Lakukan 5 Hal ini Kalau Kamu Sedang Merasa Kesepian

  • Bagikan
Lakukan 5 Hal ini Kalau Kamu Sedang Merasa Kesepian
wolipop.detik.com

Seruni.id – Setiap orang pasti pernah merasa kesepian. Perasaan itu muncul ketika diri merasa tertekan dalam kesendirian. Hal ini tidak sama dengan isolasi sosial, yang terjadi karena kurangnya interaksi teratur dengan orang lain. Bahkan, kesepian juga bisa terjadi sekalipun kita berada di tengah keramaian. Apabila perasaan kesepian terjadi berlarut-larut, bukan tidak mungkin akan berdampak pada emosi, kondisi fisik, serta mental. Agar tidak merasa kesepian berkepanjangan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti:

Lakukan 5 Hal ini Kalau Kamu Sedang Merasa Kesepian
grid.id

1. Bersyukur Atas Hal-hal Positif dalam Hidup

Saat kamu merasa kesepian, cobalah luangkan waktumu untuk menuliskan hal-hal apa saja yang kamu syukuri. Seperti ucapan terima kasih pada diri sendiri karena sudah mampu melalui hari-hari yang cukup berat. Kemudian, ingat kembali momen-momen bahagia bersama teman atau keluarga, ungkapkan rasa rindu dengan berbicara pada mereka meskipun hanya via ponsel. Hal sederhana lainnya yang patut disyukuri adalah karena diberikan kesehatan, sehingga kamu bisa beraktivitas dan makan makanan favorit dengan nikmat.

 

2. Kenali Emosi Sendiri

Emosi yang tidak diekspresikan dan terpendam, layakanya bom waktu yang akan meledak. Maka, cobalah kenali emosi sendiri. Tidak ada salahnya jika sesekali kamu berbagi cerita dengan orang terdekatmu tentang apa yang kamu rasakan, opinimu, dan lainnya yang ingin kamu utarakan. Namun, berbagi emosi yang menyakitkan atau tidak diinginkan dengan orang lain memang bisa terasa sulit, terutama jika kamu tidak terbiasa membicarakan perasaan sendiri. Solusi yang tepat adalah, kamu bisa menulis jurnal harian atau merekam suara untuk mengekspresikan emosi. Kamu juga bisa mengenali dan mengelola emosi dengan melakukan meditasi.

 

3. Batasi Penggunaan Media Sosial

Saat merasa kesepian, mengapa kita harus membatasi penggunaan media sosial? Bukankah media sosial bisa menjadi sarana hiburan ketika diri sedang merasa sepi? Ternyata, bermain media sosial tidak sama sekali bisa mengusir rasa sepi tersebut. Seperti sebuah studi yang dirilis di American Journal of Preventive, menemukan bahwa penggunaan medosos hanya akan membuat seseorang semakin merasa kesepian. Media sosial menciptakan kesan seolah kamu menjalin relasi, tetapi sebenarnya justru sebaliknya.

Dalam sebuah buku berjudul ‘Alone Together’, psikolog sosial Sherry Turkle berpendapat adanya hiperkoneksivitas melalui media sosial yang membuat seseorang menjadi lebih terasing satu sama lain dalam kehidupan nyata. Daripada menghabiskan waktu hanya untuk berselancar di media sosial, bukankah bertemu dan tatap muka jauh lebih baik? Karena pada dasarnya manusia membutuhkan sentuhan fisik agar merasa terhibur dan terhubung.

 

4. Lakukan Kegiatan untuk Melatih Kreativitas

Ketika kamu merasa kesepian, cobalah melakukan kegiatan baru untuk melatih kreativitasmu dan meningkatkan kesehatan mental. Apa yang bisa dilakukan? Seperti melukis, mewarnai, membuat kue, menulis, atau menyanyi. Lakukanlah kegiatan positif yang kamu sukai, karena kamu akan menemukan ketenangan batin ketika melakukannya. Perlu kamu ketahui, bahwa menjaga kesehatan mental sama baiknya dengan menjaga kesehatan fisik. Keduanya berperan imbang dalam tubuh dan pikiran. Jika kamu masih merasa kesepian dan putus asa, kamu bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi kepada ahlinya seperti konselor atau psikolog.

 

5. Menyadari Bahwa Kesepian Bisa Dilawan

Sebenarnya, ketika kamu merasa kesepian, perasaan itu bisa kamu lawan, loh. Sebab, ketika merasa kesepian, tandanya ada sesuatu yang memicu ingatanmu akan perasaan menyakitkan, menakutkan, dan hampaan yang membuatmu merasa sendirian. Otak dirancang untuk memperhatikan rasa sakit dan bahaya, termasuk perasaan menakutkan dan menyakitkan.

Oleh karena itu, saat kamu merasa kesepian, otak mengirimkan sinyal yang membuatnya mendominasi perasaanmu. Namun, kamu harus sadar, bahwa pada dasarnya kesepian hanyalah kondisi emosi yang sebenarnya muncul dari dalam diri kamu berdasarkan presepsi sendiri. Kesepian bisa kamu lawan, jangan hanya ditunggu sampai keadaan membaik sendiri.

Baca Juga: Sering Merasa Gelisah? Ini 6 Ayat Al-Qur’an yang Bisa Menjadi Penawarnya

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika sedang merasa kesepian. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan