6 Jenis Makanan untuk Penderita Darah Rendah

  • Bagikan
6 Jenis Makanan untuk Penderita Darah Rendah

Seruni.id – Hipotensi alias tekanan darah rendah merupakan sebuah kondisi yang tidak boleh disepelekan. Mesi kondisi ini memang tak melulu menunjukan gejala. Namun, biasanya kondisi ini akan terdeteksi ketika dokter melakukan pemeriksaan.

Untuk meningkatkannya, biasanya dokter akan menganjurkan pasiennya mengonsumsi makanan untuk darah rendah. Dan pada artikel ini, Seruni telah merangkum berbagai jenis makanan untuk penderita darah rendah, tapi sebelumnya cari tahu dulu yuk apa saja gejalanya berikut ini:

Gejala Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah normal biasara berada pada angka 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Namun, apabila tekanan darah berada di bawah angka tersebut, dapat dikatakan bahwa orang tersebut mengalami hipotensi. Umumnya kondisi ini tidak memunculkan gejala, tapi ada pula seseorang yang merasakan gejalanya berupa:

  • Pusing
  • Pingsan
  • Kehilangan penglihatan
  • Mual
  • Kelelahan
  • Kurang konsentrasi

Sementara itu, tekanan darah rendah ekstrem bisa memicu kondisi yang dapat mengancam jiwa. Biasanya kondisi ini ditandai dengan:

  • Kebingungan, terutama pada orang berusia lanjut
  • Kulit dingin, lembap, pucat
  • Napas cepat dan dangkal
  • Denyut nadi lemah dan cepat

Makanan yang Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

Penting sekali untuk mengetahui apa penyebab tekanan darah menjadi rendah. Dengan begitu, akan sangat membantu dalam menentukan makanan atau minuman mana yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari. Untuk mengetahui secara pasti, Seruni sarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Berikut sejumlah makanan untuk tekanan darah rendah:

1. Makanan Kaya Akan Vitamin B12

6 Jenis Makanan untuk Penderita Darah Rendah
ruparupa.com

Bagi penderita darah rendah, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B12. Sebab, kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan anemina jenis tertentu, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah dan kelelahan. Lantas, apa saja jenis makanan yang mengandung vitamin B12? Makanan tersebut mudah kok ditemui, mulai dari telur, tuma, sarden, daging sapi, hingga susu.

2. Makanan Tinggi Folat

6 Jenis Makanan untuk Penderita Darah Rendah
aladokter.com

Kurangnya asupan folat juga dapat menyebabkan anemia, hingga akhirnya menjadi penyebab tekanan darah rendah dan kelelahan. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung folat, bisa berupa asparagus, kacang-kacangan, polong-polongan, buah jeruk, sayuran berdaun hijau, dan telur.

3. Makanan Asin atau Mengandung Natrium

6 Jenis Makanan untuk Penderita Darah Rendah
kumparan.com

Bagi penderita hipotensi, makanan asin atau yang mengandung natrium dapat menjadi solusi untuk meningkatkan tekanan darah, loh. Namun, bukan berarti kamu harus mengonsumsi garam dalam jumlah banyak, ya. Tetapi dengan mengonsumsi makanan yang ditambahkan garam. Tak harus garam, tapi kamu juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung natrium, mulai dari udang, sup kalengan, ikan asap, keju cottage, puding instan, jus dalam kemasan, pizza, kaldu, daging olahan, ikan kalengan.

4. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

6 Jenis Makanan untuk Penderita Darah Rendah
idntimes.com

Makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan tekanan darah rendah secara sementara dengan menstimulasi sistem kardiovaskular dan detak jantung. Namun, penelitian mengatakan bahwa kopi bisa secara sementara meningkatkan tekanan darah pada orang-orang yang tidak meminumnya secara rutin. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung kafein, termasuk cokelat, teh, dan beberapa minuman berenergi.

5. Makanan yang Mengandung Banyak Air

6 Jenis Makanan untuk Penderita Darah Rendah
food.detik.com

Penderita hipotensi harus selalu terhidrasi. Sebab, ketika dehidrasi melanda, hanya akan menurunkan volume darah dan menyebabkan tekanan darah turun, hingga memperburuk keadaan. Selain mengonsumsi air putih, untuk menghidrasi tubuh dibutuhkan pula makanan yang mengandung banyak air. Seperti semangka, timun, selada, tomat, belimbing, dan kembang kol.

6. Makanan Rendah Karbohidrat

6 Jenis Makanan untuk Penderita Darah Rendah
kompas.com

Bagi penderita hipotensi, sangat disarankan untuk membatasi asupan makanan yang tinggi karbohidrat. Karena makanan tersebut, terlebih makanan olahan cenderung lebih cepat dicerna daripada makanan lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Diet rendah karbohidrat telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk membantu mengatasi hipotensi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Baca Juga: 8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jadi, itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita hipotensi. Meski disarankan untuk dikonsumsi, usahakan konsumsilah secara cukup, ya. Sebab, segala yang berlebihan tidaklah baik. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

  • Bagikan
seruni.id