4 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2019

4 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
google.com

Seruni.id – Kamu adalah salah satu peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) Ketenagakerjaan? Sekarang kamu bisa dengan mudah loh cek saldo bpjs ketenagakerjaan online 2019 di mana pun dan kapan pun. Tapi sebelumnya, kita mesti tahu dulu, apa sih tujuan dan guna dari BPJS?

4 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
google.com

BPJS Ketenagakerjaan

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU (Undang-Undang) Ketenagakerjaan, semua pekerja baik di Indonesia maupun di luar negeri diharapkan memiliki BPJS, guna melindungi pekerja dari berbagai risiko terkait jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan segala manfaat yang ada dalam BPJS tersebut.

Ketika kamu menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka setiap bulannya ada iuran yang harus kamu bayarkan. Sebagian besar iuran tersebut juga dibayarkan oleh perusahaan sebagai pemberi hak, dan sebagaiannya lagi dipangkas dari penghasilan peserta. Iuran tersebut akan menjadi saldo yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya jumlah saldo itu akan bertambah dan dapat ditarik oleh peserta dalam periode tertentu sesuai aturan yang berlaku.

Peserta bisa menganggapnya sebagai tabungan atau investasi. Dan saldo tersebut bisa kamu cek sendiri. Namun sayangnya, masih banyak orang yang ternyata belum memahami bagaimana caranya menge-cek rincian saldo bpjs. Nah, berikut ini Seruni berikan beberapa cara cek saldo BPJS dnegan cepat dan mudah.

1. Cek Saldo BPJS Melalui Aplikasi BKJSTKU

Peserta BPJS bisa mengecek saldo melalui BPJSTKU. Dengan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mengecek saldo BPJS-mu kapan pun. Aplikasi tersebut juga menyajikan informasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan secara detail, mulai dari info pembayaran, cara kirim saldo hingga rincian saldo yanga da. Kamu bisa download cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tersebut melalui Play Store pun AppStore. Beikut langkah-langkahnya:

• Buka Google Play Store atau AppStore, lalu ketikan BPJSTKU.

• Setelah itu, download aplikasinya.

• Jika sudah berhasil diunduh, buka aplikasinya dan log in terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email atau PIN yang kamu gunakan saat registrasi BPJS Ketenagakerjaan.

• Setelah login, kamu akan melihat beberapa menu dalam aplikasi tersebut. Pilih menu ‘Lihat Saldo’ untuk melihat rincian saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan-mu.

Sebelum kamu meng-install aplikasi ini, pastikan bahwa kamu sudah terdaftar menjadi peserta BPJS, ya. Dan memiliki nomor ID. Jika belum memiliki username dan PIN untuk login, maka kamu bisa memilih opsi ‘Buat Akun’.

Aplikasi ini juga bisa melakukan cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak dengan sangat mudah. Dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:

• Buka aplikasi BPJSTKU yang sudah diinstall dan diregistrasi.

• Selanutnya, isi dara diri kamu sesuai dengan KTP dan nomor KPJ yang tertera pada kartu PBJS-mu.

• Jika data yang sudah kamu masukkan sesuai dengan data yang dimasukkan saat mendaftar BPJS namun hasilnya tidak valid, artinya BPJS kamu sudah tidak aktif.

• Untuk proses peng-aktifan dan lain-lainnya, kamu bisa menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan langsung untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap dan solutif dari petugasnya.

2. Cek Rincian Saldo BPJS Melalui Situs Onlie Resmi

Tak hanya bisa melalui aplikasi, mengecek rincian saldo BPJS Ketenagakerjaan pun bisa melalui situs resmi. Dengan cara berikut ini:

• Kunjungi laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs untuk mendaftarkan akun terlebih dahulu.

• Kamu akan melihat ‘Form Pendaftaran Pengguna’ dengan dua kolom yang perlu diisi.

• Pada kolom ‘Segmen’, kemudian pilih opsi ‘Penerima Upah (PU). Selanjutnya, masukkan email kamu pada kolom ‘Email’. Pastikan untuk mencantumkan email yang aktif. Lalu, klik ‘Kirim’.

• Setelah itu, kamu akan menerima email yang berisikan kode aktivasi akun.

• Masukkan kode tersebut pada halaman verifikasi akun. Lalu klik ‘Verifikasi’.

• Selanjutnya, isi ‘Informasi Data Pengguna’ dengan identitas diri kamu yang sebenarnya dan nomor kartu peserta jamsostek (KPJ) milikmu. Jika semua kolom sudah diisi dengan lengkap dan benar, lalu klik ‘Kirim’.

• Kamu akan menerima email konfirmasi aktivasi akun. Silahkan mengikuti instruksi dalam email tersebut.

• Apabila sudah selesai melakukan registrasi, kembali ke situs yang sama untuk login. Masukkan alamat email dan PIN yang telah didaftarkan, kemudian pilih ‘Login’.

• Jika sudah login, kamu akan melihat beberapa opsi menu pada layar PC atau laptop. Pilih menu ‘Lihat Saldi JTH’ guna melihat rincian saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan-mu.

3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Bagi kamu yang tidak mau repot mendownload atau membuka situs resminya, bisa menggunakan cara cek saldo BPJS lewat sms, loh. Pengecekan via sms dapat dilakukan kapan saja dan di maana saja. Kamu hanya memerlukan handphone dan juga pulsa yang mencukupi. Sebelumnya, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat melakukan penge-cekan saldo maupun status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan via sms. Berikut isi format sms yang harus kamu kirim:

• Ketik: DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta, kemudian kirim ke 2757. Contoh: DAFTAR SALDO#1234567890#SERUNI#12-02-2019#1234567890 kirim ke 2757. Kamu akan mendapatkan balasan sms yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 1234567890.

• Jika Nomor Peserta sudah kamu terima, kamu bisa langsung menge-cek saldo JHT dengan cara membalas sms tersebut dengan format sebagai berikut: Ketik SALDO (spasi) Nomor Peserta, kemudian kirim ke 2757. Contoh: SALDO 1234567890 kirim ke 2757. Kemudian kamu akan mendapatkan balasan sms yang berisi saldo JHT-mu.

• Layanan sms 2757 hanya bisa digunakan untuk peserta dengan nomor operator Telkomsel, Indosat, dan XL.

• Ganti Nomor Handphone Ketik: DAFTAR (spasi) GANTI (spasi) HP#Nomor Handphone Lama#Nomor KTP. Kirim ke 2757. Contoh: DAFTAR GANTI HP#0812123456789#31215678910007 kirim sms ke 2757

• Ganti Pin BPJS Ketik: DAFTAR (spasi) GANTI (spasi) #PIN Lama#PIN Baru. Contoh: DAFTAR GANTI PIN#12345678#987654, kirim ke 2757.

4. Cek Saldo dengan Mengunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengunjungi kantor BPJS tersebut, merupakan cara yang masih dilakukan oleh banyak orang, meskipun terkesan konvensional. Cara mengeceknya yaitu dengan menemui petugas yanga da untuk meminta di-print-kan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan. Namun, cara manual ini perlahan-lahan mulai ditinggalkan seriring semkain banyaknya pilihan, apalagi sekarang kita bisa cek saldo bpjs ketenagakerjaan online 2019.

Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan Online

Penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara ganti email BPJS Ketenagakerjaan online yang digunakan untuk login di aplikasi BPJSTKU maupun untuk masuk ke layanan personal service di website BPJS Ketenagakerjaan. Namun, dalam aplikasi BPJSTKU pun layanan personal service tidak menyediakan layanan untuk mengganti email layaknya media sosial.

Di sana hanya terdapat fitur untuk mengubah kata sandi saja. Kondisi ini tentu membuat beberapa peserta BPJS Ketenagakerjaan bingung bagaimana cara merubahnya. Ada beberapa alasan kenapa peserta BPJS ingin mengganti alamat email di akun BPJSTK-nya.

• Pertama, mungkin saja karena mereka lupa password email yang digunakan saat melakukan pendaftaran akun. Sebab, untuk mengubah atau memperbaiki kata sandi kamu membutuhkan akses email untuk melihat kode verifikasi yang digunakan untuk pemulihan kata sandi.

• Kedua, karena bisa saja memang benar-benar tidak ingat dengan emailnya. Jika sudah seperti ini, kasusnya bisa dikategorikan sebagai kelalaian yang fatal. Karena kalau sampai lupa email yang dipakai untuk registrasi akun, ataupun kalau masih ingat emailnya tapi lupa password-nya seperti alasan yang pertama tadi, itu sama saja sudah kehilangan akun. Dan jeleknya, kalau kamu sudah pernah daftar akun BPJS Ketenagakerjaan, kamu jadi tidak bisa bikin akun lagi pakai email yang berbeda. Karena data-data kepesertaan dan kependudukan kamu sudah terdaftar di email sebelumnya.

• Dan yang ketiga, kenapa ingin mengganti email? Ya, mungkin karena kepengin saja. Padahal, mungkin si peserta masih bisa mengakses emailnya, tapi memang pengen ganti aja. Mungkin sudah bosan, ingin suasana baru atau apalah pokoknya kepingin ganti aja titik!

Lantas, sebenarnya, bisa tidak sih alamat email yang telah terdaftar untuk akun BPJS Ketenagakerjaan diganti dengan email lain? Jawabannya adalah, bisa. Namun sayang, untuk saat ini, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah alamat email akun BPJSTK hanyalah dengan menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan dan membuat laporan bahwa kamu ingin ganti e-mail.

Nantinya pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mereset atau hapus akun lama kamu terlebih dahulu, baru setelah akun kamu berhasil direset kamu bisa membuat akun lagi dengan memakai nama email yang lain. Seperti itu prosedurnya.

Selain itu belum ada solusi lain. Entah nanti kalau aplikasi BPJSTKu atau layanan BPJSTKU personal services ini kembali diperbarui, barangkali akan disediakan menu ubah e-mail secara mandiri tanpa perlu berhubungan langsung dengan BPJS TK. Dan perihal menghubungi BPJS Ketenagakerjaan untuk penggantian alamat email ini ada beberapa cara yang bisa kamu pilih.

1. Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama adalah dengan menelepon langsung call center BPJS Ketenagakerjaan pusat di nomor 175 atau 15000910. Sampaikan maksud kamu bahwa kamu hendak mengganti email akun BPJS Ketenagakerjaan. Nanti cs akan menanyakan beberapa informasi data berupa:

• Nomor referensi atau nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
• Nama lengkap
• Tempat, tanggal, bulan, dan tahun kelahiran
• Nama ibu kandung
• Nomor e-KTP atau NIK

Setelah itu kamu hanya perlu menunggu akun BPJS Ketenagakerjaan kamu direset. Estimasi waktu yang diperlukan untuk proses reset akun ini sekitar 5 hari kerja setelah dibuatkan laporan.

2. Official Fanpage Facebook BPJS Ketenagakerjaan

Cara kedua kamu bisa dengan menghubungi lewat halaman Facebook resmi BPJS Ketenagakerjaan. Sampaikan keluhan kamu bahwa kamu ingin mengganti email akun BPJSTK tapi tidak tahu caranya. Serupa dengan cara pertama tadi, nanti admin FB BPJSTK juga akan meminta beberapa informasi data kepesertaan dan kependudukan.

Oleh karena itu, interaksi dengan admin FB BPJSTK sebaiknya kamu lakukan di pesan atau inbox. Jangan di kolom komentar atau di wall, takutnya data-data kamu diketahui orang lain terus disalahkangunakan. Data-data yang perlu kamu berikan lewat chat nantinya antara lain:

• No KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan
• Nama lengkap sesuai KTP
• Tempat, tanggal, bulan, dan tahun lahir
• Nama ibu kandung
• NIK

Dan lamanya proses reset akun juga sama dengan kalau kamu melapor via call center, yaitu dengan estimasi lima hari kerja setelah dibuatkan laporan. Tidak termasuk hari libur, serta hari sabtu dan minggu. Tapi tentunya melapor via fesbuk ini lebih mudah dan murah, dibanding lewat telepon yang cukup menguras pulsa.

3. Mendatangi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Cara ketiga yaitu dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Temui petugas yang ada di sana, dan katakana bahwa kamu ingin mengganti alamat email yang telah terdaftar akun BPJKS Ketenagakerjaan. Jangan lupa untuk membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP Elektronik dan KK, karena nantinya data-data di berkas tersebut akan digunakan untuk pelacakan akun kamu yang mau direset. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk peresetan akun juga sama 5 hari kerja.

Baca Juga: Perbedaan E-Money dan E-Wallet

Itulah beberapa cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah. Semoga bisa membantu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.