10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

  • Bagikan
10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat
wolipop.detik.com

Seruni.id – Bosan dengan rambut pendek dan ingin mencoba memanjangkannya? Lihat cara memajangkan rambut dengan cepat yang akan Seruni rangkum pada artikel berikut ini, yuk!

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat
indozone.id

Bagi sebagian orang, memanjangkan rambut adalah hal yang sulit. Bahkan, butuh waktu bertahun-tahun. Di samping hal tersebut, perawatan ekstra pun harus dilakukan. Mulai dari mencuci rambut secara rutin hingga melakukan perawatan ke salon. Padahal, ada loh cara memanjangkan rambut dengan cepat, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama. Selain panjang, rambut pun akan tumbuh dengan lembut dan berkilau. Bagaimana ya caranya?

1. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Menutrisi dan Bebas Sulfat

Selama ini kita menganggap bahwa produk perawatan rambut yang menghasilkan banyak busa akan membersihkan rambut secara maksimal. Namun ternyata, kandungan sulfat yang memperbanyak busa itu, hanya dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan tipis, loh.

Selain itu, kondisi lainnya yang akan kamu rasakan adalah rambut menjadi lebih kasar dan bercabang. Bahkan, batang rambut menjadi lebih rapuh sehingga menyebabkan kerontokan yang berlebih. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, dan masker yang bebas dari kandungan sulfat, ya. Ini merupakan salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat.

2. Mengonsumsi Vitamin dan Suplemen Khusus

Mencuci dan menggunakan kondisioner tidaklah cukup untuk memanjangkan rambut secara cepat. Karena hal ini juga harus dibarengi dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen khusus. Bisa mengonsumsi vitamin D, B, atau E, yang mampu membantu pertumbuhan rambut secara maksimal.

Kalau kamu kekurangan vitamin D, maka rambut akan mudah rontok. Hal ini dikarenakan vitamin D mampu menstimulasi folikel rambut baru agar lebih cepat tumbuh. Begitupun dengan vitamin B yang dapat menguatkan dan menjaga kondisi rambut. Tak harus mengonsumsi langsung, kamu boleh kok mencari produk vitamin rambut yang hanya cukup diaplikasikan ke rambut.

3. Perbanyak Konsumsi Protein

Selain vitamin, protein juga memiliki peran penting dalam upaya memanjangkan rambut, loh. Maka dari itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, agar folikel rambut mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan. Bukan hanya mempercepat, makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan dan daging, juga akan menjaga rambut tetap sehat dan tidak mudah rusak.

4. Melakukan Pijatan pada Kulit Kepala

Cara memanjangkan rambut secara cepat berikutnya adalah dengan melakukan pijatan secara rutin pada kulit kepala. Minimal 3 kali dalam seminggu. Pemijatan tersebut akan melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga proses tumbuhnya rambut akan lebih cepat.

Tak harus pergi ke salon untuk melakukannya, kamu bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Saat kermas, pijatlah kulit kepala dengan lembut selama 3-5 menit. Selain melancarkan sirkulasi darah, memijat kepala juga akan membersihkan kotoran pada kulit kepala yang menjadi pemicu munculnya jamur seperti ketombe.

5. Menggunakan Essensial Oil

Apakah minyak esensial untuk memanjangkan rambut? Tentu saja iya. Essensial oil dapat memabantu mempercepat pertumbuhan rambut. Pilihlah jenis minyak yang baus untuk menguatkan dan mencegah kerontokan. Seperti argan oil, rosmary oil, jojoba oil, dan almon oil. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, mengaplikasikan essensial oil juga diklaim dapat mencegah kebotakan yang dapat terjadi.

6. Menggunakan Daun Jambu

Bagi kamu yang ingin memanjangkan rambut dengan cepat secara alami, kamu bisa menggunakan raman yang terbuat dari daun jambu. Cara memanjangkan rambut dengan daun jambu sangatlah mudah, loh. Cukup rebus daun jambu biji dengan satu liter air kurang lebih selama 20 menit. Dinginkan, saring, dan masukkan ke dalam botol semprot.

Kamu bisa menggunakan ramuan alami ini setelah selesai keramas. Saat rambut setengah kering, semprotkan ke rambut dan kulit kepala. Jangan lupa sambil dipijat perlahan, ya. Kemudian biarkan kurang lebih selama dua jam dan bilas kembali dengan air bersih.

7. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya baik bagi kesehatan kulit wajah, tapi juga bisa kamu menfaatkan untuk kulit kepala dan rambut, loh. Cukup gunakan sedikit saja pada rambut sambil dipijat dan biarkan semalaman. Keesokan harinya bisa langsung kamu bilas hingga minyaknya menghilang. Kandungan omega 3, 6, 9, dan berbagai vitamin di dalamnya dapat menyuburkan rambut dengan sempurna.

8. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu memanjangkan rambut secara cepat. Hal ini karena teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat melancarkan sirkulasi aliran darah pada kulit kepala, sehingga merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat.

Cara menggunakannya pun mudah, kamu cukup menyeduhnya, lalu balurkan ke kulit kepala secara merata. Kemudian bungkus rambut menggunakan handuk, biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih. Jika dirasa cara ini terlalu sulit, kamu juga bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara diminum.

9. Memanfaatkan Bawang Merah

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa melakukan cara memanjangkan rambut dengan bahan dapur, loh. Seperti menggunakan bawang merah misalnya. Khasiat bawang merah untuk memanjangkan rambut ini didapat dari kandungan belerangnya yang tinggi.

Cara memanjangkan rambut dengan bawang merah ini juga mudah. Cukup kupas dan cuci bersih bawang merah. Setelah itu diparut dan diperas hingga sarinya keluar. Barulah aplikasikan perasan tersebut pada kulit kepala secara merata, kemudian biarkan beberapa saat. Untuk menghilangkan aroma tak sedap dari bawang, bilaslah hingga bersih menggunakan sampo. Lakukan secara berkala agar rambut bisa tumbuh dengan cepat.

Baca Juga: 45 Model Potongan Rambut Pendek Wanita 2021 yang Bisa Kamu Coba

10. Menggunting Ujung Rambut Secara Berkala

Bukankah memotong ujung rambut hanya akan membuatnya semakin pendek? Mungkin itulah pertanyaan yang sering kali kita dengar. Namun, memotong ujung rambut itu memiliki banyak manfaat, loh. Misalnya membuang rambut yang sudah tua, kering, serta bercabang.

Hal ini juga dipercaya akan merangsang agar rambut tumbuh lebih cepat. Jadi, bisa dikatakan, memotong ujung rambut adalah salah satu cara untuk membuat rambut cepat tumbuh secara alami, sekaligus membuang rambut yang sudah tidak sehat.

  • Bagikan
seruni.id