10 Tips Merawat Leher Agar Tetap Kencang Anti Keriput

  • Bagikan
10 Tips Merawat Leher Agar Tetap Kencang Anti Keriput
dermeva.com

Seruni.id – Merawat bagian tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki, mungkin adalah hal yang biasa. Namun, pernahkah kamu merawat leher-mu secara khusus meski hanya sekali? Sayangnya, bagian tersebut kerap kali terlupakan, padahal merawat kulit leher juga penting, loh. Sebab, jika tidak dirawat, akan lebih mudah mengalami penuaan dini, keriput, dan bergelambir.

10 Tips Merawat Leher Agar Tetap Kencang Anti Keriput
kumparan.com

Bayangkan saja, jika wajahmu sudah mulus, kencang, dan terawat, tapi kondisi leher justru sebaliknya. Pastinya kamu tidak ingin kan hal ini terjadi? Tapi, tapi tak perlu khawatir. Kamu masih tetap bisa mencegahnya dengan memberikan perhatian khusus agar tidak mengalami keriput leher. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan agar kulit leher tidak berkerut:

1. Gunakan Sunscreen

Mungkin kita berpikir hanya bagian wajah saja yang membutuhkan sunscreen. Padahal, penggunaan sunscreen pada leher juga perlu, loh. Apalagi, bagi kamu yang tidak berhijab, tentunya leher akan lebih mudah terpapar sinar matahari. Maka dari itu, sebelum berkegiatan di luar rumah, pastikan kamu telah mengaplikasikan sunscreen, ya. Baik pada wajah maupaun leher. Hal ini bertujuan agar kulitmu terhindar dari sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan tanda penuaan dini, bintik hitam, dan iritasi.

2. Exfoliate

Selain itu, perlu juga melakukan eksfoliasi pada leher untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, karena kulit leher cukup sensitif, halus, dan tipis, kamu perlu menghindari penggunaan pembersih dengan scrub yang kasar. Untuk melakukan chemical eksfoliasi, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter kulit. Usahakan untuk tidak melakukan eksfoliasi lebih dari sekali dalam seminggu, ya. Karena area leher sangat sensitif, dikhawatirkan akan menyebabkan kemerahan dan iritasi.

3. Perhatikan Gerakan Kecil

Tanpa kita sadari pada bagian leher terdapat lipatan dan kerutan kecil. Hal ini bisa muncul karena aktivitas yang kita lakukan. Misalnya memainkan ponsel dengan kepala agak tertunduk. Agar kulit leher tetap terjaga, biasakan gunakan ponsel secara sejajar dengan mata.

4. Menjaga Kelembapannya

Untuk mengatasi kerutan di leher, kamu harus pandai-pandai menjaga kelembapannya. Ketika kamu mengaplikasikan skincare pada wajah, jangan lupakan bagian leher, ya. Sebisa mungkin, oleskan sisa krim yang digunakan pada wajah, tepuk-tepuk secara lembut. Hindari menggosoknya, karena hal ini hanya akan menimbulkan kerutan.

5. Menggunakan Masker Leher

Lagi-lagi, merawat leher itu sama halnya seperti merawat wajah. Di mana kamu juga harus menggunakan masker leher untuk menjaga agar tetap kencang anti keriput. Tak perlu menggunakan produk perawatan leher dengan harga mahal, cukup memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumahmu. Seperti campuran putih telur dan madu, keduanya diaplikasikan pada leher, biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Masker alami ini sangat berguna untuk menghilangkan garis-garis halus pada leher.dermeva.c

6. Menggunakan Toner

Selain pada wajah, toner juga bisa kamu aplikasikan pada leher. Mengingat sisa kotoran tidak hanya menempel pada wajah, tapi juga pada leher. Merawat leher dengan cara menggunakan toner akan membuatnya tampak lebih bersih dan terhindar dari penuaan dini.

7. Olahraga

Cara merawat leher berikutnya adalah dengan berolahraga. Mungkin kamu berpikir ini tidak ada hubungannya dengan kulit leher. Padahal, olahraga merupakan cara terbaik untuk membuang racun dan menjaga kekencangan kulit, termasuk leher. Dengan olahraga secara rutin, maka lemak yang menumpuk di leher akan merangsang dan memproduksi kolagen tubuh.

8. Perhatikan Parfum yang Kamu Gunakan

Menyemprotkan parfum pada leher adalah salah satu cara agar tubuh tetap harum seharian. Namun, parfum sendiri mengandung alkohol yang sangat berpengaruh terhadap kulit. Apalagi, kulit leher sangat tipis dan sensitif. Usahakan untuk tidak terlalu sering atau terlalu banyak menyemprot parfum pada leher, karena hanya akan membuatnya kering.

9. Jangan Menggosok Leher Terlalu Kencang

Salah satu penyebab kulit leher mudah keriput adalah karena area tubuh yang satu ini memiliki lapisan epidermis yang tipis. Maka dari itu, hindarilah menggosok leher terlalu kencang, ini hanya akan membuatnya semakin menipis dan mempercepat penuaan. Saat mandi atau mengaplikasikan skincare, cukup lakukan sekali dengan gerakan satu arah. Begitupun ketika mengeringkan tubuh, kamu hanya perlu menepuk-nepuk leher dengan lembut.

10. Pilih Skincare dengan Kandungan yang Dapat Meningkatkan Kolagen

Sama halnya dengan tanda-tanda penuaan lain, kita harus meningkatkan produksi kolagen untuk mengembalikan elastisitas kulit leher. Mengapa demikian? Sebab kolagen berperan penting dalam menjaga tidak mengendur dan keriput. Oleh karena itu, usahakan kamu mencari produk-produk yang mengandung retinol dan peptida, serta asam hialuronat (hyaluronic acid), yang melembapkan dan mengenyalkan kulit.

Baca Juga: 11 Manfaat Bunga Calendula untuk Kesehatan Kulit

Kamu tidak ingin kan kulit leher keriput dan bergelambir? Maka dari itu, rajin-rajinlah merawat leher dengan sekian perawatan di atas, ya.

  • Bagikan
seruni.id