9 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Menipis

  • Bagikan
9 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Menipis
mommyasia..id

Seruni.id – Masalah kulit wajah sangat beragam, mulai dari kulit kering, berminyak, hingga kulit wajah yang menipis dan memerah. Hal tersebut bisa disebabakan oleh berbagai faktor, bisa karena penuaan, kondisi medis dan obat tertentu, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, genetika, hingga kurang tidur.

9 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Menipis
allyoung.co.id

Kulit wajah tipis dan sensitif memiliki beberapa tanda yang terkadang sering tidak kita sadari dan dianggap biasa. Tandanya bisa berupa kulit menjadi kering dan bersisik, kulit mengelupas, kemerahan pada wajah, terlihat pembuluh darah, dan rentan terhadap masalah kulit lainnya. Pada beberapa kasus di mana kulit wajah yang menipis, tentu saja kita akan khawatir. Untuk mengembalikan kulit wajah agar normal kembali, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yakni sebagai berikut:

1. Microneedling

Cara mengatasi kulit wajah tipis karena cream atau hal lainnya, bisa dilakukan dengan cara microneedling atau dermarolling. Kedunya dilakukan untuk meremajakan kulit. Sebelum melakukannya, biasanya dokter akan memberikan obat enestesi topikal dan mulai mengaplikasikan roller dengan jarum berukuran kecil. Setelah diaplikasikan, memang akan ada luka kecil, tapi tidak akan merusak kulit. Setelah melakukan perawatan ini secara berkala, produksi kolagen akan meningkat. Dengan demikian, elastisitas dan kekenyalan kulit pun akan bertambah.

2. Perawatan Laser

Cara menormalkan kembali kulit wajah yang menipis berikutnya adalah dengan melakukan perawatan laser. Ada berbagai jenis perawatan laser yang bisa kamu pilih untuk menyamarkan gejala penuaan akibat paparan sinar ultraviolet. Salah satunya yakni laser ablatif yang dapat memberikan efek uap dan menampakkan hasil dramatis. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sedangkan untuk laser non-ablatif tidak terlalu menampakkan hasil yang signifikan, tapi proses pemulihannya sangat cepat. Dermatologis akan membantu menentukan prosedur laser mana yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

3. Derma Filler

Berbagai prosedur derma filler bisa kamu pilih untuk membantu mengisi kembali volume kulit. Melalui cara ini, maka kulit wajahmu akan semakin kenyal dan tampak muda. Tidak hanya di bagian wajah, ada pula yang mencoba metode ini untuk meremajakan kulit tangan, loh. Ada metode filler yang menunjukkan hasil instan dan bisa bertahan hingga 2 tahun. Selain itu, ada juga yang perlu perawatan beberapa kali hingga menunjukkan hasil. Dokter akan menyesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

4. Pulsed Light dan Terapi Fotodinamik

Kalau perawatan untuk mengatasi kulit wajah yang menipis berikut ini, dilakukan dengan memanfaatkan gelombang cahaya spesifik. Hampir sama dengan perawatan lainnya, kamu perlu melakukannya beberapa kali demi mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Memanfaatkan Madu

Cara mengembalikan kulit wajah menjadi normal kembali bisa dengan cara alami, loh. Yaitu dengan memanfaatkan madu. Bahan alami ini mampu membuat kulit tebal dan sehat kembali. Selain itu, madu juga berfungsi untuk mencerahkan wajah dan mengatasi wajah memerah. Kamu bisa menggunakan beberapa produk kecantikan yang memiliki ekstra madu di dalamnya. Namun, akan lebih praktis jika kamu membuatnya sendiri masker wajah dengan menggunakan madu. Caranya cukup mengaplikasikan madu pada seluruh wajah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menjaga Kelembapan Kulit

Menjaga kelembapan kulit wajah, merupakan salah satu cara mengatasi kulit tipis kelihatan urat, loh. Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat wajah terasa lebih lembap dan tidak kering. Cara paling mudah yaitu dengan selalu memenuhi cairan tubuh sehingga membuat tubuh tampak lebih segar. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 liter air perhari agar cairan dalam tubuh bisa terpenuhi.

7. Lidah Buaya

Sudah tak diragukan lagi kalau lidah buaya memiliki segudang manfaat. Salah satunya untuk mengembalikan kulit wajah yang menipis. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengambil gel yang ada di dalamnya. Setelah itu, tambahkan madu, minyak zaitun atau air mawar. Pilihlah satu dari bahan tersebut dan aduk hingga merata. Gunakan campuran ini untuk membuat makser wajah anda, dan diamkan selama beberapa menit. Bersihkan wajah dengan air bersih dan rasakan perbedaannya.

8. Berolahraga

Selain bermanfaat untuk kesehatan, berolahrga juga akan memberikan dampak yang bagus untuk kecantikan. Olahraga yang kamu lakukan dengan rutin dapat membantu meningkatkan sirkulasi, serta distribusi nutrisi berjalan lancar dalam tubuh. Dengan begitu kulit anda akan mendapatkan bayak nutrisi yang dibuthkan sehingga efeknya akan membuat kulit tebal dan tetap kencang.

9. Perbaiki Pola Makan

Jika ingin lebih alami, ubahlah pola makan agar kulit lebih sehat dan tidak mengalami penuaan. Konsumsilah makanan kaya vitamin C atau asam lemak omega-3. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung kedua hal tersebut serta evening primrose oil dan kolagen peptida.

Baca Juga: 5 Cara Melindungi Kulit dari Bahaya Blue Light

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan kulit wajah yang menipis. Selain menerapkan cara di atas, orang dengan kulit wajah yang menipis perlu berhati-hati saat beraktivitas. Tujuannya untuk mencegah terjadinya goresan yang menyebabkan luka.

  • Bagikan
seruni.id