9 Kartun Islami yang Menghibur dan Mendidik untuk Anak

  • Bagikan
9 Kartun Islami yang Menghibur dan Mendidik untuk Anak
republika.co.id

Seruni.id – Mengajari ilmu agama pada anak memang harus dilakukan sejak dini. Namun, ajarilah mereka dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya bisa melalui tontonan kartun Islami. Sebab, biasanya anak akan lebih mudah memahami apabila belajar dengan gaya visual. Bagi para orangtua, kalian tidak perlu pusing, sekarang sudah banyak film kartun Islami yang mengajarkan pendidikan Islam dengan cara penyampaian yang ringan. Kartun apa saja, ya? Simak daftar kartun Islami yang cocok untuk si kecil.

 

1. Ali dan Sumaya

Rekomendasi kartun Islami yang pertama yaitu Ali dan Sumaya. Dalam film tersebut, Ali dan Sumaya adalah kakak beradik yang selalu ingin belajar dan mengetahui tentang agama Islam. Kartun Islami ini merupakan buatan Imanimation Studios, menyajikan tontonan yang mendidik untuk anak. Mulai dari belajar cara bersuci, sholat, dan membaca Al-Qur’an. Selain mempelajari ilmu agama, kartun Islami ini juga memiliki bahasa pengantar yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga si keicil akan terlatih mempelajari bahasa sejak dini.

 

2. Nussa

Nussa adalah salah satu kartun Islami karya anak Indonesia yang harus masuk ke dalam daftar tontonan anak. Film ini akan menyajikan kisah kehidupan sehari-hari tentang kakak beradik bernama Nussa dan Rara. Kamu akan menemukan bagaimana Nussa dan Rara menjalani kehidupan keluarga muslim bersama Uma, Abah, dan tokoh lainnya. Selain menyenangkan, anak-anak akan diajarkan tentang ilmu agama. Seperti sholat, berpuasa, dan berdoa.

 

3. Alif dan Alya

Sama seperti kartun Islami sebelumnya, kartun ini juga mengisahkan tentang dua tokoh utama, yakni Alif dan Alya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tak hanya menceritakan tentang masalah kehidupan yang dibumbui pembelajaran ilmua gama, tapi juga diberikan contoh bagaimana mengikuti ajaran yang benar dalam agama. Misalnya bagaimana kedua tokoh tersebut saling menolong dengan temannya, memulai segala sesuatunya dengan berdoa, serta mengajarkan anak untuk menghormati orangtua dan sesama. Kartun ini juga turut menghadirkan kumpulan lagu anak agar tidak monoton dan lebih menyenangkan.

 

4. Syamil dan Dodo

Berbeda dengan kartun sebelumnya yang menceritakan tentang kakak beradik, kartun Islami yang berikut ini justru menceritakan tentang pertemanan antara dua tokoh utama, yakni Syamil dan Dodo. Keduanya adalah orang yang sama-sama memiliki sifat iseng dan jahil. Tak jarang, kisah keluarga Syamil juga diceritakan dalam kartun ini. Tontonan ini sangat baik disuguhkan untuk anak-anak. Mereka akan mendapatkan wawasan yang luas soal ilmu agama. Film kartun ini akan memberikan pembahasan yang cukup detail tentang banyak hal, seperti sholat berjamaah dan berzakat.

 

5. Hafiz dan Hafizah

Sesuai dengan namanya, film ini mengisahkan tentang dua orang yang menghafal Al-Qur’an, yakni Hafiz dan Hafizah. Mereka dididik oleh sang ayah untuk bisa menjadi seorang penghafal Al-Qur’an. Meski di dalam kartun ini keduanya hidup tanpa seorang ibu, tapi ayahnya berhasil mendidik mereka untuk memiliki rasa kecintaan dan semangat tinggi dalam menghafal. Film ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tontonan anak-anak.

Karena kisahnya sangat menginspirasi dan bisa menjadi motivasi bagi anak untuk tidak malas mempelajari ilmu agama, termasuk menghafal Al-Qur’an. Selain itu, kartun Islami ini juga menceritakan kehidupan anak-anak yang dilalui Hafiz dan Hafizah bersama teman-teman seusianya yang digambarkan melalui karakter Ina, Nico, Kubil, dan Humaira.

 

6. Omar dan Hana

Animasi yang berasal dari negeri Jiran ini, tak kalah edukatif dari kartun sebelumnya. Meski karakter utamanya dalah Omar dan Hana, tapi peran orangtua mereka tak kalah penting, loh. Sebab, orangtua Omar dan Hana begitu memperhatikan tumbuh kemabang sang anak. Tak lupa, juga menanambkan ajaran Islam. Mulai dari belajar mengaji, sholat, hingga doa sehari-hari. Agar mudah dihafal, terdapat lagu-lagu sederhana yang diperdengarkan pada setiap episodenya.

 

7. Riko the Series

Serial kartun Islami berikutnya adalah Riko the Series. Ini merupakan salah satu tontonan untuk anak-anak yang mengajarkan tentang agama Islam. Film ini menceritakan keseharian Riko dengan sahabatnya yakni Robot Q110. Riko sangat senang mempelajari banyak hal, termasuk ilmu agama. Semua hal baru yang dipelajarinya juga dikaitkan dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Sehingga dengan melihat sekeliling, anak bisa diajarkan bersyukur untuk mengagungkan ciptaanNya yang begitu indah dan berguna bagi kehidupannya.

 

8. Adit dan Sopo Jarwo

Meski kisahnya kerap mengocok perut, tapi sebenarnya animasi Adit dan Sopo Jarwo ini menyelipkan nilai-nilai islam, loh. Bahkan, setiap episodenya selalu diakhiri dengan nasihat dari Pak Ustaz. Selain itu, Adit Sopo Jarwo juga sering menampilkan adegan di mana Jarwo meminta maaf setelah melakukan kesalahan. Sedangkan sosok Adit digambarkan sebagai anak laki-laki yang sopan, berbakti pada orangtua, dan gemar membantu orang lain.

 

9. Upin & Ipin

Sepertinya kartun Islami yang satu ini tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, tapi banyak pula orang dewasa yang menyukainya. Upin & Ipin cukup terkenal, baik di Indonesia maupun di negara asalnya, Malaysia. Kartun ini mengisahkan tentang sepasang anak kembar Upin dan Ipin besarta teman-teman dan keluarganya di Kampung Durian Runtuh. Walaupun tidak dikhususkan menjadi kartun muslim, tapi sering kali menyajikan nilai-nilai islami. Seperti saat puasa atau lebaran. Selain itu, Upin & Ipin juga memiliki episode belajar mengenal huruf hijaiyah dan mengaji.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Itulah beberapa rekomendasi kartun Islami untuk anak yang menghibur dan berisi edukasi. Dari film di atas, kamu bisa memilihnya sebagai bahan tontonan edukasi untuk mengisi waktu luang di bulan puasa nanti.

  • Bagikan