9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!

  • Bagikan
9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
bacapos.com

Seruni.id – Bagaimana sih cara menghilangkan embun di kamera HP? Pasalnya, kamera yang berembun sering kali membuat hasil foto menjadi kurang maksimal. Ada banyak faktor yang menyebabkan kamera HP berembun, misalnya saja terkena air saat hujan ataupun karena tersiram. Namun, bisa juga karena udara lembap maupun panas dan dingin.

Biasanya, kondisi tersebut diperparah ketika casing HP tidak tertutup rapat. Sehingga terdapat celah bagi air untuk masuk ke dalamnya. Kalau kamera HP yang berembun dibiarkan begitu saja, hati-hati akan menjalar ke komponen lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan. Maka, sebisa mungkin segera hilangkan embun yang berada di kamera HP sebelum terlambat. Nah, berikut ini, Seruni telah merangkum sejumlah cara menghilangkan embun di kamera HP dengan mudah.

 

1. Menutupi dengan Beras

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
nova.grid.id

Cara menghilangkan embun di kamera HP yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan beras. Mengapa harus beras? Sebab, beras memiliki sifat yang dapat menyerap. Memanfaatkan beras untuk menghilangkan embun di kamera HP lebih mudah dilakukan daripada cara yang lain. Seperti apa cara menghilangkan embun di kamera HP dengan menggunakan beras?

  • Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan wadah terlebih dahulu. Dan jangan lupa wadah tersebut diisi dengan beras secukupnya.
  • Selanjutnya, masukkan HP ke dalam wadah tersebut.
  • Tutup wadah yang berisi beras dan HP.
  • Tunggu sampai embun yang menutupi lensa kamera menghilang.
  • Hanya saja kamu perlu bersabar. Karena biasanya membutuhkan waktu beberapa jam ntuk menghilangkan embun pada kamera HP. Namun, biasanya hal ini tergantung seberapa tebal embun yang melekat pada kamera.
  • Agar tidak bosan menunggu lama, kamu bisa memasukkan HP ke tumpukan beras pada saat hendak tidur. Jadi, setelah bangun, kamu bisa langsung menggunakan kamera HP tersebut.

 

2. Menggunakan Hair Dryer

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
nesabamedia.com

Hair dryer bisa kita manfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan embun di kamera HP, loh. Alat yang kerap digunakan untuk mengeringkan rambut ini, juga bisa menghilangkan embun pada kamera HP-mu. Untuk cara menggunakannya, kamu bisa melihat langkahnya berikut ini, ya.

  • Sebelum menggunakna hair dryer, pastikan HP-mu dalam kondisi mati.
  • Setelah itu, barulah nyalakan hair dryer dengan suhu paling rendah.
  • Arahkan hair dryer pada bagian kamera HP dan lakukan pengeringan secara perlahan.

 

3. Memanfaatkan Silicia Gel

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
health.okezone.com

Kalau kamu kurang puas dengan dua cara menghilangkan embun di kamera HP sebelumnya, cobalah manfaatkan silicia gel. Silicia gel biasanya digunakan untuk menjaga sepatu dan barang lainnya agar tetap kering. Tak heran jika kita sering menemukannya di dalam kotak sepatu baru. Namun, siapa sangka, bila silicia gel juga bisa menghilangkan embun di kamera HP dengan mudah dan cepat. Langkahnya tidak berbeda jauh dengan menggunakan beras.

  • Siapkan wadah, lalu taburkan silicia gel di sekitar handphone.
  • Jangan lupa tutup rapat wadah tersebut, lalu biarkan silicia gel dan handphone tersebut dalam waktu semalaman.
  • Jika kamu menggunakan battery dengan model removable, jangan lupa untuk dilepas terlebih dahulu, ya.
  • Langkah berikutnya, kamu hanya perlu menunggu sampai embun itu menghilang dari kamera.

 

4. Kipas Laptop

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
rumah.com

Cara menghilangkan embun di kamera HP berikutnya adalah dengan menggunakan kipas laptop. Konsepnya memang hampir mirip dengan menggunakan hair dryer. Pasalnya, beberapa kipas laptop memiliki suhu yang cukup hangat seperti hair dryer dan bisa menghilangkan embun tersebut. Seperti apa caranya?

  • Cukup letakkan kamera HP tepat di depan kipas laptop.
  • Biarkan beberapa saat sembari dicek secara berkala, apakah embun sudah hilang atau belum.
  • Namun sayangnya, cara menghilangkan embun di kamera HP menggunakan kipas laptop ini, memungkinkan laptop akan mengembuskan debu serta kotoran dari mesin laptop. Jadi, kamu perlu berhati-hati ketika melakukannya.

 

5. Sorotan Lampu

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
jalantikus.com

Sorotan lampu ternyata juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan embun di kamera HP, loh. Cara ini sangat simpel, karena kamu tidak perlu menggunakan bahan-bahan tambahan lainnya. Lihat cara mudahnya berikut ini:

  • Sebelum menghilangkan embun di kamera HP, alangkah lebih baiknya matikan HP terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, arahkan lensa kamera HP ke atas atau letakkan lensa kamera di bagian atas dengan tengkurapkan HP.
  • Kalau sudah, sorot lampu tersebut ke arah kamera hingga embun menghilang.

 

6. Memanfaatkan Sinar Matahari

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
inews.id

Manfaatkanlah sinar matahari sebagai salah satu cara menghilangkan embun di kamera HP. Walaupun langkah yang satu ini cukup efektif, tapi jika terlalu banyak gumpalan embun, sepertinya cara ini kurang disarankan dan sebaiknya dihindari saja karena berisiko akan membuat kamera semakin buram. Parahnya lagi, kamera juga berisiko menjadi rusak. Namun, jika kamu mengikuti cara menghilangkan embun di kamera HP berikut ini, hal tersebut bisa diminimalisirkan.

  • Langkah pertama, letakkan HP ke dalam sebuah wadah yang bisa menahan paparan sinar matahari secara langsung. Pasalnya, jika kamera terpapar sinar matahari secara langsung akan menyebabkan kamera rusak.
  • Selanjutnya, letakkan wadah berisi handphone di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Kamu bisa menjemur HP yang berada di dalam wadah tersebut sampai embun yang ada di dalam lensa menguap dan menghilang.
  • Meski sudah ditempatkan pada wadah, sebaiknya hindari menjemur hp terlalu lama, ya.

 

7. Melapas Casing HP

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
elppas.com

Bila terdapat embun di kamera HP yang cukup parah, cobalah untuk melepaskan casing HP terlebih dahulu. Banyak orang yang gemar memasang casing tambahan pada HP agar dapat melingungi HP secara ekstra. Namun sayangnya, beberapa jenis casing justru menghalangi lensa kamera HP sehingga membuatnya berdebu atau berembun. Kamu tinggal lepas casing itu lalu bersihkan dengan kain atau cotton bud yang diberi pasta gigi, apabila itu terjadi. Selain itu, pastikan casing yang kamu beli memiliki kualitas yang baik sehingga dapat melindungi HP kamu dengan maksimal.

 

8. Menggunakan Air Panas

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
health.detik.com

Cara menghilangkan embun di kamera HP yang satu ini, memang sedikit berbahaya. Selain itu, juga kurang efektif. Namun, jika cara menghilangkan embun di kamera HP sebelumnya belum juga membuahkan hasil, kamu boleh melakukan langkah yang satu ini. Tapi, harus tetap berhati-hati, jangan sampai HP tercebur, ya.

  • Kamu cukup meletakkan HP di atas wadah yang berisi air panas. Dengan begitu embun di kamera HP akan menguap dnegan sendiri.
  • Pastikan HP tidak terendam di dalam air tersebut.

 

9. Membawa ke Tempat Service Center

9 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh dan Mudah!
pricebook.com

Segala cara menghilangkan embun di kamera HP sudah kamu lakukan dan tetap tidak bisa membantu? Sepertinya ini adalah waktu yang tepat untuk membawa handphone-mu ke tempat service center terdekat. Karena jika gumpalan embun terlalu lama mengendap di HP, akan menyebabkan masalah yang cukup serius. Artinya, embun tersebut sudah menjalar ke komponen lainnya.

Baca Juga: 8 Daftar Aplikasi Pelacak Nomor HP yang Tak Dikenal

Itulah beberapa cara menghilangkan embun di kamera HP dengan mudah. Selamat mencoba!

  • Bagikan