5 Benda yang Bisa Dimanfaatkan untuk Olahraga di Rumah

  • Bagikan
5 Benda yang Bisa Dimanfaatkan untuk Olahraga di Rumah
fitonapp.com

Seruni.id – Ingin rutin berolahraga, tapi biaya gym cukup mahal dan menguras kantong? Tenang saja, kamu juga bisa kok olahraga di rumah dengan benda-benda sederhana tapi sangat bermanfaat. Pasalnya, menjaga kebugaran tubuh tidak melulu harus dilakukan di pusat kebugaran.

Jika kamu punya niat yang kuat, olahraga di rumah bukan lagi menjadi hal yang sulit. Sebab, kamu bisa memafaatkan perabotan rumah tangga. Melansir dari laman beautynesia, berikut benda-benda yang bisa dijadikan alternatif sebagai alat olahraga di antaranya:

 

Daftar Isi

1. Piring Kertas

5 Benda yang Bisa Dimanfaatkan untuk Olahraga di Rumah

Kalau kamu punya piring kertas, manfaatkanlah sebagai sarana untuk kamu berolahraga di rumah. Piring tersebut bisa kamu gunakan untuk menambahkan level kesulitan pada gerakan lunger yang kamu latih di rumah. Cara menggunakannya, berdirilah pada lantas yang keras dengan satu kaki menginjak permukaan piring. Lalu, geser kaki yang beralaskan piring itu ke belakang hingga lutut lain yang menjadi tumpuan membentuk sudut 90 derajat. Bawalah kembali pada posisi awal dan lakukan gerakan tersebut sesuai dengan hitungan yang diperlukan.

 

2. Botol Air Kemasan 1,5 Liter

5 Benda yang Bisa Dimanfaatkan untuk Olahraga di Rumah
health.detik.com

Manfaatkan botol air kemasan 1,5 liter yang kamu miliki untuk olahraga di rumah. Gunakan botol tersebut untuk melakukan squat. Kamu cukup mengisi air ke dalam botol tersebut, untuk volumenya lebih baik disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing. Kemudian peganglah dengan kedua lengan terjulur sejauh mungkin dan lakukan gerakan jongkok. Botol air kemasan tersebut berperan penting untuk menjaga agar posisi tubuhmu tetap sempurna dan seimbang selama melakukan squat. Cara ini juga berguna untuk melatih kekuatan lengan. Gerakan squat sendiri dapat membantu melatih otot lengan dan kaki.

 

3. Tisu Toilet

5 Benda yang Bisa Dimanfaatkan untuk Olahraga di Rumah
kompas.com

Tisu toilet juga bisa kamu manfaatkan untuk olahraga di rumah, loh. Benda ini sangat cocok sekali untuk menemani gerakan palnk. Untuk melakukan gerakan plank, setidaknya kamu membutuhkan 4 gulung tisu. Pertama, awali gerakan dengan posisi plank pada umumnya, yaitu posisi punggung yang lurus, siku berada lebih rendah dari bahu, dan telapak tangan yang menempel di lantai. Gunakan tangan kiri untuk menumpuk satu per satu gulungan tisu di depan tangan kanan sambil tetap mempertahankan posisi plank. Lalu lanjutkan gerakan yang sama dengan menggunakan tangan kanan.

 

4. Kursi

5 Benda yang Bisa Dimanfaatkan untuk Olahraga di Rumah
journal.sociolla.com

Kursi juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan olahraga di rumah. Benda ini dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan tricep dips. Gerakan olahraga yang satu ini bisa membantu menguatkan otot di belakang lengan bagian atas sehingga menambah ukuran lengan. Ketika kamu melakukan gerakan ini secara rutin, maka stabilitas dan fleksibilitas pada lengan serta bahu akan meningkat. Sehingga akan meminimalisir risiko terjadinya cidera saat melakukan olahraga lain. Cara melakukan gerakannya pun terbilang sederhana karena menyerupai gerakan push-up. Hanya saja dengan arah yang berbeda.

 

5. Sapu

5 Benda yang Bisa Dimanfaatkan untuk Olahraga di Rumah
halodoc.com

Lagi-lagi, kamu tidak perlu mengeluatkan uang banyak untuk berolahraga maksimal. Sebab, sapu bisa kamu sulap sebagai barbel dan partner squat yang luar biasa, loh. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengangkat kedua tangan lurus ke atas dan squat. Meski ringan, tapi gerakan ini cukup sulit, loh. Karena kita harus menjaga core agar bokong dapat turun ke bawah, jadi hitungannya benar-benar seperti body workout. Gerakan ini juga bagus untuk stretching, karena akan membuat postur tubuh jadi benar.

Baca Juga: 13 Manfaat Olahraga Squat bagi Wanita

Itulah benda-benda yang bisa kamu manfaatkan untuk olahraga di rumah. Sangat sederhana, bukan? Yuk mulai olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selamat mencoba!

  • Bagikan