Kreatif! Mahasiswa Unhas Buat Simulator Pintu Masuk Tol Menggunakan e-KTP

pantau.com

Seruni.id – Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP, merupakan sebuah kartu yang berisikan identitas diri. Kartu sakti ini bisa digunakan untuk apa saja. Seperti membuka sebuah rekening tabungan di bank, membuat passport dan lainnya. Baru-baru ini, seorang siswa dari Universitas Hassanudin Makassar, membuat sebuah terobosan baru dengan menggunakan e-KTP.

trendsmap.com

Seperti yang dikatakan cawapres Sandiaga Uno, bahwa e-KTP harusnya bisa mempermudah masyarakat dan dapat digunakan untuk segala hal. Apalagi, saat ini kita telah masuk pada era teknologi digital, yang di mana orang sudah banyak bertransaksi secara cashless.

Rizky dapat membuktikan kesaktian kartu dari e-KTP. Dalam unggahan Facebook-nya, terlihat bahwa ia memfungsikan kartu tersebut sebagai alat transaksi untuk mengakses pintu masuk jalan tol dalam bentuk simulator menggunakan arduino.

Berikut ini adalah tulisan yang dibuat Rizky Dermawan di akun Facebook-nya :

“Menjajal kesaktian e-ktp . . .
Untuk sementara segini dulu, InsyaAllah berikutnya akan dibangun juga dalam versi IoT sehingga notifikasi pemotongan saldo akan termonitoring melalui android serta fitur2 lainnya juga bisa dikontrol seperti sistem Top up dan tracking lokasi tol. . . .
Semoga bisa terealisasi”

Apa yang dilakukan dengan Rizky, sungguh sangat kreatif. Dengan begitu, tentunya akan mempermudah kita untuk melakukan segala hal, tanpa memerlukan banyak kartu. Semoga pemerintah dapat melihat ini, dan membantu Rizky untuk merealisasikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.