Anti Ribet, Ini 7 Cara Mudah Mengecek Status BPJS Kesehatan

  • Bagikan
Anti Ribet, Ini 7 Cara Mudah Mengecek Status BPJS Kesehatan
duitologi.com

Seruni.id – BJPS merupakan salah satu produk asuransi kesehatan yang akan memberikan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, bagi kamu yang terdaftar, wajib rutin mengecek status BPJS Kesehatan milikmu. Dengan melakukan pengecekan secara berkala, kamu bisa mengecek statusmu, apakah benar-benar terdaftar dan aktif, atau tidak.

Anti Ribet, Ini 7 Cara Mudah Mengecek Status BPJS Kesehatan
banksinarmas.com

Tidak hanya status keanggotaan, pengecekan ini juga bisa menunjukkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Jika sudah jatuh tempo, maka kamu bisa segera melunasinya agar dapat menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan. Lantas, bagaimana sih cara mengecek status BPJS Kesehatan? Berikut ulasan yang telah Seruni rangkum dari berbagai sumber:

Cara Mengecek Keanggotaan BPJS

1. Mengecek Status BPJS Kesehatan Melalui Website

Cara mengecek status BPJS Kesehatan yang pertama bisa melakukannya melalui website resmi BPJS. Cara yang satu ini terbilang cukup mudah, karena untuk melakukannya hanya membutuhkan nomor keanggotaan saja. Ini juga bisa menjadi salah satu cara cek BPJS Kesehatan perusahaan, ya. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan nomor keanggotaan BPJS Kesehatan yang tertera pada kartu,
  • Selanjutnya, buka laman resmi BPJS Kesehatan dengan link https://daftar.bpjs. kesehatan.go.id/bpjs-cheking,
  • Jika sudah terbuka, isi kolom yang terseida pada laman tersebut,
  • Isilah dengan nomor kartu BPJS, tanggal lahir, lalu angka validasi yang tertera pada layar,
  • Klik opsi ‘Cek’,
  • Setelah selesai, situs BPJS Kesehatan akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan, mulai dari identitas, status kepesertaan, jenis keanggotaan, hingga jumlah tanggungan anggota keluarga.

2. Mengecek Status BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi

Jika dirasa mengecek status BPJS Kesehatan melalui website terlalu rumit, sebagai solusinya, kamu cukup mengunduh aplikasi JKN Mobile di App Store atau Play Store. Untuk lebih lengkanya, berikut Seruni jabarkan cara mengecek status BPJS Kesehatan via aplikasi JKN Mobile:

  • Pastikan kamu telah mengunduh atau menginstall aplikasi JKN Mobile melalui App Store maupun Play Store,
  • Jika sudah terpasang di gawaimu, bukalah aplikasi tersebut,
  • Apabila sudah mendaftar, maka kamu cukup login dengan memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, email aktif, dan password. Namun, jika belum mendaftar, maka klik ‘Register’ dan isi form pendaftaran yang tertera,
  • Kemudian akan muncul formulir verifikasi yang perlu diisi oleh kode angka unik,
  • Kode angka unik tersebut bisa kamu teui di email yang kamu daftarkan,
  • Setelah mendapatkan kode yang tertera di email, salin kode tersebut ke dalam form verifikasi,
  • Kalau sudah klik ‘Verify’,
  • Masuk kembali ke aplikasi JKN Mobile,
  • Setelah berhasil masuk, kamu akan menjumpai menu utama dan juga tertera beberapa fitur JKN-KIS,
  • Untuk mengetahui kepesertaan BPJS Kesehatan-mu, silakan pilih menu ‘Peserta’,
  • Selesai, kamu bisa melihat mengenai status keanggotaan BPJS Kesehatan-mu dan juga mengenai anggota keluarga yang menjadi tanggungan.

3. Mengecek Status BPJS Kesehatan Melalui SMS

Cara yang berikut ini cukup simpel, karena tidak membutuhkan sambungan internet sama sekali. Namun, jika ingin mengecek melalui SMS, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup, ya. Cara mengecek status BPJS Kesehatan yang satu ini juga termasuk mudah, karena kamu hanya perlu mengikuti format yang telah tersedia. Untuk lebih jelas, berikut contohnya:

  • NIK Nomor Kependudukan,
  • NOKA Nomor Kartu BPJS Kesehatan,
  • NIP <spasi? Nomor Induk Pegawai.

Pastikan kamu mengetik seperti format yang di atas, ya. Jika sudah, kamu bisa mengirim permintaan ini ke nomor 08777-5500-400.

4. Mengecek Melalui WhatsApp

Cara berikutnya adalah melalui aplikasi chating WhatsApp. Metode yang satu ini lebih praktis daripada cara yang sebelumnya. Sebab tidak ada format khusus untuk mengetahui statusmu, karena pesanmu akan dibalas secara otomatis dengan mesin bot. Untuk memulainya, kamu bisa mengirim pesan melalui pesan WhatsApp yang dapat kamu kirimkan ke nomor 08118750400.

5. Mengecek Melalui Media Sosial

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengecek status BPJS Kesehatan melalui media sosial. Salah satu media sosial yang digunakan adalah Twitter. Kamu bisa mengirimkan format tertentu ke Twitter BPJS Kesehatan di @BPJSKesehatan RI. Untuk lebih jelasnya, simak caranya berikut ini:

  • Buka aplikasi Twitter milikmu,
  • Setelah itu, ketik format permohonan dengan menyertakan NIK, nomor peserta, dan nama lengkap,
  • Setelah semua sudah kamu isi, tunggu sampai admin BPJS Kesehatan membalas permohonan tersebut.

6. Mengecek Melalui Chat Assistant dan Voice Interactive

BPJS Kesehatan memiliki berbagai jaringan untuk dapat mempermudah proses pengecekan. Selain melalui website, WhatsAppa, SMS, dan aplikasi, BPJS juga memiliki layanan Voice Interactive JKN (VIKA). Layanan ini hampir mirip dengan fitur yang ada di WhatsApp, di mana nantinya akan ada mesin bot yang menjawab pertanyaanmu. Untuk memanfaatkan layanan ini, kamu bisa mencobanya dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor layanan 1500 400.

7. Mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan

Adapun cara terakhir untuk mengecek status BPJS Kesehatan adalah dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan permohonan melalui BPJS Satu atau BPJS Kesehatan Siap Membantu selaku Petugas Pemberi Informasi dan Pengaduan (PIPP). Kamu bisa mengunjunginya di lokasi yang terdekat dari rumahmu karena mereka ditempatkan di sejumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Bagaimana Jika Lupa Nomor Kartu BPJS?

Nomor BPJS memiliki 13 digit angka yang tertera pada kartu. Tidak semua orang dapat menghafal dan mengingat nomor tersebut. Akibatnya, tak jarang anggota BPJS tidak dapat melakukan pengecekan terhadap kartu BPJS. Nah, bagi kamu yang lupa nomor BPJS, ada beberapa alternatif yang dapat membantumu.

Mulai dari mengunjungi kantor BPJS terdekat, menghubungi Call Center BPJS, mengunjungi halaman resmi BPJS, menggunakan SMS, sampai menghubungi sosial media BPJS Kesehatan. Selain cara cek BPJS Kesehatan iuran atau status peserta, kamu juga bisa mengajukan berbagai keluhan yang dirasakan selama menggunakan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: 4 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2019

Setelah membaca ulasan ini, kamu sudah paham kan bagaimana cara mengecek status BPJS Kesehatan? Tentunya kamu bisa menerapkan cara-cara tersebut untuk mempermudah pengecekan berbagai macam keperluan terkait BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id