6 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

pontianak.tribunnews.com

Seruni.id – Munculnya kutil pada kulit tentu sangat mengganggu. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara menghilangkan kutil yang bisa kamu coba. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Sebenarnya, Kutil itu Penyakit atau Bukan?

Image result for kutil di tangan
klikdokter.com

Kutil tergolong sebagai tumor jinak yang disebabkan oleh virus. Kebanyakan penyebab dari kutil adalah Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini menginfeksi lapisan atas kulit dan pertumbuhannya cepat. Kamu bisa terinfeksi virus ini apabila ada luka di kulitmu, kemudian kamu menyentuh seseorang yang memiliki virus tersebut. Virus ini juga dapat menyebar pada seseorang yang memakai handuk, sisir, dan alat-alat pribadi bersama.

Bawang Putih

Cara menghilangkan kutil yang pertama yaitu dengan bawang putih. Ambil satu siung bawang putih dan memarkan. Atau bisa juga dengan cara memotongnya menjadi dua bagian. Lalu, gosokkan bawang putih yang telah dimemarkan pada area tersebut, atau potong bagian ujung siung bawang putih agar cairannya meresap ke dalam kutil.

Cuka Apel

Cuka sangat baik untuk digunakan mengobati masalah kulit. Tapi tidak semua cuka bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Cuka apellah yang bisa mengatasi hal tersebut. Caranya cukup mudah, basahi kapas dengan cuka apel lalu tempelkan pada kutil dan tutup dengan plester.

Kapur Sirih dan Detergen

Menggunakan kapur sirih yang dicampur dengan detergen akan menghilangkan kutil pada kulit karena panas dari bahan yang digunakan akan menghilangkan kutil yang tumbuh. Cara mengolahnya juga mudah yaitu dengan sedikit kapur sirih dicampur dengan sedikit detergen dengan ukuran yang sama lalu diaduk rata. Setelah itu, oleskan kutil dengan kapur sirih tersebut dan biarkan hingga kering kemudian dibersihkan dengan air hangat.

Minyak Kastor dan Baking Powder

Oleskan campuran minyak kastor dan baking powder dengan kapas atau cotton bud pada kutil. Tutup dengan plester selama semalam, kemudian ganti pada pagi harinya. Bahan ini akan menyebabkan iritasi pada kutil sehingga membuatnya terkelupas. Cara ini dianggap lebih efektif dalam mengatasi kutil yang berbentuk datar di wajah dan punggung tangan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melawan kutil agar tidak tumbuh kembali kerap dilakukan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi bahan makanan tertentu, seperti biji bunga matahari, pepaya, kerang, kiwi, jahe, kacang almond, yogurt, atau bawang putih.

Baca Juga:10 Makanan Bergizi untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Mengoleskan Vitamin C

Umumnya cara ini dilakukan dengan menghancurkan tablet vitamin C, kemudian campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada kutil, kemudian tutup dengan plester. Lepaskan plester di malam hari untuk membiarkannya terkena udara, lakukan selama beberapa hari.

Baca Juga: Kemungkinan Anda Kekurangan Vitamin C Jika Tubuh Anda Mengalami Beberapa Hal ini!

Meski demikian, cara menghilangkan kutil secara alami di atas belum tentu berhasil dan efektivitasnya pun belum teruji secara medis. Hampir semua cara menghilangkan kutil secara alami di atas tetap tidak bisa membunuh virus penyebab kutil. Kutil masih berpotensi menyebar ke anggota tubuh lain atau kembali muncul di area yang sama di kemudian hari.

Untuk menghindari penyebaran kutil pada orang lain, sebaiknya jangan berenang di kolam renang umum, kenakan sandal saat berada di tempat umum yang berair, seperti di mushola atau masjid, cuci tangan secara teratur, dan hindari menyentuh kutil karena berisiko menyebar ke bagian tubuh yang lain. Selain itu, kutil juga berisiko menyebar melalui aktivitas seksual maupun luka yang terbuka.

Perlu diperhatikan bahwa cara menghilangkan kutil secara alami di atas, belum teruji secara medis. Sebaiknya kamu tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan kutil yang tepat dan terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi. Dokter mungkin akan memberi rekomendasi tindakan khusus untuk membantu menghilangkan kutil secara efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.