8 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif untuk Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

  • Bagikan
7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif untuk Hidup Lebih Sehat dan Bahagia
cantik.tempo.co

Seruni.id – Mungkin kamu pernah menciptakan pikiran negatif. Seperti mengkhawatirkan akan masa depan, peristiwa di masa lalu, atau hanya berfokus pada bagian-bagian kehidupan yang membuat diri merasa tidak puas. Bukankah terjebak dalam pikiran negatif adalah hal yang sangat melelahkan? Selain itu, akan membuat fokus utama teralihkan.

7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif untuk Hidup Lebih Sehat dan Bahagia
hellosehat.com

Bahkan, kamu akan sulit menikmati pengalaman yang menyenangkan. Namun, dengan latihan dan pengelolaan diri yang baik, kamu bisa mengetahui cara menghilangkan pikran negatif sehingga bisa memberikan kebahagiaan dan kenyamanan. Dan yang paling utama adalah membuatmu lebih sehat. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

 

1. Hindari Berpikir Secara Berlebihan

Bukan rahasia lagi, bahwa apapun yang berlebihan tentu tidaklah baik. Bisa jadi pikiran negatif muncul ketika kamu berpikir akan satu hal secara berlebihan. Terlalu berlebihan dalam berpikir hanya akan membuatmu kecewa dan menjebakmu. Maka solusi yang tepat adalah dengan mengurangi kebiasaan tersebut. Tenangkan diri dan berpikir bahwa semua akan baik-baik saja. Tidak perlu berlebihan. Biarkan semua berjalan dengan semestinya.

 

2. Tuliskan Pikiran Negatifmu pada Secarik Kertas

Mungkin menuliskan pikiran negatif pada secarik kertas, lalu membuangnya, adalah hal yang konyol. Namun, hal tersebut dapat membuat perbedaan besar dan salah satu cara menghilangkan pikiran negatif terhadap diri sendiri pun orang lain. Maka ketika muncul pikiran negatif dalam pikiranmu, segeralah tulis. Ini sebagai dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang dikatakan pada diri sendiri dan hal yang dirasakan.

 

3. Afirmasi Diri

Sering tak kita sadari bahwa kebiasaan berpikir negatif akan berpengaruh terhadap tindakan yang kita lakukan. Tidak dapat dipungkiri seseorang secara tidak sadar telah menciptakan sendiri pikiran-pikiran negatif yang terbentuk atas pengalamannya. Teguhkan dalam hati dengan pernyataan-pernyataan positif. Dengan hal itu maka dapat membantu mengubah pikiran seseorang menjadi positif. Pikiran positif akan menghadirkan ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani hari-hari.

 

4. Pergi ke Luar Rumah

Mengapa harus ke luar rumah? Sebab, dengan kamu ke luar rumah, kamu akan melihat hal-hal yang berbeda. Ini merupakan sebuah metode yang baik untuk membersihkan pikiran dan cara menghilangkan pemikiran negatif. Kamu bisa pergi ke taman, halaman rumah, maupun kafe. Jika tak ingin sendirian, kamu boleh mengajak teman yang kamu percaya untuk meluangkan perasaan dan pikiran negatif yang mengganjal di hati.

 

5. Berteman dengan Orang-orang Positif

Ternyata lingkungan juga dapat berpengaruh terhadap perilaku seseorang, loh. Ada banyak jenis faktor yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang, mulai dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan tempat tinggal. Maka penting sekali untuk memilih lingkungan yang baik dna positif. Sebab, pengaruh positif akan memberikan nasib yang positif untuk kehidupan seseorang. Jika saat ini lingkunganmu masih jauh dari kata baik, segeralah mencari teman yang positif agar hidupmu semakin penuh kebaikan.

 

6. Berhenti Melakukan Penilaian

Setiap orang tentu pernah melakukan penilaian, entah terhadap diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain dengan rasa ketidak puasan. Untuk menghilangkan pikiran negatif dan berhenti membandingkan diri dengan orang lain, maka istiralatlah sejenak dari pikiran yang menghakimi. Selain itu, buatlah penilaian yang positif dalam diri sendiri, terhadap orang lain, atau ketika berada di sebuah situasi.

 

7. Meditasi

Biasanya amarah muncul akibat pikiran seseorang yang negatif. Banyak penyebab rasa marah muncul dalam diri seseorang, seperti ketika diremehkan, diperlakukan tidak adil, frustasi, dan lain sebagainya. Penyebab tersebut muncul karena pikiranmu dikuasi dengan hal negatif. Nah, untuk menghilangkan hal tersebut, maka lakukanlah meditasi. Dengan bermeditasi, kamu dapat mengelola emosi atau perasaan dan mengurangi rasa sakit dan stres akibat kebiasaan berpikir negatif.

 

8. Tak Perlu Khawatir Berlebihan

Pikiran negatif sering kali muncul ketika kita selalu memikirkan bahwa tindakan yang dilakukan terhadap orang lain itu salah. Menurut Anxiety and Depression Association of America, bukan fakta atau informasi yang dapat membuat kira berpikiran negatif. Namun, karena rasa khawatir yang terlalu berlebihan. Cara menghilangkan pikiran negatif tehadap orang lain adalah mulai untuk berpikiran santai dan beranggapan bahwa pikiran atau ide-ide yang muncul terlintas adalah tidak begitu penting.

Pikiran hanyalah pikiran semata dan itu bukanlah fakta. Isi pikiran negatif kita tidak penting dan tidak benar. Hal terpenting adalah bagaimana kita memperlakukan pikiran dengan matang dan positif. Tidak terlalu mempercayai pikiran negatif yang muncul dan menyebabkan gangguan kecemasan.

Baca Juga: Tips Hidup Bahagia Lahir dan Batin Menurut Islam

Jadi, itulah tujuh cara menghilangkan pikiran negatif dalam diri, sehingga membuat hidup lebih sehat dan bahagia. Semoga membantu, ya.

  • Bagikan