Cara Mengatur Keuangan untuk Membeli Skincare, Dijamin Anti Jebol!

  • Bagikan
Cara Mengatur Keuangan untuk Membeli Skincare, Dijamin Anti Jebol!
id.valueq.com

Seruni.id – Cara mengatur keuangan untuk membeli skincare harus dipikirkan matang-matang, loh. Apalagi, skincare sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagain orang. Namun masalahnya, pengeluaran untuk skincare terkadang membuat keuangan kita berantakan.

Cara Mengatur Keuangan untuk Membeli Skincare, Dijamin Anti Jebol!
stylecraze.com

Nah, bagi para skincare routine, coba simak deh cara mengatur keuangan untuk membeli skincare ini meski keuangan sudah menipis di akhir bulan.

1. Temukan Produk yang Tepat

Bagi para pemula dalam dunia per-skincare-an, penting banget untuk mengetahui produk yang sesuai untuk kondisi kulitmu. Selain membuat kulitmu tetap aman, hal ini juga akan membuatmu tidak mengeluarkan banyak uang. Terlebih, saat ini banyak sekali brand kecantikan yang mengunggulkan formula tertentu, yang membuat banyak orang tertarik, tak terkecuali kamu.

Untuk menghindari pemborosan saat membeli skincare, maka kamu bisa mencoba memilih perawatan wajah dengan ahli kecantikan. Sebab, mereka bisa menganalisis masalah kulitmu dana akan memberikan produk sesuai dengan yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang untuk membeli produk skincare dengan berbelanja saat terdapat penawaran spesial bulanan, promo, dan tetap membaca ulasan dari pengguna lain sebelum membelinya.

2. Cobalah dengan Membeli Skincare Share in Jar

Cara mengatur keuangan untuk membeli skincare berikutnya, kamu bisa coba membeli skincare dalam bentuk share in jar. Ukuran ini lebih direkomendasikan bagi para pemula, daripada membeli ukuran full. Hal ini untuk mengantisipasi kerugian jika produk yang kamu pilih ternyata tidak sesuai dengan kulitmu. Apalagi, jika harga skincare ini cukup mahal. Meskipun kamu bisa melakukan preloved jika skincare tidak cocok, namun biasanya harga proloved akan sangat jatuh dibandingkan harga awal.

3. Temukan Masalah Utama Kulitmu dan Fokus untuk Memperbaikinya

Sebisa mungkin, kamu harus tahu dulu apa masalah utama kulitmu. Misalnya, wajahmu sangat mudah berjerawat, kusam, dehidrasi, dan lain sebagainya. Kalau akar masalah kulitmu sudah ditemukan, coba fokus untuk memperbaiki masalah tersebut.

Belilah produk-produk perawatan kulit yang memang fokus ditujukan untuk memperbaiki masalah kulitmu. Misalnya jika kulitmu berjerawat maka coba pilih produk dengan kandungan tea tree atau salicylic acid. Jika kulitmu kusam maka pilih produk yang mengandung vitamin C dan sebagainya. Jangan tergoda untuk membeli produk produk perawatan yang tidak kamu butuhkan.

4. Bandingkan Harga

Kalau kamu sudah menemukan produk yang tepat dan cocok untuk kulitmu, jangan lupa untuk membandingkan harganya. Meski ini sedikit merepotkan, tapi ini merupakan salah satu cara mengatur keuangan untuk membeli skincare.

5. Rajin Memantau Promo atau Diskon

Para wanita tentunya tidak akan tahan jika ada promo atau diskon, apalagi untuk produk kecantikan. Nah, untuk menghemat budget pembelian skincare, jangan lupa untuk rajin memantau promo atau diskon produk yang kemungkinan diberikan brand atau toko kosmetik. Tapi, meskipun ada promo sebaiknya kamu hanya membeli produk incaran saja, ya. Jangan sampai karena adanya diskon justru membuatmu kalap dan berbelanja berlebihan.

6. Utamakan Produk Lokal

Cara mengatur keuangan untuk membeli skincare berikutnya adalah mengutamakan produk lokal. Sekarang produk lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk-produk impor, loh. Dengan harga yang lebih terjangkau produk lokal bisa meminimalisir pengeluaranmu untuk berbelanja skincare. Selain itu, penggunaan produk lokal ini juga bisa menjadi cara menggerakkan bisnis dalam negeri, lho. Apalagi di kala pandemi seperti ini.

7. Gunakan Produk Multifungsi

Agar pengeluaran untuk membeli skincare lebih hemat, tak ada salahnya unutk memilih produk yang multifungsi. Kamu bisa memilih menggunakan tinted moisturizer, krim wajah dengan tabir surya, dan produk seperti concealer anti jerawat, sehingga bisa menghemat biaya untuk membelinya. Tak hanya itu, beberapa produk juga kerap dipasarkan untuk sekali pakai, padahal bisa digunakan sebagai produk multifungsi. Contohnya seperti lipstik yang dapat memiliki fungsi sebagai krim blush on, dan highlighter yang dapat digunakan sebagai eyeshadow.

8. Gunakan Metode 50-20-30

Setelah kamu menerapkan cara mengatur keuangan untuk membeli skincare di atas, kini saatnya kamu membuat perencanaan keuangan agar kantongmu tidak bolong di akhir bulan. Ada beberapa teori keuangan yang bisa kamu gunakan untuk menentukan budget belanja, tapi yang paling simpel adalah metode 50-20-30.

Metode ini artinya yaitu 50% dari gajimu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk tabungan atau investasi, dan 30% untuk membayar cicilan atau barang-barang yang kamu inginkan. Budget untuk skincare biasanya termasuk dalam bagian 50% dari penghasilan kamu, namun pastikan bahwa uang yang kamu gunakan untuk membeli skincare tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari kamu yang lain.

Baca Juga: Rekomendasi Baby Pink Skincare, Produk Perawatan Wajah Terbaik!

Jadi, apakah kamu sudah mengatur budget untuk membeli skincare setiap bulannya?

  • Bagikan
seruni.id