15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik

  • Bagikan
15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
id.pinterest.com

Seruni.id – Pernahkah kalian mendengar istilah mading kelas? Biasanya sekolah-sekolah banyak yang memajangnya, mading kelas berisikan ragam infomasi mengenai sekolah, trivia, atau update tentang ujian sekolah atau perguruan tinggi. Nah, sebelum Seruni memberikan contoh mading kelas yang kreatif dan menarik, simak dulu yuk pengertian dan fungsi dari mading kelas berikut ini:

Pengertian Mading

Kita pasti sudah tahu, bahwa mading merupakan media untuk menyajikan berbagai informasi. Mading sendiri merupakan sebuah singkatan dari “Majalah Dinding“, yakni salah satu media komunikasi yang ditempelkan di dinding. Karena informasi penting seputar sekolah ini ditempelkan di dinding, maka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuatnya. Selain itu, siapa saja bisa membuatnya, selama memiliki keinginan dan kreatifitas.

Umumnya, mading berisikan informasi yang di dalamnya berupa naskah, artikel, atau rubik tertentu (bisa berupa tulisan tangan atau ketikan), gambar berseri, hingga bentuk kreativitas lainnya. Meski mading berisi informasi yang beragam, tapi informasi tersebut sudah tersaji menjadi satu kesatuan edisi.

Mading tidak hanya memuat informasi penting seputar sekolah saja, tapi kerap kali dijadikan ajang berlomba antar kelas dengan menilai sisi kreativitasnya. Biasanya, pihak guru akan menentukan topik yang akan dilombakan, kemudian para siswa akan diberikan kebebasan untuk mengisi informasi serta menghias mading tersebut.

Fungsi Mading

Lantas, apa sih sebenarnya fungsi dari mading sekolah? Mading kaya akan fungsi, mulai dari menjadi sarana informasi, media hiburan, sarana unutk menjaga kekeluargaan dari anggota kelompok tertentu, meningkatkan kreativitas, menciptakan sikap kritis terhadap masalah yang ditemukan, menambah wawasan akan keadaan sekolah yang dapat berguna untuk murid baru, hingga menumbuhkan kebiasaan membaca. Selain itu, mading pun dapat mengasah kemampuan dan minat bagi mereka yang tertarik pada dunia seni literasi.

Mading, tidak hanya populer baru-baru ini saja, loh. Namun, sejak tahun 70-an hingga 2000-an mading sudah cukup dikenal, baik bagi kalangan anak SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa di perguruan tinggi. Media ini bisa dibuat dengan berbagai macam bahan, seperti karton, styrofoam, atau papan tripleks yang kemudian dibingkai dalam frame kaca dan ditempelkan di sekolah.

Isi Mading

Sebelum membuat mading kelas ada baiknya tentukan dulu tema apa yang ingin digunakan. Lakukan penentuan tema dengan cara berdiskusi berama teman-teman, melakukan riset, atau mencarinya melalui internet. Misalnya, kamu bisa menentukan tema mading sekolah mengenai peringatan hari-hari besar di Indonesia. Bisa Hari Pahlawan, Hari Kemerdekaan Indonesia, Hari Ibu, pelestarian lingkungan, dan lainnya.

Jika sudah menentukan tema yang pas untuk mengisi mading sekolah, selanjutnya kamu bisa merancang tampilan agar nyaman untuk dibaca dan menarik. Kamu bisa membuat konsep berupa sketsa tata letak dari rubik-rubik yang akan ditampilkan. Biasanya untuk membuat sebuah mading, kamu juga membutuhkan elemen-elemen berikut ini:

Kamu bisa menyematkan logo organisasi sekolah, seperti logo sekolahmu atau logo OSIS.

Judul

Buatlah judul mading sekolah yang menarik dan unik. Namun, jangan lupa untuk menyematkan nama sekolahmu agar semakin dikenal.

Edisi

Jangan lupa tuliskan pula nomor edisi, hal ini berguna sebagai informasi sudah berpaa kali mading tersebut diterbitkan.

Salam Redaksi

Rubrik ini merupakan sapaan dari penyusunan kepada para pembaca. Selain sapaan, ini juga bisa menjadi ajakan bagi para siswa lainnya untuk membaca informasi di dalamnya.

Sususan Redaksi

Setelah menambahkan salam redaksi, kamu jugsa bisa menyisipkan sususan redaksi.

Berita Utama

Nah, pada berita utama ini, kamu akan memuat topik yang sedang hangat diperbincangkan di lingkungan sekolah. Misalnya, ada temanmu yang akan mewakili sekolah di Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.

Artikel

Selain itu, kamu juga bisa mengisi mading kelas dengan sebuah artikel atau esai pendek, dengan topik yang sebelumnya telah ditentukan.

Opini

Rubrik ini menjadi kesempatan emas bagi kamu untuk melatih keahlian untuk melakukan wawancara. Kamu akan mewawancarai beberapa siswa di sekolah mengenai pendapat mereka tentang tema yang diangkat. Misalnya, kamu ingin menusung tema Hari Ibu, maka kamu bisa mewawancarai makna Hari Ibu bagi mereka.

Pojok Mading

Pojong mading ini berfungsi sebagai tempat berpendapat mereka tentang isi mading kelas yang telah dibuat.

Tambahan

Kalau mading kelas masih memiliki ruang tersisa, kamu bisa menambahkan rubrik untuk menarik lebih banyak pembaca. Contohnya, seperti komik, puisi, pantun, ilustrasi, humor, atau tips dan trik.

Hiasan

Jangan lupa untuk menambahkan hiasan agar mading kelas yang kamu buat terlihat keren dan menarik. Kamu bisa menyertakan foto, ornamen, atau memakai kertas warna-warni. Namun, buatlah secara sederhana dan simple agar tidak terlalu berlebihan. Kemudian seimbangkan dengan konten mading agar tampilannya tidak saling tumpang tindih. Jangan sampai karena terlalu banyak hiasan, membuat informasi di mading tidak terbaca, karena terlalu fokus pada hiasan tersebut.

Contoh Mading Kelas Sederhana dan Menarik

1. Mading Kelas Bertema Kemerdekaan

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
alsyukrouniversal.com

Sebagai masyarakat Indonesia, Hari Kemerdekaan merupakan momen penting yang harus selalu diingat. Hal ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Hari Kemerdekaan ini bisa menjadi tema menarik untuk membuat mading kelas, loh. Apalagi, tema kemerdekaan ini memiliki topik yang luas. Kamu bisa mulai menggali sosok pahlawan, langkah-langkah dalam menjaga kemerdekaan, fakta tentang kemerdekaan, dan lainnya.

Untuk membuatnya, maka mulailah dengan menyusun beberapa kolom bertemakan kemerdekaan. Agar lebih seimbang, sandingkan dengan esai atau opini tenang kemerdekaan bersama puisi dan bubuhkan juga kuis seru agar mading terasa lebih menyenangkan. Kuis seperti permainan puzzle atau gambar sederhana bisa menjadi pilihan.

Lantas, bagaimana dengan desain tata lekanya? Akan lebih menarik jika kamu menghias mading dengan nuansa kemerdekaan; merah putih. Jangan lupa sertakan bendera merah putih berukuran kecil, bubuhkan peta perjuangan saat para pahlawan merebut kemerdekaan, atau bisa dengan menambahkan foto-foto para pahlawan.

Atau kamu juga bisa menyertakan foto pahlawan di masa kini. Seperti guru, pekerja sosial, atau bahkan satpam di sekolah. Lewat mading sekolah, ungkapkan rasa terima kasih pada mereka yang dianggap sebagai pahlawan melalui kutipan atau puisi sederhana.

2. Tokoh Inspiratif

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
hariannusantara.com

Kalian pastinya punya tokoh inspiratif yang dijadikan panutan, kan? Melalui tokoh tersebut, kamu bisa menjadikannya sebagai tema mading kelasmu, loh. Untuk memuat informasi tentang tokoh tersebut, kamu tidak perlu mewawancarainya secara langsung. Sebab, kamu bisa menacarinya melalui internet kemudian menuliskan sejarah tentang perjalanan tokoh tersebut. Mulai dari awal mereka membangun karier, kegagalan, hingga akhrinya sampai pada titik kesuksesannya.

Selain itu, kamu juga bisa menuliskan ulasan dari karya yang mereka miliki. Untuk hiasannya, kamu bisa menggunakan ikon-ikon yang berkaitan dengan tokoh tersebut. Misalnya, kamu mengangkat tokoh Mark Zuckerberg sebagai penemu Facebook, maka kamu bisa menggunakan logo Facebook atau ikon likse sebagai hiasannya.

3. Bertema Lingkungan

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
contohposter.com

Kondisi bumi semakin hari semakin mengkhawatirkan. Sebagai makhluk bumi yang berakal, maka kita harus membantu untuk meminimalisir kerusakan tersebut. Caranya bisa dengan mengurangi penggunaan plastik, memakai bahan pangan atau industri yang ramah lingukngan, serta melakukan daur ulang. Perlu adanya himbauan untuk menumbuhkan rasa peduli dan kesadaran terhadap lingkungan sekitar, hal ini bisa dimulai dengan cara membuat mading kelas yang bertemakan lingkungan.

Tentunya ini bisa menjadi salah satu tema mading kelas yang informatif sekaligus sebagai ajakan agar teman-teman di sekolah lebih peduli terhadap isu lingkungan. Kamu bisa menyusun tema lingkungan dan membaginya menjadi beberapa rubrik. Seperti langkah-langkah kecil yang dapat mendukung kelestarian alam, mengurangi penggunaan plastik, membawa kotak bekal sendiri, melakukan daur ulang, dan penghijauan di sekitar sekolah.

Jangan lupa tambahkan pernaik-pernik agar tampilan mading lebih menarik. Pilihlah hiasan yang berhubungan dengan alam, seperti ranting, dedaunan, bunga-bunga, dan lainnya. Tidak harus bunga asli, kamu bisa mencari bunga atau dedaunan imitasi agar tidak perlu memetik yang asli. Untuk ranting, kamu bisa mencari ranting pohon yang sudah terlepas dan sesuaikan ukurannya dengan tata letak mading.

4. Mading Kelas Bertema Informasi Makanan 3 Dimensi

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
dekoruma.com

Kamu juga bisa mengusung tema informasi makanan melalui mading kelas 3D. Mading 3 dimensi tentunya akan menarik setiap pembacanya, loh. Sebab, mading ini hadir dengan sebidang papan yang dibalut dengan taplak meja berwarna merah putih, kemudian agar tampak asli bisa ditambahkan dengan piring-piring berisi makanan. Tidak hanya itu, kreasi mading ini pun diselingi dengan bacaan resep makanan dan kata-kata bijak seputar makanan. Siapapun yang melihat mading ini pasti akan dibuat lapar deh.

5. Tentang Olahraga

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
artikel-belajar-bahasa.blogspot.com

Olahra menjadi salah satu bidang yang paling diminati oleh para remaja. Nah, bidang ini juga bisa menjadi tema mading kelas, loh. Kamu bisa mulai dengan membuat beberapa panel yang masing-masing memuat informasi menarik. Misalnya, tentang perkembangan olahraga dan jenisnya yang paling populer di Indonesia, para atlet yang membawa nama Indonesia, fakta-fakta menarik tentang olahraga tertentu, dan lainnya.

Nah, dalam mading tersebut, kamu juga bisa memuat sebuah tips dan tirk yang berhubungan dengan olahraga, seperti tips mengatasi kram ketika bermain sepak bola, pertolongan pertama saat terkilir, hingga menyembuhkan memar. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi seputar kegian olahraga yang ada di sekolahmu, ya.

6. Film

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
kalsel.kemenag.go.id

Tema mading kelas yang tidak kalah menarik lainnya adalah tentang film. Dalam mading tersebut, kamu bisa membahas mengenai film yang sedang populer. Kamu bisa mengulasnya mulai dari dialog, latar, perkembangan film di Indonesia, dan pesan moral yang kamu dapatkan dari film tersebut. Kamu bisa menghias mading dengan tema film menggunakan pernak-pernik yang melambangkan sebuah film, misalnya rol film, papan adegan, kursi sutradara, posterl film, dan lainnya.

7. Bertema Ramadhan

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik

Mading kelas bernuansa Islami ini, tidak hanya bisa ditempatkan di sekolah saja, tapi juga di masjid atau pondok pesantren. Biasanya mading Ramadhan ini menjadi salah satu tema musiman yang bisa dibuat menjelang bulan puasa. Beragam topik bisa kamu bahas di sana. Mulai dari jawal berbuka puasa dan imsak, jadwal salat, tips dan trik, kegiatan pesantren Ramadhan, buka bersama, kajian rutin, dan lainnya.

Ajaklah para pembaca untuk turut meramaikan mading tersebut, bisa dengan membuat puisi bertema Ramadhan. Selain itu, gunakan mading untuk mengajak pembaca bersedekah lebih giat, menginformasikan mengenai zakat, infak, sedekah, dan lainnya. Agar tampilan mading lebih menarik, kamu bisa memilih warna yang segar, seperti hijau, dan tambahkan pernak-pernik pendukung. Misalnya, ilustrasi masjid, kabah, foto kegiatan pesanteren Ramadhan, dan sebagainya.

8. Mading Kelas Tema Nasionalisme

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
sidikul.com

Tema yang diusung untuk membuat mading kelas sangat bervariasi, misalnya memilih tema nasionalisme. Apapun tema yang kamu pilih, yang terpenting harus berisi tentang edukatif. Karena tujuan dari pembuatan mading adalah untuk memberikan pengetahuan dan menarik minat baca siswa-siswi. Nah, memilih tema nasionalme adalah pilihan yang tepat, karena dengan begitu dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri mereka.

9. Visual Mading dengan Tiga Zona Waktu

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
dekoruma.com

Kreasi mading yang menarik tak pernah luput dari perhatian. Seperti mading kelas yang satu ini, yang hadir dengan konsep zona waktu, mulai dari zaman batu, hingga teknologi yang canggih. Kesenian gambar dan hiasan pada mading kelas ini, bisa menjadi cara ampuh untuk menarik perhatian pembaca. Ditambah lagi dengan bacaan yang berkualitas dan informatis, kamu juga bisa menciptakan kreasi mading yang mengesankan.

10. Mading Penuh Gaya dan Aesthetic

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
idntimes.com

Agar mading tidak monoton, kamu bisa membuat mading menjadi penuh gaya dan aesthetic. Kreasi mading ini sangat cocok ditempatkan di kantor atau home office yang bisa menjadi media informasi kreatif dengan pendekatan yang berbeda dan lebih personal. Mading ini tentunya akan menjadi cara efektif dalam memberikan inspirasi dan motivasi bagi siapapun yang melihatnya.

11. Bertema Sejarah

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
bp-guide.id

Di balik kemerdekaan Indonesia, ada sejarah panjang yang selalu kita kenang. Terutama di masa penjajahan kala itu. Masa-masa tersebut menjadi salah satu waktu yang paling berat yang Indonesia alami, sebelum seperti sekarang. Sejarah adalah satu bagian penting yang tidak boleh dilupakan oleh generasi manapun.

Untuk terus menyalakan semangat juang para genari penerus, sejarah bisa menjadi salah satu tema yang kamu pilih dalam membuat mading kelas. Beragam topik tentang sejarah bia kamu angkat. Misalnya, perkembangan pendidikan di masa penjajaan dan perbandingannya di masa sekarang. Atau kamu juga bisa mengulas tentang tokoh-tokoh pendidikan yang berjasa di masanya.

Kemudian, hias mading dengan menyertakan foto atau gambar pahlawan di dunia pendidikan, seperti R.A Kartini atau Ki Hadjar Dewantara. Sertakan pula foto tempat atau sekolah pertama di Indonesia dan bagaimana keadaannya saat ini. Kamu bisa meminta para pembaca untuk membuat karya tulis, seperti puisi dengan tema yang sama.

12. Mading dengan Informasi Perkembangan Teknologi

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
dekoruma.com

Kreasi mading kelas berikutnya, bisa mengusung tema tentang perkembangan teknologi. Misalnya, membahas mengenai perkembangan kamera dari masa ke masa. Seperti salah satu mading hasil kreativitas anggota tim SMAN Kedungwaru dalam acara Mading UBS 2K16 ini. Mading tersebut dibuat untuk mengajak para pembaca mengenal sejarah perkembangan kamrea dengan konsep mata lensa yang tercipta dari tim atau kerangka roda sepeda bekas.

Selain itu, dalam contoh mading kelas di atas, terlihat pula kodak 400 yang tampak seperti aslinya. Sedangkan pada bagian samping mading, terlihat pula bacaan informasi mengenai pandangan fotografer terhadap perkembangan kamera.

13. Mading dengan Tema Dunia Fantasi Alice

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
dekoruma.com

Kreasi mading kelas yang satu ini sepertinya pantas untuk mendpatkan acungan jempol. Sebab, mading kelas ini menampilkan perkembangan karakter tokoh Alice dari film Alice Through The Looking Glass gaarapan Walt Disney. Mading ini mengajak para pembaca untuk memutar jarum jam sekaligus membaca potongan informasi seputar fakta-fakta dari film tersebut.

14. Tema Kesehatan

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik
arinigambar.blogspot.com

Kesehatan itu sangat mahal harganya, tak heran kalau kita harus pandai menjaganya. Apalagi di masa sekarang, munculnya virus yang tak kasat mata, tapi memakan banyak korban. Nah, kesehatan ini bisa kamu jadikan tema mading kelas yang menarik, loh. Kamu bisa memuat informasi mengenai kesehatan, tips dan trik menjaga kesehatan, serta menjelaskan tentang pola hidup buruk yang berdampak pada kesehatan. Hiasi pula dengan pernak-pernik yang berkaitan dengan kesehatan, ya.

15. Bertema Musik atau Kesenian

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik

Kesenian termasuk musik menjadi hal yang sulit lepas dari kehidupan para remaja. Sebab, pada masa tersebut, kesenian dianggap hal yang keren dan menodorng mereka untuk terjun ke dalamnya. Mulai dari musisi, penyanyi idola, model penulis, pelukis, dan lain-lain. Untuk tema kesenian, kamu bisa menyusun beberapa topik. Misalnya, pianis dari masa ke masa, perkembangan musik di Indonesia, fenomena K-Pop dan pengaruhnya terhadap globalisasi di Indonesia, atau informasi terkait bidang kesenian lain.

Kamu juga bisa memuat informasi soal bentuk kesenian yang sedang hits atau mulai berkembang di Indonesia. Tidak hanya kesenian modern, kamu juga bisa menyertakan topik tentang kesenian tradisional dan bagaimana keberadaan mereka setelah kesenian modern berkembang. Melalui informasi yang kamu suguhkan di mading kelas, maka akan membuat pembaca menilik tentang kesenian tidak hanya dari faktor kesenangan belaka tapi juga esensinya.

Itulah beberapa contoh mading kelas yang bisa menjadi inspirasi. Selain mading kelas yang ada di dinding, sekolah juga harus menyediakan mading digital untuk siswa. Di mana mading tersebut berisikan menganai informasi pernting dan menarik.

Baca Juga: 15 Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya

Mading digital mampu menciptakan budaya dan ekosistem digital di sekolah sehingga para murid akan merasakan pengalaman digital yang bermanfaat. Apalagi, mading digital memiliki beberapa keunggulan, yakni lebih praktis, mampu menjangkau lebih luas, dan mudah untuk kamu akses kapan pun dan di mana pun. Namun, mading dalam bentuk apa pun itu, tetap harus berisikan tentang edukasi, ya. Sehingga dapat memperluas wawasan para siswa. Semoga bermnafaat.

  • Bagikan
seruni.id