6 Cara Mengadapi Orang yang Suka Mengeluh Setiap Hari

  • Bagikan
6 Cara Mengadapi Orang yang Suka Mengeluh Setiap Hari
halodoc.com

Seruni.id – Menghadapi orang yang suka mengeluh ternyata tidaklah mudah. Terlebih, apa yang kita dengarkan setiap hari selalu saja keluhan. Meski awalnya terasa biasa saja, tapi lama-kelaman bisa menguras energi dan mempengaruhi mood kita, loh.

6 Cara Mengadapi Orang yang Suka Mengeluh Setiap Hari
aceh.voi.id

Apalagi, jika kita kerap terjebak dalam masalah kecil yang dibesar-besarkan. Rasanya jadi ikut kebawa energi negatif saat berjumpa dengan orang yang suka mengeluh. Walaupun demikian, mencoba menjauhkannya bukalan sikap yang baik. Mungkin kita bisa membantunya melalui beberapa cara berikut ini.

 

1. Hindari Kesempatan Ngobrol Berdua

Ketika seseorang yang gemar mengeluh mengajakmu untuk keluar berdua, tak perlu menolak ajakannya. Karena bisa saja mereka sakit hati dengan penolakan tersebut. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah kamu mengajak teman-teman lain agar suasana lebih ramai.

Dengan begitu, orang yang suka mengeluh tersebut akan berpikir dua kali untuk mencurahkan sisi hatinya yang penuh dengan keluhan. Kalaupun mereka tetap ingin mengeluh, itu bukan masalah besar lagi bagimu, karena masih banyak teman-teman lain yang akan menanggapinya.

 

2. Sikapi dengan Tenang Tanpa Berlebihan

Orang yang suka mengeluh, biasanya akan semakin semangat menumpahkan keluh kesahnya ketika kita menanggapinya dengan heboh dan bersimpati tinggi. Maka dari itu, bersikaplah seolah-solah kamu tidak tertarik dengan keluhannya. Lambat laun dia akan terbiasa mengurangi keluhannya saat berjumpa denganmu.

 

3. Bekali Diri dengan Kalimat Semangat

Tidak semua orang bisa dengan mudah memberikan nasihat kepada orang lain. Kemampuan dalam mempengaruhi orang lain sebenarnya dibutuhkan untuk melakukan perubahan. Tak harus menjadi motivator untuk melakukannya, kok. Cobalah biasakan dirimu dengan kalimat-kalimat semangat sampai bisa menularkannya pada mereka yang gemar mengeluh.

 

4. Fokuslah pada Solusi

Ketika temanmu sedang mengeluh, cobalah arahkan pembicaraan yang lebih fokus kepada pencarian solusi. Batasi kata-kata yang berulang agar kamu tidak terjebak lebih lama dengan orang yang suka mengeluh. Kamu bisa mencoba menawarkan solusi dan bantuan agar mereka berhenti mengeluh.

 

5. Bandingkan Mereka dengan Orang di Bawahnya

Orang yang suka mengeluh, menandakan bahwa dirinya kurang bersyukur. Maka dari itu, saat kamu dihadapi dengan orang yang suka mengeluh, cobalah sesekali bandingkan mereka dengan orang-orang yang kurang beruntung di luar sana. Kamu pun bisa membantunya untuk mengingat segala nikmat yang mungkin saja telah ia lupakan.

 

6. Ajak Jalan-jalan

Suntuk bisa menjadi penyebab seseorang mengeluh, loh. Apalagi, jika dalam sehari penuh mereka berada di tempat yang sama. Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan atau karokean untuk melepas penat. Dengan pikiran yang lebih fresh, dijamin akan membuatnya berhenti mengeluh.

Baca Juga: Masih Sering Mengeluh? Yuk Hentikan Sekarang Juga!

Mengeluh tidak selalu buruk, tapi kalau mengeluhnya setiap hari, sebagai pendengar pasti kita akan bosan dan jengkel, bukan? Maka dari itu, lakukanlah beberapa cara yang telah Seruni sebutkan di atas. Semoga berhasil, ya!

  • Bagikan