Cara Mencegah Anak Agar Tidak Kecanduan Bermain Game

harapan37.rssing.com

Seruni.id – Bermain game sepertinya sulit dilepaskan dari keseharian anak zaman sekarang, sehingga tak sedikit pula yang tanpa sadar menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer atau gadget. Bermian game memang bisa membuat anak kecanduan. Tentunya kecanduan bermain game akan mengakibatkan dampak buruk untuk anak. Lantas, bagaiamna cara mencegahnya? Berikut telah Seruni rangkum dari berbagai sumber:

parenting.co.id

Batasi Waktu Anak Bermain Sendiri

Bermain sendiri memang bermanfaat untuk anak, anak bisa menjadi lebih mandiri dan mengenal kamampuan dirinya lebih baik. Namun, memberikan waktu anak bermain sendiri, justru akan membuka peluang untuk anak bermain game sesuka hatinya. Meski ia tidak bisa bermain di rumah, ia mereka bisa pergi ke warung internet (warnet). Jadi, jangan biarkan anak bermain sendiri dalam waktu yang lama.

Isi dengan Kegiatan yang Menyenangkan

Mengurangi waktunya bermain, cukup efektif untuk mencegah anak kecanduan game. Namun, hal ini tentunya akan membuat ia bosan. Untuk mengatasi kebosanannya, orangtua perlu mencari kegiatan pengganti yang menyenangkan. Seperti mengajaknya berbelanja, menyiram tanaman, membersihkan halaman rumah, atau kegiatan bersama lainnya yang menyenangkan.

Simpan Gadget dan Lindungi dengan Kata Sandi

Media anak untuk bermain game adalah gadget. Jadi, sebisa mungkin jangan meletakkan gadget disembarang tempat yang memungkinkan anak dapat menggunkannya. Anda bisa menyimpannya, di dalam laci lemari. Ini akan menyulitkan anak untuk bermain gadget diam-diam. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan kata sandi yang sulit ditebak anak, agar ia tidak bisa mengaksesnya. Kemudian, jangan biarkan smartphone secara otomatis terpasang dengan internet. Jadi, mau tidak mau anak harus mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum memainkannya.

Tunjukkan Sikap Tegas Anda

Ketika waktu bermain game telah habis, menyuruh anak untuk berhenti bermain tentu sangat sulit. Mungkin saja ia akan terus mengulur waktu atau bahakan tantrum. Jika anak sudah seperti ini, jangan cepat luluh sehingga Anda membiarkan ia bermain kembali. Cobalah untuk bersikap tegas, dengan mengambil atau matikan gadgetnya secara paksa. Agar pikirannya tidak lagi berpusat pada permainan, Anda harus mengajaknya melakukan aktivitas lain. Misalnya, menyuruhnya mandi, makan, atau bisa dengan membantu beres-beres.

Jadilah Contoh yang Baik

Kebanyakan anak yang mengalami kecanduan game online adalah anak yang memiliki waktu luang serta tidak bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan baik. Sebagai orangtua, Anda harus mampu untuk menjadi sosok yang memiliki contoh yang baik bagi anak-anak. Misalnya, menghabiskan waktu luang dengan pergi ke perpustakaan, olahraga, dan masih banyak yang lain. Dengan demikian, anak akan paham dan tidak lagi kecanduan game.

Demikianlah cara untuk mencegah anak agar tidak kecanduan bermain game. Semoga bermanfaat.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.