6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan

  • Bagikan
6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan
sos-antibacterial.com

Seruni.id – Berbagai macam merek sabun cuci piring banyak dijual di pasaran dan hadir dengan kemasan praktis. Meski demikian, tidak semua jenis aman, tidak hanya berbahaya bagi tubuh kita, tapi juga untuk lingkungan. Menurut para peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention di Harvard School of Publik Health, bahwa kandungan phthalates di dalam sabun cuci piring, sering kali memicu asma dan migrain.

Selain itu, zat tersebut yang terpapar melalui kulit, dapat terserap dan mengenai organ di dalam tubuh. Nah, untuk mengurangi risiko tersebut, tak ada salahnya kan untuk mulai beralih menggunakan sabun cuci piring organik? Bahkan, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah dengan berbagai bahan alami. Penasaran bagaimana? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Baking Soda dan Lemon

6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan

Percaya atau tidak, ternyata kedua bahan ini bisa dijadikan sebagai sabun pencuci piring, loh. Baking soda dan lemon dipercaya dapat menghilangkan noda dan kerak pada panci maupun wajan. Hal ini karena lemon memiliki sifat antibakteri yang memegang peran untuk menghilangkan noda lengket yang menjadi sarang kuman.

Cara membuatnya sangat mudah kok. Cukup siapkan kedua bahan tersebut, kemudian peras lemon secukupnya, lalu campurkan dengan baking soda, jangan lupa diaduk sampai membentuk konsistensi kasar, ya. kalau sudah jadi, gunakan sikat gigi bekas dan colek campuran tersebut, kemudian gunakan untuk menghilangkan noda di piring maupun perkakas lainnya.

2. Baking Soda, Garam, dan Air Sulingan

6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan
orami.co.id

Dengan menggunakan air mineral dari garam, baking soda akan bekerja secara optimal dalam mengangkat noda pada perkakas dapur. Kalau kamu inign campuran kedua bahan tersebut konsistensinya sama dengan sabun pencuci ciar, maka tambahkan beberapa bahan lain seperti air suling, Sal Suds, dan minyak esensial biar lebih wangi.

Adapun cara pembuatannya adalah dengan memanaskan air dan garam terlebih dahulu, kemudian aduk hingga larut. Sisihkan sebagian larutan air garam. Separuhnya lagi bisa kamu campurkan dengan baking soda dan air suling dan panaskan hingga larut. Tambahkan Sal Suds, air, dan minyak esensial ke larutan baking soda lalu beri larutan air garam, aduk sampai mengental. Sabun cuci piring siap digunakan.

3. Larutan dari Biji Lerak

6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan
desainrumaharsitek77.com

Biji lerak ternyata mengandung saponin yang dapat menghasilkan busa sebagai bahan pencuci. Meskipun busanya tidak melimpah seperti sabun cuci pada umumnya, tapi sabun cuci piring dari bahan alami ini, tetap bisa membuat noda minyak larut dan sisa kerak di panci terhempas seketika.

Cara membuat sabun cuci piring dengan buah lerak juga sangat mudah. Rebus buah lerak dalam air bersih dan tunggu sampai mendidih. Saring dan diamkan sampai dingin, kemudian campur dengan soda kue dan minyak esensial lalu gunakan untuk mencuci piring.

4. Belimbing Wuluh

6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan
aladokter.com

Buah dengan rasa asam ini juga bisa dijadikan sebagai sabun cuci piring, loh. Bahan alami ini pastinya tidak akan membuat lapisa keramik di piring maupun gelasmu cepat rusak. Bahkan, noda yang menempel jadi mudah dihilangkan.

Cara membuatnya pun tidak begitu sulit, kamu hanya perlu mengupas belimbing wuluh secukupnya, kemudian gosokkan pada noda yang menempel. Biarkan beberapa saat agar sabun bisa bekerja lebih efektif. Lap piring dengan menggunakan kain lembut kemudian bilas dan keringkan.

5. Jeruk Nipis dan Cuka

6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan
krjogja.com

Jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan aktif dalam pembuatan sabun cuci piring. Bahkan sampai ada varian sabun cuci piring jeruk nipis. Alih-alih membeli yang sudah dicampur bahan kimia, bukankah lebih baik membuatnya sendiri? Selain lebih hemat, jeruk nipis juga lebih ramah lingkungan.

Cara membuat sabun cuci piring dengan jeruk nipis sangat mudah. Peras jeruk nipis, kemudian campur dengan cuka dan aduk sampai merata. Setelah tercampur, gosok ke piring atau perkakas dapur yang kotor menggunakan spons kemudian bilas sampai bersih.

6. Minyak Jelantah

6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan
ayojakarta.com

Dibandingkan dengan beberapa racikan sebelumnya, membuat sabun cuci piring dengan minyak jelantah tentu lebih rumit prosesnya. Tapi, tak ada salahnya kan untuk dicoba? Apalagi, kalau kamu punya minyak jelantah dengan jumlah melimpah, sayang kan kalau dibuang begitu saja?

Untuk membuatnya, pertama-tama kamu harus menyiapkan air, minyak jelantah, arang, soda api, dan minyak esensial. Sebelum diolah lebih lanjut, minyak jelantah harus direndam terlebih dahulu selama 24 jam, hingga warnanya berubah jadi agak jernih. Sambil menunggu, bakar arang sampai jadi bara aktif lalu campur ke rendaman minyak jelantah. Masukkan air di wadah berbeda kemudian beri soda api dan tunggu sampai jadi air alkali. Tuang air alkali ke wadah minyak jelantah yang sudah disaring. Aduk-aduk dan tuang minyak esensial. Biarkan selama 12 jam sampai bahan cair berubah jadi agak padat. Kalau sudah padat, sabun cuci piring bisa digunakan dan simpan dalam wadah.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Kerak dan Bau Pada Wastafel Cuci Piring Dapur

Demikianlah enam cara membuat sabun cuci piring dari bahan-bahan alami. Sabun cuci piring adalah kunci dari perkakas dapur yang bersih dan tahan lama. Oleh karena itu, kamu tak boleh memakai sabun dari merek yang tidak jelas apalagi tergoda harga sabun 1 liter yang biasanya banyak bahan kimianya itu. Sebagai alternatif, setidaknya cara di atas dapat dicoba sesekali untuk membersihkan cucian piringmu. Selamat mencoba!

  • Bagikan
seruni.id