6 Cara Menecegah Mual Setelah Berolahraga

  • Bagikan
6 Cara Menecegah Mual Setelah Berolahraga
health.kompas.com

Seruni.id – Sering terasa mual setelah melakukan olahraga? Kira-kira apa ya penyebab dan cara mencegah mual setelah berolahraga? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

6 Cara Menecegah Mual Setelah Berolahraga
cantik.tempo.co

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Bahkan, aktivitas ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Akan tetapi, ada beberapa hal yang membuat seseorang enggan berolahraga. Salah satunya adalah karena danya efek samping yang membuatnya tidak nyaman, salah satu yang sering ditemui adalah timbulnya rasa mual dan perasaan ingin muntah.

Tahukah kamu? Ternyata rasa mual tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena pada umumbya dalam beberapa kasus rasa mual yang muncul karena berolahraga tidak berbahaya dan masih bisa dihindari. Lantas, apa saja penyebab dan cara mencegah mual setelah berolahraga?

Penyebab Munculnya Rasa Mual

Makan Terlalu Banyak

Mungkin kita berpikir ketika makan dengan porsi yang banyak sebelum olahraga, akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan berenergi. Padahal, kenyataannya tidak demikian, ya. Makan dalam waktu yang dekat dengan aktivitas olahraga justru menjadi pemicu munculnya rasa mual.

Hal ini disebabkan karena saat berolahraga, tubuh akan mendistribusikan darah lebih banyak ke otot untuk mengangkut oksigen dan nutrisi. Keadaan ini menyebabkan tubuh hanya akan menyisakan sedikit darah untuk diedarkan ke perut dan usus, hal inilah yang seringkali memicu respons mual atau muntah selepas kamu berolahraga.

Melakukan Olahraga yang Terlalu Berat

Selain makan terlalu banyak, olahraga terlalu berat juga bisa menjadi pemicu munculnya rasa mual, loh. Bukan hanya menyebabkan mual, hal ini juga dapat menyebabkan beberapa masalah lainnya seperti cedera dan otot sendi yang tegang.

Kelebihan tenaga dapat terjadi saat mengangkat benda berat, melakukan latihan aerobik atau berjalan di tangga, jika tubuh tidak terbiasa dengan aktivitas tersebut, terutama setelah sakit atau operasi. Olahraga intens atau melambung seperti lari atau Zumba dapat dengan mudah menyebabkan mual.

Minum Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit

Ketika berolahraga, tentunya tubuh akan mengeluarkan banyak cairan, tak heran setelahnya dapat menimbulkan dehidrasi yang pada akhirnya membuat tubuh merasa mual. Namun, tidak hanya dehidrasi saja yang dapat menyebabkan mual. Faktanya, terlalu banyak minum saat berolahraga juga dapat mneyebabkanmu mual, loh.

Memulai dan Mengakhiri Olahraga Secara Tiba-tiba

Saat memulai pun mengakhiri olahraga terlalu cepat dapat menyebabkan tubuh merasa mual. Sama seperti otot dan persendian, organ tubuh termasuk organ pencernaan juga dapat terasa terguncang dengan memulai atau mengakhiri aktivitas fisik secara tiba-tiba. jadi selalu mulai dengan kecepatan yang lebih lambat.

Berolahraga di Tempat Panas

Berolahraga di tempat yang terlalu panas dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang dialami tersebut pada akhirnya dapat memicu rasa mual. Berolahraga dalam cuaca yang sangat panas juga dapat menyebabkan merasa kelelahan akibat panas. Selain mual, sengatan panas dapat menyebabkan pernapasan cepat dan dangkal, detak jantung meningkat, kebingungan, bicara tidak jelas, dan sakit kepala.

Cara Mencegah Mual Setelah Berolahraga

1. Mengonsumsi Camilan Beberapa Jam Sebelum Olahraga

Saat tubuh melakukan olahraga, otomatis darah akan mengalir ke otot dan organ-organ tubuh penting yang bekerja keras. Namun, apabila organ pencernaan akan mengalami kekurangan aliran darah, maka proses cerna akan lebih lama. Sedangkan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, kamu bisa memakan camilan sehat dengan porsi yang cukup dua hingga tiga jam sebelum berolahraga. Hal ini tentu dapat menjamin kamu memiliki energi yang cukup ketika berolahraga dan membuat kadar gula dalam darah tetap stabil.

2. Memperhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi Sebelumnya

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, penting sekali untuk memperhatikan asupan yang kamu konsumsi sebelumnya. Melansir dari laman Healthline, mengonsumsi makanan dengan tinggi lemak dan protein membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk dicerna daripada makanan yang lebih mudah dicerna seperti roti panggang atau pisang. Selain itu, makanan berlemak dan berminyak juga dapat merangsang tubuh melepas cairan empedu yang membantu mencerna lemak. Hal ini bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memperburuk kondisi mual sesudah olahraga.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh 1 Jam Sebelum Olahraga

Sering mengalami mual setelah berolahraga? Ternyata hal ini disebabkan karena kamu terlalu banyak meminum air sebelum olahraga, sehingga membuat otak membengkak. Ketika ada perubahan pada otak, salah satu tanda pertama adalah mual atau muntah. Sedangkan mekanisme untuk menjaga hidrasi yang tepat, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Setidaknya satu jam sebelum berolahraga.

4. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Cara mencegah mual setelah berolahraga berikutnya adalah lakukanlah pemanasan dan pendinginan. Sebab, olahraga yang dimulai dan diakhiri secara tiba-tiba dapat memicu timbulnya rasa mual sehabis olahraga. Sama seperti otot dan persendian, organ tubuh bisa saja tersentak saat Anda mulai atau berhenti olahraga secara mendadak. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya tak melewatkan tahap pemanasan sebelum aktivitas olahraga dan pendinginan sesudahnya.Selain mencegah mual, pemanasan bertujuan meregangkan otot dan pendinginan akan meredakan denyut jantung yang cepat. Dengan ini, Anda pun terhindar dari cedera.

5. Berolahraga Saat Cuaca Tidak Terlalu Panas

Cuaca dan tempat yang panas dapat membuat kamu merasa lebih lelah, bahkan mengalami heatstroke. Kamu juga lebih rentan terkena dehidrasi. Jika dilakukan secara terus menerus, kelelahan, heatstroke, serta dehidrasi dapat menimbulkan gejala berupa mual setelah olahraga. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk berolahraga di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya.

6. Lakukan Sesuai Kemampuan

Olahraga memang dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Meski demikian, sebaiknya lakukan aktivitas ini sesuai dengan kemampuanmu, ya. Aktivitas olahraga yang dilakukan secara berlebihan tidak hanya akan membuat tubuh kelelahan, tetapi juga memicu mual, pusing, hingga pingsan.

Parahnya, memaksakan tubuh untuk berolahraga melebihi kemampuan bisa membuat otot dan sendi menjadi tegang, bahkan mengalami cedera. Untuk mencegahnya, lakukan aktivitas olahraga sesuai kemampuan dan staminmu. Bila ingin menambah intensitasnya, terapkan secara bertahap. Jika kamu mulai lelah, berhentilah dan jangan paksa tubuh kamu untuk terus berolahraga.

Baca Juga: 5 Tren Olahraga yang Sedang Populer Selama Pandemi

Jika dirasa kamu sering alami mual setelah berolahraga, sebaiknya terapkan enam tips di atas, ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id