10 Hal Sepele yang Membuat Hidup Lebih Bahagia

10 Hal Sepele yang Membuat Hidup Lebih Bahagia
google.com

Seruni.id – Hidup tak melulu tentang kesedihan dan keterpukuran saja. Namun, banyak momen bahagia yang bisa kita ciptakan. Tak bisa dipungkiri, jalan hidup terkadang terasa sulit dan penuh perjuangan.

10 Hal Sepele yang Membuat Hidup Lebih Bahagia
google.com

Sebagian orang dapat melewatinya dengan baik dan tetap bahagia, sebagiannya lagi justru patah arah. Sesungguhnya, kamu juga bisa melakukannya lewat hal-hal yang mungkin kamu anggap sepele. Padahal, hal tersebut bisa membuat hidup lebih bahagia. Berikut telah Seruni rangkum 10 hal sepele yang membuatmu lebih bahagia.

1. Ubahlah Kesalahan Menjadi Pelajaran

Kesalahan adalah hal wajar dalam hidup setiap manusia. Menyalahkan diri sendiri dan orang lain, bukanlah solusi untuk memperbaiki keadaan. Kamu pun akan terus terpuruk jika menyalahkan dirimu. Sebaiknya, berdamailah dan jadikan kesalahan tersebut menjadi sebuah pelajaran berharga dalam hidupmu. Ketika ada yang tidak beres, anggap saja itu kesempatan untuk tumbuh menjadi diri yang lebih baik lagi, hidup lebih bahagia.

2. Memaafkan Orang Lain

Memaafkan bukan hal mudah untuk dilakukan. Apalagi memaafkan orang yang telah menorehkan luka di hati. Tapi perlu kamu ketahui, bahwa dengan memaafkan, hidup lebih bahagia dan hati akan terasa tenang. Jika pemikiran untuk ‘memaafkan’ masih terlalu sulit, cobalah untuk menggantik prespektifnya sebagai langkah memberi kebahagiaan terhadap diri sendiri. Dengan kata lain, kamu memaafkannya bukan untuknya, namun bentuk dari mencintai diri sendiri.

3. Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih, mungkin sangat sepele sekali. Namun, satu kata sederhana itu, sangan berdampak sekali dalam kehidupan. Contohnya bisa membuat orang lebih bahagia. Luangkanlah waktu sejenak untuk bersyukur hal-hal kecil. Ini takan muncul dengan sendirinya, melainkan harus dipraktekan dalam jangka waktu yang panjang hingga akhirnya kamu terbiasa. Kebahagiaanmu pun akan meningkat. Baik sekedar berterimakasih dengan penjaga kasir supermarket yang ramah atau rekan kerja yang sudah membantumu. Ada banyak peluang untuk menghargai hal-hal kecil.

4. Buang Pikiran Negatif

Memikirkan suatu hal secara berlebihan, bahkan membiarkan pikiranmu berkelana ke sana ke sini, memikirkan hal buruk, membuat diri menjadi lebih tertekan dan jauh dari kebahagiaan. Lantas, bagaimana cara menyiasatinya? Tuliskan segala hal negatif yang ada dalam pikiranmu di secarik kertas, lalu buanglah kertas tersebut ke tempat sampah atau dibakar. Tindakan yang mungkin sangat sepele ini, terbukti akan meningkatkan perasaanmu menjadi lebih baik.

5. Berlibur

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri atau lintas benua, ada banyak cara yang lebih murah dan mudah membuat hidup lebih bahagia. Seperti mencicipi makanan baru, atau sekedar menikmati pemandangan sambil menghirup udara segar di dalam kota, bisa menjadi hal yang menyenangkan. Kamu bisa berpergian sendiri atau mengajak teman dan menyesuaikan dengan budget yang tersedia.

6. Konsisten Berolahraga

Olahraga dipercaya dapat meningkatkan rasa bahagia. Kamu tidak perlu melakukannya setiap hari, mulailah dengan melakukan tiga hari sekali secara rutin. Jika konsisten, kamu akan menemukan perubahan besar dalam hidupmu.

7. Membangun Hubungan

Menjaga persahabatan adalah bagian penting dalam menjalani hidup yang lebih bahagia. Kamu bisa memiliki beberapa teman dekat atau lingkaran sosial yang besar. Dengan begitu, kamu akan merasa terhibur dan bahagia.

8. Belajar untuk Mengatakan ‘Tidak’

Pernahkah kamu meng-iyakan ajakan atau tawaran dari seseorang karena tidak enak jika menolaknya? Jika iya, maka belajarlah untuk bisa berkata tidak dan utamakan keinginanmu. Mulailah memahami, bahwa waktumu untuk diri sendiri sama berharganya seperti waktu orang lain. Kini saatnya kamu mulai memprioritaskan kebahagiaan diri sendiri.

9. Bersikap Baik Terhadap Orang Lain

Berbuat hal baik lah kepada setiap orang melalui cara-cara yang kamu bisa. Mulai dari memberikan senyuman kepada orang lain, menahan pintu saat orang lain lewat, mempersilakan seseorang yang mengantre untuk maju terlebih dahulu, dan lainnya. Kebaikan adalah hal yang mudah dilakukan. Dengan memancarkan kebaikan pada orang lain, akan membawa dampak positif pada diri kamu sendiri.

10. Berbaik Hati pada Diri Sendiri

Tidak hanya berbaik hati kepada orang lain, kamu juga harus baik terhadap dirimu sendiri. Sebab terkadang, tanpa disadari, kita kerap mengkritisi diri sendiri dengan pikiran-pikrian jahat yang menyakitkan. Jadi, belajarlah untuk berbaik hati pada diri sendiri, dan buang jauh-jauh pikiran negatif yang selalu menghantui.

Menurut sebuah riset, menerima diri sendiri adalah kunci pada hidup yang lebih bahagia. Namun sayang, hal ini justru kebiasaan yang paling jarang kita lakukan. Kita cenderung mengkritisi dan menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang terjadi dalam hidup. Semangatilah diri, dan mulailah untuk membiasakan diri dengan hal-hal sederhana yang membawa kebahagiaan.

Baca Juga: Tips Hidup Bahagia Lahir dan Batin Menurut Islam

Sederhana sekali kan untuk membuat hidup lebih bahagia? Yang terpenting, kamu harus yakin bahwa kamu bisa melakukannya. Jadi, sudah siap untuk bahagia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.