaplikasikan concelear pada bagian bawah mata tidak menjadi abu-abu. Sedangkan, untuk noda kemerahan pada wajah, bisa juga disiasati dengan menggunakan corrector berwarna hijau terlebih dahulu baru setelahnya aplikasikan concelear.

4. Foundation (Alas Bedak) atau BB Cream

Urutan yang keempat adalah penggunaan foundation atas alas bedak. Pilihlah salah satu jenis dari produk yang memang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu ingin make up yang lebih berat dan tahan lama maka gunakanlah foundation. Namun, jika menginginkan tampilan yang lebih ringan, apalagi make up untuk dipakai sehari-hari, maka pilihlah BB cream. Pastikan jangan sampai salah memilih warna, ya, karena ini dapat mempengaruhi tampilan make upmu di akhir. Sebaiknya pilihlah warna yang memang sesuai dengan warna kulitmu.

5. Bedak

Bedak memiliki dua versi yang berbeda. Ada yang bubuk dan juga padat. Kamu bisa memilih salah satu diantara keduanya sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, jika jenis kulitmu berminyak, sangat disarankan untuk memilih bedak tabur atau bubuk saja, ya. Karena bedak tabur mampu menahan minyak di wajahmu. Sedangkan untuk kamu pemiliki wajah kering atau normal, sebaiknya tidak menggunakan bedak terlalu banyak, agar hasil akhir make upmu terlihat glowing.

6. Aplikasikan Blush On

Agar tampilan wajah semakin fresh, jangan lupa mengaplikasikan blush on setelah bedak, ya. Cara tepat untuk mengaplikasikannya yakni dengan cara mengerutkan mulut seperti pose duck face (muka bebek). Kemudian, tarik garis lurus pada tulang pipi untuk memberikan shade yang lebih natural. Kamu bisa memilih warna pink atau brown yang natural. Penggunaan blush on ini juga bisa memberikan ilusi agar pipi lebih terlihat tirus.

7. Menggambar Alis

Beberapa wanita tak lupa untuk menggunakan pensil alis demi memperjelas bentuk alisnya. Namun, banyak pula yang hanya menyisir alis mereka dan membiarkannya natural. Pilihan kembali lagi kepadamu, kamu bebas menentukan ingin menggembar alis atau tidak. Jika kamu ingin sedikit memberikan warna, bisa kok ambil sedikit eyeshadow warna natural dan aplikasikan pada alis.

8. Memakai Eyeshadow

Urutan memakai make up kedelapan adalah merias bagian kelopak mata. Riasan yang satu ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kamu ingin terlihat lebih heboh maka kamu bisa bermain dengan beberapa warna. Namun jika ingin penampilan yang santai dan casual, maka gunakan hanya satu warna saja dan pilihlah warna-warna nude.

9. Mengaplikasikan Eyeliner

Setelah selesai memakai eyeshadow, selanjutnya kamu bisa menggunakan eyeliner, jika ingin. Tapi sebaiknya, jangan menggunakan eyeliner terlalu tebal, karena justru akan membuat tampilanmu terlihat menyeramkan. Aplikasikan eyeliner pada bagian garis mata serapih mungkin. Dengan begitu, tampilan matamu akan terlihat lebih besar dan tajam. Jangan lupa gunakan maskara agar bulu mata terlihat lebih tebal dan lentik.

10. Lipstik

Dan urutan memakai make up yang terakhir adalah memakai lipstik. Ini menjadi poin yang akan menentukan sukses tidaknya make upmu. Sebab, lebih dari 80% wanita di dunia merasa lebih menarik dan percaya diri setelah menggunakan lipstik. Bahkan, 90% diantaranya memilih menggunakan lipstik setiap hari, loh. Sebelum memakai lipstik, jangan lupa pilih lipstik yang berkualitas, ya. Agar kecantikanmu selalu terpancar setiap hari.

Baca Juga: 5 Cara Make Up, Mulai Dari yang Pemula Hingga Ala Korea

Demikianlah urutan make up yang benar yang dapat kamu coba. Urutan make up ini bisa dijadikan sebagai patokan ketika ingin mengaplikasikan make up glowing, make up untuk kulit berminyak, hingga make up sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.