8 Tips Lancar Public Speaking bagi Pemula

  • Bagikan
8 Tips Lancar Public Speaking bagi Pemula
insanq.co.id

Seruni.id – Public speaking adalah salah satu kemampuan penting dalam dunia karier yang harus dimiliki setiap orang. Sebab, dapat berbicara di depan umum dan mampu berkomunikasi dengan baik, biasanya menjadi poin plus seseorang dalam dunia pekerjaan.

8 Tips Lancar Public Speaking bagi Pemula
wolipop.detik.com

Namun, tak sedikit orang yang merasa gugup saat berbicara di muka umum. Hal tersebut terkadang membuat informasi yang disampaikan tidak jelas dan penampilan terkesan berantakan. Maka dari itu, yuk coba kenali beberapa cara melatih kemampuan public spekaing, agar kamu lancar berbicara di depan umum. Berikut ini Seruni telah merangkum cara public speaking bagi pemula:

1. Rileks

Mereka yang gugup ketika menyampaikan sesuatu di depan umum, biasanya mereka kurang rileks saat itu. Dalam public speaking, rilks merupakan poin penting untuk menghindari kegugupan dan terbata-bata dalam berbicara. Ketika kamu sudah rileks, maka saat itu juga tubuh dan otak dapat merespons dengan baik.

Akan tetapi, bagi para pemula, mungkin ini bukan hal yang mudah. Sebab, rasa gugup terkadang lebih besar daripada rileks. Lantas, bagaimana sih cara memunculkan rasa rileks tersebut? Mudah saja. Anggaplah di ruangan itu kamu sedang sendirian tak ada satu pun orang yang melihatmu. Dengan begitu, kamu akan rileks dan lebih fokus pada apa yang kamu sampaikan.

2. Berlatih Terlebih Dahulu

Persiapan yang matang akan membantu kamu lebih percaya diri. Maka dari itu, bagi kamu yang masih pemula, latihan public speaking perlu dilakukan. Sebelum berbicara di hadapan banyak orang, cobalah berlatih di depan cermin, agar kamu menjadi lebih siap. Mintalah teman atau keluarga untuk memperhatikan, serta memberikan kritik kepadamu dengan jujur. Jangan ragu menerima saran dan kritik, jika memang itu bisa membuat penampilanmu menjadi lebih baik.

3. Pastikan Kamu Menguasai Materi yang Akan Disampaikan

Sebelum benar-benar berbicara di hadapan banyak orang, pastikan kamu sudah menguasai materi public speaking, ya. Ini adalah kunci dari apapun yang akan kamu sampaikan nantinya. Dengan menguasai materi, akan membantu mengurangi kegugupan dan nervous ketika menyampaikan informasi pada khalayak umum. Kamu pun menjadi lebih mantap dan maksimal dalam berbicara.

4. Percaya Diri

Jika kamu percaya dengan kemampuan dirimu sendiri, maka itu merupakan poin pentin dalam public speaking. Karena kepercayaan diri dapat membantu menghilangkan rasa gugup. Usahakan untuk tidak mendengarkan pesan negatif ataupun pendapat buruk orang lain. Intinya, percaya pada diri sendiri bahwa kamu bisa. Kalau kamu percaya diri, maka semuanya akan terasa mudah untuk dilalui.

5. Lakukan Kontak Mata dan Interaksi dengan Peserta

Tips lancar public speaking berikutnya adalah dengan menjaga inetaski dan kontak mata dengan peserta. Secara tidak langsung kedua hal tersebut dapat membuatmu menjadi lebih semangat, loh. Karena dengan melakukan hal tersebut, akan menambah keberanian tampil di muka umum.

Selain itu, peserta pun juga merasa bahwa kamu menguasai materi secara penuh karena tampil dengan baik. Apabila kamu menjaga interaksi dan kontak mata, maka suasana menjadi tidak tegang dan peserta merasa bahwa mereka dihargai.

6. Bicara Secara Perlahan

Berbicara terlalu cepat ketika di depan umum adalah hal yang kerap terjadi. Namun, kebiasan tersebut hanya akan membuat informasi yang disampaikan tidak jelas dan sulit dipahami oleh peserta. Maka dari itu, berbicaralah secara perlahan dengan artikulasi yang jelas, berhenti sejenak kemudian tarik napas, dan bicaralah dengan tenang.

7. Ketahui Siapa Saja Audience-mu

Tips public speaking lancar berikutnya, yaitu kamu harus mengetahui siapa saja yang akan kamu hadapi. Hal ini berguna agar kamu bisa menarik perhatian mereka saat berbicara di depan publik. Karena jika kamu tidak tahu siapa saja audience-mu, maka kamu tidak dapat menyapa mereka dengan benar.

Usahakan mengetahui siapa mereka, apa yang mereka minati, dan apa yang mereka inginkan dari kamu. Mengetahui semua fakta ini, akan membantu dalam menyesuaikan pidato dan membuatnya jauh lebih efektif.

8. Fokus

Selain beberapa tips public speaking di atas, hal penting yang perlu diperhatikan saat tampil di depan banyak orang adalah fokus. Saat ingin menyampaikan informasi, cobalah matikan handphone dan jangan memikirkan hal-hal di luar penampilanmu. Karena hal tersebut hanya membuatmu kehilangan fokus. Jika sudah melakukan itu, maka tampil-lah semaksimal mungkin di hadapan peserta.

Baca Juga: 7 Trik Sukses Berkarir untuk Orang Introvert

Beberapa tips lancar public speaking di atas, merupakan cara agar kamu dapat tampil maksimal di depan umum. Tetaplah fokus dengan diri sendiri dan materi yang akan kamu sampaikan. Jangan lelah untuk terus berlatih, agar public speakingmu lebih lancar.

  • Bagikan
seruni.id