5 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel dengan Mudah

  • Bagikan
5 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel dengan Mudah
pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Menghilangkan karat pada stainless steel kini tidak hanya menjadi mimpi belaka. Kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah, bahkan membuatnya tampak seperti baru.

Stainless steel banyak dipilih oleh ibu rumah tangga karena keawetannya. Meski dipercaya awet, tapi bahan tersebut juga bisa berkarat, loh. Sebenarnya, noda karat pada stainless steel muncul karena pengaruh dari peralatan dapur lainnya, seperti sendok atau garpu berbahan logam yang berkarat. Ketika noda karat tersebut menempel di permukaan stainless steel dalam jangka waktu lama dan teroksidasi dengan air, maka membuat permukaan stainless juga berkarat. Tentu ini menajdi pemandangan yang tak sedap dipandang. Namun, dengan cara berikut ini, noda tersebut bisa hilang secara sempurna. Bagaimana caranya?

 

1. Uap Panas

5 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel dengan Mudah
lifestyle.okezone.com

Cara menghilangkan karat pada stainless steel yang pertama, adalah dengan memanfaatkan uap panas dari air mendidih. Mengapa harus uap panas? Sebab, uap panas akan membuat karat pada stainless lebih mudah dipersihkan. Kamu hanya perlu menyiapkan air mendidih dan kain microfiber.

Cara melakukannya pun tidaklah sulit, cukup letakkan kain tersebut di atas permukaan stainless steel yang berkarat. Lalu tuangkan air mendidih secukupnya ke atas kain. Biarkan uap berproses selama 5-10 menit. Setelah permukaan mendingin, barulah kamu bisa menggosoknya menggunakan kain dengan gerakan mengikuti arah serat.

 

2. Cuka Putih

5 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel dengan Mudah
beres.id

Cuka putih juga dipercaya ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada stainless. Caranya sangatlah mudah, cukup tuangkan cuka putih ke dalam baskom berisi air, lalu rendam perabotan dapur stainless steel yang berkarat ke dalamnya.

Kemudian biarkan perabotan tersebut direndam selama semalaman, lalu keluarkan dan sisihkan. Selanjutnya, kamu boleh mencuci perabotan tersebut menggunakan air dan sabun pencuci piring. Setelahnya, jangan lupa dikeringkan dengan kain bersih.

 

3. Soda Kue dan Sabun Pencuci Piring

5 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel dengan Mudah
aladokter.com

Soda kue memang terkenal kaya akan manfaat, salah satunya dapat menghilangkan karat pada stainless steel. Perpaduan antara soda kue dan sabun pencuci piring terbukti ampuh untuk membersihkan peralatan dapur. Soda kue adalah bahan abrasif yang sangat halus dan tidak akan meninggalkan goresan pada permukaan stainless. Jadi, peralatan dapurmu akan selalu terlihat bagus dan tahan lama.

Untuk menghilangkan karat pada stainless steel, oleskan campuran soda kue dan sabun cuci piring cair ke kain mikrofiber atau kain lembut lainnya, dan gosokkan pada noda, gerakkan maju mundur searah dengan serat logam. Jika noda karat sudah benar-benar hilang, bilas permukaan stainless steel menggunakan air dan keringkan menggunakan kain bersih.

 

4. Lemon

5 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel dengan Mudah
kompas.com

Buah yang sering dijadikan sebagai minuman menyegarkan ini, ternyata juga bisa menjadi salah satu cara ampuh menghilangkan karat pada stainless, loh. Untuk menghilangkannya, kamu cukup memeras satu buah lemon di atas permukaan perabotan stainless yang sebelumnya sudah dilapisi dengan garam.

Kamu perlu mendiamkannya selama dua jam agar kandungan lemon dan garam meluruhkan karat di perabotan tersebut. Setelah itu, ambil sisa kulit lemon dan gosokkan ke bagian permukaan perabotan stainless steel yang berkarat. Kalau sudah selesai, bilas perabotan untuk menghilangkan sisa-sisa garam, lemon, dan karat, lalu biarkan kering.

 

5. Kentang dan Sabun Cuci Piring

5 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel dengan Mudah
briliofood.net

Cara menghilangkan karat pada stainless steel berikutnya adalah dengan memanfaatkan kentang dan sabun cuci piring. Walaupun dirasa tidak mungkin, tapi cara ini sudah terbukti ampuh. Apalagi, kedua bahan ini sangat mudah ditemukan.

Adapun cara menghilangkannya yaitu dengan memotong kentang menjadi dua bagian, lalu celupkan setengah ujung kentang ke dalam sabun cuci piring. Gunakan ujung tersebut untuk menggosok bintik-bintik berkarat pada perabotan stainless steel sampai nodanya hilang. Setelah itu, cuci bersih perabotan stainless steel, biarkan kering, dan lap menggunakan kain bersih.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Membandel pada Pakaian, Dijamin Ampuh!

Itulah cara menghilangkan karat pada stainless steel dengan mudah. Agar stainless terhindar dari karatan, kamu bisa mencegahnya dengan mengurangi paparan udara dan air, sehingga permukaannya tetap kering dan bebas karat. Jangan lupa juga untuk membersihkannya secara rutin, agar tidak ada sisa kotoran yang menempel. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan